Jarak Reng Baja Ringan Untuk Atap Genteng Tanah Liat

Apakah atap genteng tanah liat bisa menggunakan reng baja ringan? Berapa jarak reng genteng tanah liat menggunakan baja ringan? Berapa ukuran genteng tanah liat jika menggunakan jarak reng tersebut?

Jarak reng genteng tanah liat

Rumah harus memiliki atap untuk melindunginya dari hujan dan sinar matahari. Genteng tanah liat adalah bahan atap yang paling umum digunakan di rumah-rumah Indonesia. Genteng ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis ubin lainnya. Yuk pahami cara pasang dan jarak reng genteng tanah liat yang perlu diketahui

Jarak reng genteng tanah liat

Genteng tanah liat memiliki ukuran berbeda – beda sesuai dengan pembuat dan merknya. Untuk ukuran jarak reng genteng biasanya tukang menggunakan ukuran 23 cm atau 24 cm atau 25 cm.

Jarak reng genteng ini berbeda – beda karena menyesuaikan dimensi ukuran terutama panjang genteng yang berbeda-beda antar para produsen genteng.

Berikut beberapa genteng tanah liat beserta ukuran serta jarak rengnya:

  • Genteng Tanah Liat Karang Pilang A  Panjang  29 cm, lebar 22 cm jarak reng 24 cm
  • Genteng Tanah Liat Karang Pilang B panjang 28 cm, lebar 21 cm, jarak reng 23 cm
  • Genteng Tanah Liat Morando panjang 30 cm, lebar 22 cm, jarak reng 25 cm.
  • Genteng Sokka Plentong Papak Kebumen ukuran 30 x 22,5 x 1,5 xm, jarak reng 22 cm
  • Genteng tanah liat Flat Kudus ukuran 30 x 23 cm, jarak reng 22 – 23 cm.
  • Genteng tanah liat Kudus, ukuran Jumbo 60 x 46 cm, jarak reng 42 – 46 cm.

Jarak reng baja ringan atap genteng tanah liat

Reng baja ringan dapat dipakai dengan atap genteng tanah liat. Jadi Anda tidak perlu kawatir karena baja ringan dapat dipakai dengan atap genteng berupa tanah liat.

Untuk ketebalan baja ringan biasnaya  0,75 mm sampai 1 mm. Untuk reng, ketebalan baja ringan yang dipakai  0,40 mm sampai 0,60 mm, tinggi profil 70 mm s/d 100 mm.

Untuk atap genteng tanah liat,  jarak kuda-kuda baja ringan 1,2 meter, makasimal 1,5 meter.

Jarak reng baja ringan untuk genteng tanah liat 23 s/d 24 cm.

Cara Pasang Genteng Tanah Liat

  1. Buat Kuda-Kuda

Penempatan rangka kuda-kuda tugasnya adalah menahan beban pada atap dan membantu membentuk atap bangunan. Bahan baku yang umum digunakan untuk pembuatan struktur ini adalah kayu, bambu, baja, atau beton bertulang. Jumlah kuda yang dihasilkan dapat dihitung dari total material dikalikan dengan dimensi material yang digunakan.

Baca Juga: Jarak Kuda-Kuda Baja Ringan Untuk Genteng Beton

  1. Pembuatan Gording

Batas ini membagi permukaan atap rumah menjadi jarak yang lebih kecil dalam proyeksi horizontal. Gelding juga berfungsi untuk memikul beban yang berasal dari genteng, reng, usuk dan lainnya. Gording adalah ikatan Usuk, jadi Anda perlu menyesuaikan posisi dan ukurannya agar sesuai dengan Usuk. Tirai ini harus dipasang tepat di atas simpul.

  1. Pembuatan Jurai

Jurai adalah garis yang menghubungkan satu tingkat atap dengan atap lainnya. Berdasarkan bentuknya, ada dua jenis jurai yaitu dalam dan luar. Jurai bagian dalam adalah balok kayu yang miring ke dalam. Ini bertindak sebagai pertemuan dan titik fokus dari balok gording. Jurai luar mewakili koneksi yang mencolok ke bagian luar.

judul gambar

Ketahui: Ukuran Nok Genteng Beton

  1. Pasang Kuda-Kuda

Kuda-kuda berbaris di tempatnya yang telah ditentukan. Tidak ada material tambahan yang diperlukan untuk proses ini. Kuda-kuda akan dipasang setelah selesai dibuat. Dalam anggaran pembangunan, biaya pemasangan kuda-kuda ini biasanya dianggap 50 persen dari total produksi. Begitu pula dengan rakitan Gording, Jurai, dan roof rack atau balok nok.

  1. Pemasangan Usuk

Rusuk digunakan untuk menerima beban dari tutup atap dan reng  dengan transfer beban tersebut ke gording. Umumnya Usuk terbuat dari kayu dengan diameter 5 cm atau 7 cm dan panjang maksimal 4 meter. Jarak sekitar 30-50 cm dapat dipasang antara satu usuk dengan usuk lainnya. Arah pemasangan tegak lurus dengan penutup.

  1. Pemasangan Aluminium

Fase ini opsional. Artinya, Anda dapat menjalankan atau melewatkannya. Pemasangan plat aluminium mengurangi panas matahari dan membantu mencegah gangguan, penetrasi, atau kebocoran saat hujan. Plat aluminium ini dipasang di antara posisi pemasangan usuk dan reng. Karena itu, pasang usuk terlebih dahulu, lalu papan ini.

Ketahui: Cara Hitung Kebutuhan Genteng Metal Pasir

lalu lanjutkan dengan reng. Sebaiknya menggunakan plat aluminium yang memiliki karakteristik dan sifat yang lebih baik dari plat seng. Plat aluminium juga tahan terhadap karat. Anda bisa menggunakan langkah ini jika ingin mendapatkan ketahanan ekstra agar terhindar dari kebocoran yang diakibatkan adanya celah antar komponen penghubung

  1. Pemasangan Reng

Reng atap memiliki kemampuan untuk menopang penutup atap dan mentransfer beban pada kaso atau usuk. Kayu yang biasa digunakan sebagai reng untuk genteng tanah liat berukuran 2/3 cm hingga 3/5 cm dan panjang hingga 3 m. Saat meletakkan genteng tanah liat, perlu untuk memasukkan reng. Jarak reng genteng tanah liat bisa disesuaikan dengan panjang genteng.

  1. Pembuatan Balok Nok

Balok juga dikenal sebagai punggungan. Ini adalah bagian atap yang menghubungkan kuda-kuda. Posisi roof rack tergantung dari panjang rangka atap yang Anda bangun. Seperti halnya produksi gording dan jurai, pekerjaan membuat dan memasang balok-balok nok harus dilakukan seakurat mungkin. Balok ini biasanya berukuran 8/12, 6/12, dan ukuran lainnya.

Anda bisa mengisinya sesuai dengan struktur atap yang ingin dibuat. Ukuran standar yang biasa digunakan untuk membuat papan kursi adalah 2/20. Itu juga dapat dibuat lebih besar atau lebih kecil tergantung pada kebutuhan lokal. Campuran perekat seman dan pasir yang digunakan untuk memasang genteng yang menutupi genteng dari kedua sisi.

  1. Pemasangan Genteng

Genteng adalah elemen terluar dari struktur atap sebuah bangunan. Ukuran genteng tanah liat ini menjadi bahan yang paling digemari masyarakat Indonesia karena karakteristiknya yang sesuai. Pastikan genteng diletakkan dalam susunan yang paling dekat. Disarankan untuk mengoleskan cat tahan air pada permukaan genteng ini agar air tidak kebocoran.

Baca Dulu:

Langkah tersebut perlu dilalui ketika anda melakukan pembangunan atap rumah. Banyak bahan yang perlu disiapkan sebelum pembangunan. Anda bisa mengatasinya sendiri atau menggunakan jasa tukang bangungan. Dengan menggunakan jasa, pastinya anda tidak perlu bingung dengan berbagai jenis prediksi atau perhitungan jarak dan lainnya

judul gambar

Leave a Comment