Detail Gambar Konstruksi Potongan Atap Pelana Baja Ringan

Gambar rencana atap biasa dibuat oleh ahli konstruksi atau arsitek bangunan dengan tujuan memudahkan kepala tukang dalam membuat atap sebuah rumah. Hal ini dikarenakan atap menjadi elemen penting dalam proses pembuatan rumah khusunya terkait model bangunan atau desain eksterior rumah.

potongan atap pelanaAda berbagai macam detail potongan atap yang bisa dipilih seperti potongan atap pelana. Ada berbagai macam potongan yang digunakan pada atap pelana seperti potongan atap pelana baja ringan maupun potongan atap pelana samping. Untuk membuat potongan atap dengan model pelana, masyarakat juga perlu membuat konstruksi atap pelana. Sehingga, atap pelana yang dibuat bisa sesuai dengan kebutuhan dan desain yang diinginkan.

Macam Detail Gambar Konstruksi Potongan Atap Pelana Baja Ringan

Konstruksi atap pelana merupakan salah satu jenis atap yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan kemudahan saat membangun atap pelana maupun jenis konstruksinya. Selain itu, atap pelana juga memiliki berbagai macam desain konstruksi. Berikut ini beberapa macam atap pelana yang disertai gambar konstruksinya.

  1. Front gable roof

potongan atap pelanaSalah satu desain atap pelana yang populer adalah front gable roof. Umumnya, rumah yang dibangun dengan arsitektur bergaya kolonial lebih sering menggunakan jenis front gable roof. Ciri khas dari tipe atap pelana ini adalah adabnya front gable yang ditempatkan di depan rumah. Selain itu, ada pintu yang sengaja diletakkan di bawah atap pelana.

Baca Juga: Jarak Kuda Kuda Baja Ringan Bentang 6 M

  1. Dutch gable roof
potongan atap pelana
 

Detail potongan atap dari tipe Dutch Gable Roof memiliki keunikan tersendiri. Hal ini dikarenakan atap pelana diletakkan di sebelah atas jurai atap bagian luar. Desain ini menghasilkan area yang bisa digunakan sebagai loteng. Selain itu, desain dutch gable roof juga menawarkan nilai estetik dari atap rumah. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk menggunakan desain dutch gable roof sebagai desain atap rumah mereka. Berikut ini salah satu contoh gambar yang menggunakan desain rumah dutch gable roof.

judul gambar
  1. Box gable roof

potongan atap pelana baja ringanBox gable roof merupakan sebuah jenis atap pelana yang memiliki ciri khas dimana adanya segitiga yang diperpanjang dan dilengkapi dengan kotak di bagian ujung rumah. Berikut ini salah satu contoh desain gable roof dari atas pelana.

Baca Dulu: Jarak Reng Genteng Tanah Liat

  1. Cross gable roof

potongan atap pelana sampingJenis atap pelana yang lain adalah cross gable roof. Tipe atap pelana ini menggunakan dua atau lebih garis yang akan berpotongan pada sudut. Cross gable roof memiliki desain yang cukup kompleks sehingga jarang digunakan oleh masyarakat. Berikut ini salah satu contoh desain cross gable roof.

  1. Gable Roof with Shed Roof Addition

gambar rencana atapTipe atap pelana yang lain adalah gable roof with shed roof addition. Tipe atap pelana ini sering digunakan oleh pemilik rumah yang ingin memperluas rumah mereka. Tipe pelana memungkinkan rumah untuk diubah atau direnovasi tanpa harus mengubah struktur atap pelana secara keseluruhan.

Baca Juga:

Kelebihan Menggunakan Detail Potongan atap Tipe Pelana

Potongan atap pelana samping maupun tipe pelana yang lain memberikan beberapa keuntungan bagi desain rumah. Hal inilah yang membuat banyak orang memilih atap pelana sebagai tipe rumah mereka. Salah satu kelebihannya adalah model atap pelana lebih mudah untuk dipasang karena bentuknya yang lebih sederhana dibandingkan model atap yang lain. Selain itu, model atap pelana juga menghabiskan lebih sedikit material. Hal ini tentu akan mempengaruhi besarnya biaya yang dikeluarkan saat memasang atap. Model atap pelana juga dikenal sebagai salah satu model atap yang tidak mudah bocor. Hal ini cocok bagi rumah yang berada di daerah dengan curah hujan yang tinggi.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text