Gambar Detail Konstruksi Cremona Baja WF DWG

Proses pembangunan di era sekarang sudah banyak mengalami perubahan dan perkembangan dari berbagai aspek, salah satunya pada material bangunan. Atap bangunan banyak memakai jenis cremona baja WF karena berbagai pertimbangan. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Cremona Baja WF

Baca Dulu : Berat Baja Ringan C75

Keunggulan Cremona Baja WF

Saat Anda melihat gambar kuda-kuda baja WF tentu ada pertanyaan melintas di pikiran terkait keunggulan dari bahan tersebut. Perhatikan penjelasan di bawah ini untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dan referensi dalam sebelum memilih baja WF.

  • Mengurangi Beban Struktur Bangunan

Kelebihan yang pertama adalah mengurangi beban struktur bangunan secara cukup signifikan. Sesuai dengan namanya, material tersebut sangat ringan namun tetap kokoh dan solid untuk digunakan untuk waktu jangka menengah.

Hal itu menjadikan baja ringan membantu dalam menekan beban konstruksi, sehingga bangunan lebih aman untuk digunakan. Aplikasi baja WF akan lebih maksimal apabila Anda menggunakan atap jenis galvalum atau fiber karen sama-sama ringan dan solid.

  • Pemasangan Cepat Dengan Model Bisa Disesuaikan

Selain mempunyai bobot yang ringan, baja WF juga fleksibel sehingga cocok untuk berbagai kebutuhan. Pada umumnya para pemborong memakai gunting baja untuk menyesuaikan ukuran dan dimensi rangka.

Proses pemasangan baja WF juga lebih cepat dibandingkan material lainnya. Hal itulah yang membuat para pekerja menggunakan sistem borongan untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Sebagai konsumen, Anda pun tetap diuntungkan karena lebih cepat selesai.

  • Anti Rayap dan Anti Karat

Keunggulan dari baja WF nomor 3 adalah sifatnya anti rayap dan anti karat. Hal ini menjadi jawaban dari keluhan masyarakat terkait usia bangunan yang tidak bertahan lama akibat dimakan rayap. Oleh karenanya, baja WF menjadi solusi terbaik guna mengatasi masalah tersebut.

Karena mempunyai sifat anti karat, maka saat penggunaan baja WF Anda tidak perlu menambahkan cat apapun. Usia pemakaian rata-rata material tersebut antara 5-15 tahun sesuai dengan kondisi di lingkungan sekitar.

  • Kekuatan Tidak Perlu Diragukan

Keunggulan dari baja WF terakhir adalah kekuatan yang tidak perlu diragukan lagi. Walaupun memiliki bobot yang ringan, material tersebut dapat menopang beban 2 kali lipatnya, bahkan lebih. Tidak sedikit masyarakat memakai baja ringan sebagai penopang genteng berat atau tanah liat.

Artikel Terkait :

judul gambar

Konstruksi Kuda-Kuda Baja WF

Konstruksi Kuda-Kuda Baja WF

Konstruksi kuda-kuda pada baja WF memiliki banyak detail dan variasi. Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan motif saat melihat contoh cremona baja WF di internet. Semua variasi tersebut dibuat bukan tanpa alasan, akan tetapi menimbang kekuatan dan estetika.

  • Rangka Kuda-Kuda yang Bertemu pada Nok

Rangka kuda-kuda dengan model pertemuan pada nok yang bagus adalah memakai pipa besi berukuran 4-6”. Fungsi utama dari pipa tersebut adalah menghubungkan 2 jenis kuda-kuda lainnya sekaligus menjadi batang vertikal.

  • Sambungan Antar Batang Cremona

Sambungan antar batang cremona tidak dapat dihindari apabila bentangan kuda-kuda lebih dari 6 meter. Hal itu dikarenakan panjang besi sebagai batang atas maupun batang bawah sesuai standar adalah 6 meter saja.

detail kuda kuda baja wf dwg
Konstruksi kuda kuda baja wf dwg

Jika Anda memperhatikan contoh beserta detail kuda-kuda baja WF DWG, maka akan menemukan tambahan berupa kopel sambungan. Penambahan material tersebut mempunyai fungsi untuk menguatkan konstruksi, sehingga dapat menopang seluruh bagian dengan kuat.

Ketahui :

  • Pertemuan Rangka Cremona pada Kuda-Kuda Trapesium

Pertemuan rangka cremona pada kuda-kuda trapesium lebih banyak digunakan untuk bentangan yang kecil atau di bawah 10 meter. Berbeda dengan sambungan lain yang memakai pipa besi, kuda-kuda tipe trapesium menggunakan besi siku.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text