Biaya Upah Pasang Nok Genteng Rangka Atap Baja Ringan Per Meter

Upah pasang nok genteng bisa dimasukkan dalam anggaran biaya pemasangan atap, terutama atap baja ringan. Harga pemasangan rangka baja ringan biasanya per meter. Perbedaan harga pemasangan atap baja ringan antar jasa pemasang bisa berbeda. Tergantung juga karena kualitas bahan baja ringan, ketebalan dan jenis serta merk nok genteng yang akan digunakan.

upah pasang nok genteng

Pada pembangunan atau renovasi rumah atau gedung, pekerjaan pemasangan atap rangka menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh disepelekan. Karena kesalahan konstruksi atap bisa menimbulkan berbagai risiko, mulai dari dari seperti atap bocor sampai ambruk. Berapa upah pasang nok genteng hingga biaya pemasangan baja ringan dalam hal ini ? Berikut cara menghitung RAB-nya.

Biaya Pemasangan Rangka Atap

  1. Pembuatan Kuda Kuda

Pada pembuatan konstruksi kuda kuda, volumenya dihitung dengan satuan m3 yaitu panjang total bahan dikalikan dengan dimensi kayu. Sebagai contoh panjang total bahan yang disiapkan untuk kuda kuda adalah 25 m kayu, dan yang digunakan 8/12. Maka volumenya dihitung 25 x 0.08 x 0.12 = 0.24 m3. Maka nilai ini nantinya yang menentukan harga.

  1. Pembuatan Gording dan Jurai

Pembuatan gording di sini yaitu pembuatan sambungan antara gording, yang satuannya juga menggunakan m3. Cara mencari volumenya pun sama seperti perhitungan kuda kuda. Pun dengan pembuatan jurai yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan cara pada pembuatan gording.

Baca Juga: Harga Borongan Pasang Genteng Permeter

  1. Pembuatan Balok Nok
biaya pemasangan atap baja ringan
Biaya pemasangan atap baja ringan

Upah pasang nok genteng bisa dihitung sesuai dengan kebutuhannya. Yang mana pembuatan balok nok sendiri sama dengan pembuatan gording dan jurai. Untuk ketiga item ini, biasanya dimensi kayu yang digunakan sama. Hanya saja dibedakan letaknya untuk masing masing item pekerjaan.

  1. Pasang Kuda Kuda

Yang dimaksud dengan pemasangan kuda kuda di sini adalah pasang kuda kuda di lokasi penempatan kuda kuda tersebut, atau biasa disebut dengan istilah erextion kuda kuda. Karena kuda kuda sendiri dipasang setelah dibuat, maka tidak membutuhkan material tambahan. Sehingga biayanya pun diambil sekitar 50% dari biaya pembuatan kuda kuda tersebut di awal.

  1. Pasang Reng

Lazimnya, reng yang digunakan terdapat 2 macam yaitu berukuran 2/3 atau 3/4, sesuai dengan jenis genteng yang digunakan. Misalnya untuk jenis genteng beton, biasanya akan menggunakan reng ukuran 3/4. Yang mana perhitungannya sama dengan cara menghitung usuk, karena luas reng sama dengan luas usuk.

judul gambar
  1. Pasang Usuk

Untuk usuk, biasanya menggunakan ukuran 4/6 atau 5/7. Namun penggunaan ukuran 5/7 lebih sering digunakan. Perhitungannya yaitu luas dengan satuan m2, yang mana kebutuhan material dan biaya pemasangan atap baja ringan bisa dilihat pada analisa pekerjaan. Sementara pada atap yang menggunakan seng atau asbes biasanya tidak menggunakan usuk, cukup gording.

Baca Dulu: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Alderon

Harga Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Per Meter

harga rangka baja per meter

Ketahui: Cara Pasang Genteng Metal Pasir

Upah pasang nok genteng serta pemasangan rangka atap baja ringan bisa dilihat pada daftar berikut ini.

  1. Pemasangan rangka atap baja ringan untuk konstruksi genteng berat Rp. 200.000/m2.
  2. Pemasangan rangka atap baja ringan untuk konstruksi genteng ringan Rp. 175.000/m2.
  3. Pemasangan rangka baja ringan untuk konstruksi atap genteng metal pasir Rp. 250.000/m2, dengan nok pasir Rp. 50.000/m1.
  4. Pemasangan rangka baja ringan atap genteng sokka Rp. 275.000/m2, dengan kerpusan Rp. 175.000/m1.
  5. Pemasangan rangka baja ringan atap genteng beton Rp. 175.000/m2, dengan kerpusan Rp. 175.000/m1.
  6. Pemasangan rangka baja ringan atap genteng keramik Rp. 275.000/m2, dengan kerpusan Rp. 200.000/m1.

Untuk upah pemasangan rangka baja ringan beserta upah pasang nok genteng secara keseluruhan, sangat dipengaruhi oleh harga baja per meternya. Yang mana harga atap baja ringan per meter bisa bervariasi antara satu merk dengan merk lainnya. Selain itu, ketebalan dari baja ringan yang dipilih nantinya juga bisa menjadi salah satu faktor penentu.

Artikel Terkait:

Perlu diingat bahwa harga yang tertera tidak sepenuhnya mutlak, karena biaya pemasangannya juga tergantung masing masing tukang atau penyedia jasa borongan. Maka dari itu, sebaiknya anda memilih dengan teliti jasa konstruksi yang diajak bekerjasama untuk mendapatkan harga bersaing dan kualitas terbaik.

judul gambar

Leave a Comment