Standar Ukuran Genteng Tanah Liat Untuk Reng Baja Ringan

Ketika ingin merenovasi rumah, penting bagi kita semua untuk mencari tahu kualitas genteng tanah liat yang bagus. Kini, sudah ada banyak jenis genteng tanah liat yang sangat direkomendasikan oleh banyak orang. Standar ukuran genteng flat tanah liat kini bervariasi dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan. Mari kita simak ukuran genteng tanah liat yang populer pada saat ini.

Ukuran genteng tanah liat

Apa Baja Ringan Cocok untuk Genteng Tanah Liat

Dulu, banyak yang memakai kayu untuk memasang atap bangunan. Akan tetapi, kini posisi tersebut sudah digeser oleh baja ringan yang memang lebih kuat untuk menampung genteng tanah liat. Berikut ini adalah ukuran baja ringan untuk genteng tanah liat yang biasa dipakai.

  1. Atap Berat

atap berat

Apabila memakai atap berat seperti dari tanah liat, maka biasanya ukuran reng baja ringan untuk genteng tanah liat akan lebih besar agar bisa menyokong genteng tersebut. Pada umumnya, untuk atap berat bobot basahnya berukuran di atas 59 kilogram. Akan tetapi, seringkali direkomendasikan untuk memakai kanal C yang ukurannya sekitar 75 dikali 1 mm.

  1. Kuda-Kuda Rangka Atap Baja Ringan

kuda-kuda-rangka-atap-baja-ringan

Ukuran baja ringan untuk genteng tanah liat biasanya memang memakai kanal C yang tingkat ketebalannya berbeda-beda. Biasanya, ketebalan tersebut berada di jarak antara 1 mm, 0,75 mm, dan 0,60 mm. Ketebalan yang bervariasi tersebut karena fungsi dari baja ringan tadi memang tidak sama.

Baca Juga :

Biasanya, ukuran reng baja ringan untuk genteng tanah liat akan berbeda dengan penutup yang lebih ringan. Karena itu, ukuran yang paling sering ditemukan adalah 0,75 mm namun hal tersebut tentunya harus disesuaikan dengan tingkat kekuatan penutup atap yang sudah dipakai.

Standar Ukuran Genteng Flat Tanah Liat

Genteng tanah liat memiliki bentuk dan ukurannya tersendiri. Karena itulah tidak semua genteng memiliki bentuk yang sama, terlebih bagi jenis genteng flat. Inilah standar ukuran genteng flat tanah liat yang bisa diketahui:

  • Genteng Napoli

genteng napoli

judul gambar

Standar ukuran genteng flat tanah liat yang pertama bisa ditemukan pada genteng jenis napoli. Panjang body dari genteng ini yaitu 32 cm, sedangkan jarak rengnya adalah 25,2 cm. Untuk ukuran lebar body yang dipakai biasanya adalah 24 cm dan beratnya sekitar 1,8 kg. Karena itulah genteng napoli ini tidak terlalu berat jika dibawa.

  • Genteng Alto

genteng alto

Biasanya, genteng alto ini jika dibeli akan diberi sebanyak 21 buah per meter persegi. Ukuran genteng tanah liat yang satu ini ini adalah 24,5 cm dengan sistem sambungan interlock. Apabila ingin memasang genteng alto, maka harus memakai teknik pemasangan zig-zag agar tampak rapi dan melindungi bangunan.

  • Genteng Piatto

genteng-piatto

Standar ukuran genteng flat tanah liat untuk jenis piatto adalah panjang body sekitar 40 cm dan lebarnya yaitu 26 cm. Jarak reng yang diterapkan berada di sekitar 32 cm dan beratnya mencapai 3,3 kilogram. Untuk isinya yaitu 14,5 buah disertai oleh sistem sambungan double interlock. Genteng ini seringkali ditemui pada bangunan modern yang terlihat minimalis.

Artikel Terkait :

  • Genteng Fidesienne

genteng-fidesienne

Ukuran genteng tanah liat fidesienne ini diberi jarak usuk sekitar 40 cm. Panjang dan lebarnya adalah 40 cm dan 26 cm, sehingga tampak lebih lebar dibandingkan dengan genteng tanah liat yang lainnya. Sebenarnya genteng fidesienne dan piatto memiliki spesifikasi yang hampir mirip, hanya sudut kemiringannya saja yang berbeda.

Daftar Harga Genteng Tanah Liat yang Terbaru

Penting untuk mengetahui daftar harga genteng tanah liat agar Anda bisa mempersiapkan budget yang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa daftar harga yang seringkali ditemukan:

  • Genteng franco yaitu 1.900 per biji
  • Genteng kodok dikenai biaya 1.500 per biji
  • Genteng garuda yaitu 1.100 per biji
  • Genteng plentong dikenai biaya 900 per buah
  • Genteng morando yaitu 2.300 per buah

Ketahui:

Itulah informasi mengenai ukuran genteng tanah liat dan harganya yang bisa Anda ketahui. Penting bagi kita untuk memastikan mengenai informasi genteng tanah liat sehingga nantinya genteng yang dipilih memang sesuai dengan apa yang sudah kita incar sebelumnya.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text