Tinggi Maksimal Rangka Kuda-Kuda Baja Ringan Bentang 10 dan 12 Meter

Dalam dunia konstruksi bangunan, dikenal suatu istilah yang disebut kuda-kuda. Nah, kuda-kuda ini merupakan penyangga utama yang digunakan dalam struktur / rangka atap. Bahan yang digunakan untuk kuda-kuda sendiri beragam, namun struktur kuda-kuda baja ringan bentang 12 meter merupakan yang paling banyak digunakan untuk saat ini.

baja ringan bentang 12 meter

Selain mampu menopang beban atap dengan sempurna, kuda-kuda yang  terbuat dari material baja ringan pun mampu memberikan bentuk rumah yang lebih estetis sesuai dengan rancangan yang dibuat oleh desainer.

Struktur kuda-kuda baja ringan umumnya berbentuk segitiga sama sisi yang saling terikat secara satu kesatuan antara tiap sisinya. Dengan begitu, kuda-kuda akan tetap kokoh walaupun menahan beban genteng ataupun material penutup atap yang berat sekalipun.

Struktur Konstruksi Kuda-Kuda Baja Ringan Bentang 12 Meter dan 10 Meter

Kuda-kuda dengan bentang 12 meter termasuk bentang lebar. Umumnya, rumah desain modern terbaru tidak menggunakan kuda-kuda sepanjang ini karena bagian atapnya dibuat secara terpisah agar memberikan efek yang tidak monoton.

Baca Dulu : Rangka Atap Baja Ringan Setengah Kuda-Kuda

Namun, kuda-kuda bentang lebar dengan ukuran 10 – 12 meter ini pemasangannya lebih sederhana dan lebih mudah karena tidak butuh banyak rangkaian khusus. Nah, bila rumah atau gedung yang sedang kalian bangun ingin menggunakan konstruksi kuda-kuda dengan bentang 12 meter, silakan pahami dulu panduan di bawah ini.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memasang Kuda-Kuda

Kuda kuda baja ringan bentang 10 meter

Sebelum memutuskan untuk memasang kuda-kuda baja ringan yang terbuat dari baja galvalum atau baja ringan jenis lainnya, maka perhatikan dulu ketiga hal berikut ini:

  • Ketinggian atap: apabila semakin tinggi atapnya, maka kemiringan atapnya lebih curam sehingga air lebih mudah mengalir namun akan membua daya lekat genteng kurang bagus sehingga rawan jatuh. Agar menghasilkan ketinggian atap yang bagus, kalian bisa menggunakan rumus tangen kemiringan sudut atap yang dikalikan dengan setengah kali lebar bangunan.
  • Overstek: merupakan bagian dari atap yang terletak di tepi bangunan yang mana bagian ini tidak ditopang oleh kolom, dinding, tiang, ataupun bagian rumah lainnya. Bagian ini perlu diperhatikan agar atap dapat berdiri sempurna tanpa kelebihan beban.
  • Kemiringan atap: untuk menentukan kemiringan atap yang tepat, kalian perlu memperhatikan faktor ketinggian atap dan lebar bangunan terlebih dahulu. Para desainer konstruksi umumnya akan menghitung kemiringan atap berdasarkan cosinus sudut kemiringan yang dikalikan dengan setengah kali lebar bangunan.

Baca Juga :

Jenis-Jenis Struktur Kuda-Kuda Baja Ringan

Susunan struktur dalam kuda-kuda baja ringan terdiri atas beberapa hal yang saling melengkapi satu sama lain. Berikut diantaranya:

judul gambar

1. Top Chord

Top Chord

Merupakan salah satu bagian struktur atap yang posisinya tepat berada di atas kuda-kuda baja ringan.

Untuk kuda-kuda baja ringan bentang 10 meter, top chord merupakan tempat untuk reng. Bagian ini akan mengalami daya tekan yang tinggi karena berada di bagian paling atas dari atap.

2. Bottom Chord

Bottom Chord

Kebalikan dari top chord, bottom chord lokasinya di bagian bawah kuda-kuda yang berfungsi sebagai tempat plafon dan tempat gantungan plafon.

Jika top chord akan mengalami gaya tekan dari atas, bottom chord justru akan mengalami gaya tarik dari bawah.

3. Kuda-Kuda

Kuda-kuda

Bagian dari rangka atap yang terdiri atas sambungan batangan baja ringan yang terdiri atas beragam jenis ukuran.

Kuda-kuda terletak di atas murplat yang disambungkan dengan screw SDS. Umumnya, jarak antar kuda-kuda ialah 1,2 meter atau tergantung dari penutup atap yang digunakan.

4. Murplat

Murplat

Salah satu bagian dari struktur baja ringan bentang 12 meter yang dipakai sebagai dudukan kuda-kuda.

Murplat terletak di bagian terluar suatu bangunan dengan ketinggian yang sama dan tumpuan ketak yang berada dalam level yang sejajar.

5. Reng

kuda kuda baja ringan bentang 12 meter

Apabila kuda-kudanya menggunakan batangan baja ringan, maka reng yang digunakan pun menggunakan baja ringan pula agar tingkat kompatibilitasnya lebih bagus.

Baca Dulu :

Lokasi  reng yang menggunakan profil B terletak di bagian atas yang berfungsi sebagai dudukan penutup atap yang dipasang melintang di atas TC.

Nah itulah sekelumit informasi yang dapat kami berikan seputar struktur konstruksi baja ringan bentang 12 meter dan 10 meter. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text