Gambar Rumah Semi Permanen Minimalis Sederhana dari GRC

Rumah semi permanen merupakan rumah yang memiliki desain dan fondasi sama seperti rumah pada umumnya, namun dibuat dengan tujuan untuk jangka pendek (5 – 20 tahunan). Material utama yang digunakan untuk dinding rumah semacam ini beraneka ragam, salah satunya ialah GRC. Rumah semi permanen dari GRC kini populer dipakai dalam rumah semi permanen minimalis.

Rumah Semi Permanen Dari GRC

Bagi kalian yang ingin membangun hunian namun masih terbatas dengan budget yang dimiliki, maka kami sarankan untuk membuat rumah semi permanen dari GRC semacam ini. Selain biayanya yang lebih  terjangkau, pembuatannya pun relatif lebih cepat.

Baca Dulu : Harga Kubah GRC Per Meter

Apa itu Material GRC?

Apa itu Material GRC?

GRC (Glassfiber Reinforcer Concrete) merupakan sebuah papan atau board yang terbuat dari material campuran kaca fiber dan semen atau beton. Dengan komposisi kedua bahan tersebut, maka akan menghasilkan material yang memiliki daya tahan tinggi serta tahan alkali.

Dalam dunia konstruksi, GRC sering kali digunakan sebagai bahan bangunan untuk renovasi rumah serta untuk pengganti dinding batu bata. Hal ini karena secara fisik GRC board dan panel beton memiliki sifat yang hampir sama hanya saja GRC lebih ringan dan tahan pakai.

Awalnya GRC diperkenalkan pada tahun 1960 an yang pada saat itu digunakan sebagai alternatif beton. Produk pertama kalinya ialah menggunakan campuran material baja dan difungsikan sebagai bahan pelapis eksterior rumah atau gedung.

Sayangnya, GRC tidak dapat dipakai sebagai elemen struktural dalam suatu bangunan. Contohnya digunakan sebagai dinding penahan, atap, isian sekat tembok, dan lainnya. Karena itulah GRC sering kali dipakai dalam pembuatan rumah semi permanen.

Artikel Terkait :

Membangun Rumah Semi Permanen dari GRC

Membangun Rumah Semi Permanen dari GRC

judul gambar

Dalam pembuatan rumah semi permanen, GRC umumnya difungsikan sebagai bahan pengganti dinding batu bata. Ada juga yang menggunakan rumah setengah bata setengah GRC agar memberikan kekuatan lebih pada struktur rumah.

Rumah Semi Permanen GRC

Bila kalian lihat beragam contoh gambar rumah GRC sederhana yang ada di internet, tentu punya gambaran bahwa GRC tidak dipakai sebagai material struktural dari rumah karena sifatnya yang kurang kokoh. Sebagai gantinya, ia dipakai untuk beragam hal seperti:

  • Panel dinding
  • Furnitur interior
  • Penahan eksterior
  • Penahan interior
  • Fondasi lantai
  • Bangunan modular
  • Desain eksterior
  • Pembuatan countertop
  • Alternatif plafon

Harga rumah modular GRC board tentu lebih murah dibandingkan dengan rumah full beton ataupun rumah dengan batu bata.

Walau begitu, GRC tidak memiliki daya tahan yang baik dalam jangka panjang sehingga hanya diimplementasikan untuk pembuatan rumah semi permanen yang akan tahan dalam kurun waktu hingga 20 tahunan.

Keunggulan Rumah Semi Permanen dari GRC

Gambar Rumah GRC Sederhana

Rumah yang dibangun menggunakan GRC punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh rumah jenis lain. Berikut di antaranya:

  • Biaya pembangunan terjangkau: alasan utama mengapa GRC menjadi material utama pembuatan rumah semi permanen adalah karena harganya yang murah.
  • Mudah bongkar pasang: karena sifatnya yang ringan dan pemasangannya yang tidak bersifat permanen, maka rumah dengan material GRC mudah dibongkar pasang sesuai keinginan pemilik bangunan.
  • Efektif untuk bahan konstruksi: walau tidak sekokoh material full beton, namun GRC memiliki tingkat efektivitas yang bagus digunakan dalam konstruksi rumah baik untuk interior maupun eksterior.
  • Pengerjaan mudah: GRC board mudah dipotong dan dibentuk sesuai keinginan. Dengan begitu pengerjaannya pun relatif lebih cepat, bahkan bisa 4 kali lebih cepat dibandingkan pemasangan rumah batu bata.
  • Tahan api: material GRC diklaim mampu tahan terhadap panas dan api karena bahan dasar fiber dan semen yang mampu meredam panas dan nyala api.

Ketahui :

Itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui seputar rumah semi permanen dari GRC. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment