Gambar Model Rangka Atap Baja Ringan Tanpa Plafon

Berencana untuk memasang atap baja ringan tanpa plafon? Jangan khawatir! Walau tanpa plafon sekalipun konstruksi rangka atap yang menggunakan baja ringan tetap tampak estetis dibandingkan dengan rangka kayu ataupun bambu. Terlebih, bila desain atap baja ringan tanpa plafon yang kalian gunakan bagus maka tampilannya pun akan semakin menarik. Beberapa model gambar atap baja ringan tanpa plafon dibawah ini mungkin bisa jadi masukan.

atap baja ringan tanpa plafon

Pemilihan rangka atap baja ringan saat ini lebih populer jika dibandingkan dengan material kayu. Selain lebih ramah lingkungan, rangka atap baja pun memiliki daya tahan yang lebih lama, bahkan hingga dua kali lipat dibandingkan kayu.

Keunggulan Atap Baja Ringan Tanpa Plafon

alternatif pengganti plafon

Berikut ini beberapa keunggulan dari atap baja ringan yang bisa kalian gunakan sebagai rangka atap rumah ataupun gedung:

1. Pemasangan Rangka Lebih Mudah

atap baja ringan tanpa plafon

Apabila kalian adalah seorang tukang dan sudah pernah memasang rangka atap berbahan dasar kayu, maka saya jamin kalian pun dapat memasang rangka atap dari baja dengan mudah tanpa ada kendala sedikitpun.

Baca Juga : Cara Membuat Atap Buka Tutup Sederhana

Sambungan-sambungan dari rangka atap baja memiliki model penyambungan yang beragam mulai dari baut, skrup, las, hingga keling. Sistem sambungan yang semakin kokoh tentu akan membuat rangkanya semakin kuat.

2. Bobot Rangkanya Lebih Ringan

Dibandingkan rangka baja konvensional maupun rangka kayu, rangka yang terbuat dari baja ringan ini bobotnya lebih kecil sehingga tidak akan membebani rumah kalian.

desain atap baja ringan tanpa plafon
Desain atap baja ringan tanpa plafon

Selain itu, karena bobotnya yang ringan tentunya membuat pemasangan lebih efisien karena pemindahan antara satu tempat ke tempat lain tentunya lebih mudah dan lebih cepat tanpa butuh banyak tenaga kerja.

3. Mendukung Beragam Jenis Penutup Atap

Mungkin banyak yang mengira bahwa atap baja ringan hanya bisa dipasangkan dengan genteng metal, namun itu sepenuhnya salah. Kalian bisa juga menggunakan penutup atap dengan material non logam.

model atap tanpa plafon

Contohnya ialah genteng keramik, genteng tanah liat, beton, asbes, seng, seng kaca, genteng kaca, masih banyak lainnya.

Contoh Desain Atap Baja Ringan tanpa Plafon

Berikut ini beberapa model atap tanpa plafon yang sering dipakai dalam dunia konstruksi untuk pembuatan rangka atap rumah, gedung, hingga bangunan bertingkat:

a. Beragam Desain Atap Baja Ringan Tanpa Plafon

desain atap baja ringan tanpa plafon

judul gambar

Gambar diatas merupakan beberapa contoh desain kamar tanpa plafon yang bisa kalian pakai. Semua desain tersebut tentu harus memenuhi persyaratan konstruksi dengan gaya tarik setidaknya mulai dari 500 MPA.

Baca Juga :

b. Desain Atap Baja Ringan untuk Rumah

model atap tanpa plafon

Untuk rumah dengan atap tipe pelana seperti gambar di atas, maka sangat cocok menggunakan rangka atap baja ringan karena tidak banyak temuan dan lekukan sehingga pemasangannya lebih mudah.

c. Desain Atap Baja Ringan dengan Gaya Tarik Tinggi

Desain Atap Baja Ringan dengan Gaya Tarik Tinggi

Untuk membuat atap baja ringan tanpa plafon yang memiliki gaya tarik atau gaya ikat yang tinggi, maka kalian bisa membuatnya dalam rangkaian seperti gambar di atas menggunakan model atap tenda.

d. Desain Atap Teras dengan Rangka Baja Ringan

Desain Atap Teras dengan Rangka Baja Ringan

Teras, garasi, atau kanopi juga sangat cocok menggunakan baja ringan karena modelnya yang lebih simpel dan kebutuhan batangan baja ringannya pun tak terlalu banyak. Bahkan, untuk tiang-tiangnya pun bisa dipasangi menggunakan baja ringan yang sama dengan rangka atapnya.

e. Desain Atap Baja Ringan untuk Sekolah

Desain Atap Baja Ringan untuk Sekolah

Ingin mencoba mencari alternatif pengganti plafon untuk ruangan sekolah? Kalian bisa memadukan material pengganti plafon jenis apapaun dengan rangka baja ringan karena rangka tipe ini mendukung hampir semua jenis plafon.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan seputar atap baja ringan tanpa plafon. Silakan untuk mencoba mengaplikasinya ke dalam konstruksi rumah atau bangunan yang sedang kalian bangun.

judul gambar

Leave a Comment