Rumah Dengan Rangka Atap Baja Ringan Setengah Kuda Kuda

merupakan jenis yang paling sering dipakai sebagai rangka atap teras ataupun garasi karena bentuknya yang simpel, kemiringannya pas, dan juga mudah dipasang.

rangka atap baja ringan setengah kuda kuda

Dalam sebuah konstruksi, kuda-kuda merupakan susunan rangka yang umumnya terbuat dari material berbahan dasar baja ringan, beton bertulang, kayu, ataupun bambu. Fungsi utama dari kuda-kuda adalah sebagai rangka utama yang akan menopang atap secara keseluruhan.

Pemasangan kuda-kuda haruslah tepat sesuai dengan material yang digunakan. Salah satunya ialah dalam hal penentuan jarak rangka antar kuda-kuda. Jika terlalu rapat, maka akan butuh banyak biaya tambahan, namun jika terlalu renggang maka struktur atapnya akan kurang kokoh.

Baca Dulu : Ukuran Genteng Tanah Liat 

Tips Menentukan Jarak Rangka Atap Baja Ringan Setengah Kuda Kuda

rumah atap setengah kuda kuda

Untuk menentukan jarak rangka atap baja ringan setengah kuda kuda, silakan pahami beberapa faktor berikut ini:

1. Jenis Material yang Digunakan

kuda kuda baja ringan atap miring

Karena pembahasan utama disini adalah terkait baja ringan, maka kita akan fokus dalam menentukan jarak kuda-kuda untuk material baja ringan yang didasarkan pada ketebalan dari material itu sendiri.

Semakin tebal merk / tipe baja ringan yang kalian gunakan, maka jaraknya harus diperlebar agar biaya yang diperlukan tidak terlalu banyak. Berikut contoh aplikasi jarak kuda-kuda berdasarkan merk ukuran baja ringan yang digunakan:

  • Baja ringan merk bluescope atau taso dengan ukuran 0,75 mm maka rekomendasi jarak antar kuda-kudanya ialah antara 80 cm – 120 cm.
  • Baja ringan merk bluescope atau taso dengan ukuran 1 mm ke atas, maka jarak antar kuda-kudanya ialah antara 100 cm – 160 cm.
  • Untuk baja ringan merk lain dengan ukuran yang sama dengan kedua merk di atas, maka jarak antar kuda-kudanya dibuat sekitar 20 cm lebih rapat agar strukturnya lebih kuat.

Baca Juga :

2. Jenis Atap yang Dipakai

rumah atap setengah kuda kuda

judul gambar

Tak hanya memperhatikan material rangka baja ringan, kalian juga harus memperhatikan jenis / tipe atap yang dipakai untuk rumah kalian.

Ini sangat penting, karena tiap jenis atap tentu punya bobot dan ukuran yang berbeda. Maka jarak rangkanya pun harus disesuaikan mengikuti jenis atap tersebut. Berikut contoh lengkap yang kami rincikan dalam bentuk tabel:

Tipe AtapKemiringanJarak RengBerat AtapJarak Kuda-Kuda
Genteng Metal15⁰ – 30⁰600 mm5 kg / m2Max 160 cm
Genteng Keramik30⁰265 mm45 kg / m2Max 120 cm
Genteng Tanah Liat30⁰265 mm45 kg / m2Max 120 cm
Genteng Beton30⁰250 mm35 kg / m2Max 120 cm
Atap Metal15⁰ – 30⁰900 mm5 kg / m2Max 180 cm

3. Letak Geografis

cara pasang baja ringan atap miring

Faktor penentu jarak rangka atap yang perlu kalian perhatikan juga adalah letak geografis rumah kalian berada.

Contohnya, jika rumah kalian berada di dekat pantai yang penuh dengan terpaan angin maka jarak kuda-kudanya harus dibuat lebih rapat dari standar agar mampu menahan angin sewaktu-waktu.

Kemudian, apabila rumahnya berada di perkotaan maka harus dibuat lebih renggang atau minimal sesuai standar. Dengan begitu, rangka atap mampu menahan dari guyuran hujan, angin, dan faktor cuaca lainnya.

Gambar Model Rumah Atap Setengah Kuda Kuda

Dibawah ini adalah contoh model rumah atap setengah kuda kuda yang terlihat modern dan mewah. Di Indonesia sendiri tidak banyak yang menggunakan model atap setengah kuda-kuda. Jika Anda tertarik bisa memilih 1 diantaranya dari model atap setengah kuda-kuda dibawah ini.

rumah atap setengah kuda kuda
Model rumah atap setengah kuda kuda

kuda kuda baja ringan atap miringrumah atap setengah kuda kudarumah atap setengah kuda kudaWalaupun atap miring tidak selalu memanfaatkan baja ringan sebagai rangkanya, namun saat ini rangka baja ringan sudah banyak digunakan sebagai rangka atap rumah model minimalis dan modern. Bahkan gedung-gedung pun banyak yang sudah menggunakan rangka baja ringan.

Baca Juga :

Nah itulah beberapa cara menentukan jarak rangka atap baja ringan setengah kuda-kuda yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text