Berapa Berat 1 Lembar Wiremesh M8 Per M2 ?

Wiremesh menjadi material bangunan penting dalam setiap pembangunan, khususnya proyek berskala sedang hingga besar. Ukuran rata-rata yang digunakan adalah antara M5-M12 (4,5-12 mm). Berat wiremesh M8 per m2 berada di kisaran 0,20 kg saja, sehingga mudah untuk penataan maupun pemindahan.

Berat Wiremesh M8 Per M2

Baca Juga : Harga Kanal C Baja Ringan 2022

Berat Wiremesh M8 Per M2

Beberapa dari Anda mungkin masih banyak yang merasa bingung dan asing dengan istilah wiremesh. Wiremesh merupakan rangkaian besi dengan susunan simetris serta memiliki diameter antar lubang yang sejajar.

Wiremesh sendiri banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi karena memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik. Lalu, berapa berat besi wiremesh? Jawabannya adalah berkisar antara 15-120 Kg. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mencari tabel berat wiremesh di mesin pencari internet.

Fungsi Wiremesh

Besi wiremesh memiliki banyak fungsi dan manfaat yang menunjang keberhasilan serta kekuatan konstruksi. Hal itu dikarenakan sambungan antar besi yang memakai metode pengelasan, sehingga lebih kokoh dalam menopang beban.

1. Konstruksi Bangunan

Fungsi pertama adalah sebagai konstruksi bangunan. Sebelum adanya besi wiremesh, pada umumnya para pekerja menggunakan kawat atau besi ulir yang kemudian dianyam dengan bantuan kawat. Hal itu tentunya memakan banyak waktu dan tenaga karena harus dikerjakan manual.

Adanya wiremesh sangat memudahkan proses pembangunan karena lebih cepat dan efisien. Tidak hanya itu, bobotnya pun sangat ringan sehingga tidak perlu khawatir menambah beban bangunan. Sebut saja berat wiremesh M10 yang hanya berbobot 96,54 kg saja dengan dimensi 540 x 210 cm.

2. Konstruksi Jalan Raya

Wiremesh Untuk Konstruksi Jalan Raya

Kegunaan wiremesh yang kedua adalah sebagai konstruksi jalan raya. Anda bisa menemukan aplikasi material tersebut pada jalan-jalan tol yang memakai sistem pengecoran untuk pondasi jalannya. Selain itu, jalan-jalan di daerah dengan kontur tanah berubah pun juga memakai wiremesh.

3. Pagar Rumah

Wiremesh juga sering digunakan sebagai tulang penguat pagar rumah. Bentuknya yang masih bisa dipotong dan disesuaikan membuat material tersebut menjadi pilihan pertama. Selain itu, daya tahan dan kekuatan terhadap segala cuaca pun sangat baik.

4. Partisi Ruangan

Wiremesh Untuk Partisi Ruangan

Fungsi nomor 4 dari wiremesh adalah untuk partisi ruangan. Tentu dalam pengaplikasiannya harus dibalut dengan tembok beton supaya kokoh. Anda bisa memakai jenis M6-M8 sesuai dengan kebutuhan. Lalu,  berapa kg  1 lembar wiremesh M8? Jawabannya yakni hanya 61,79 kg saja.

5. Penguat Plat Beton

Fungsi terakhir dari wiremesh yakni sebagai penguat plat beton. Sebagaimana diketahui dalam bangunan bertingkat selalu membutuhkan dak atau lapisan beton penyangga. Anda bisa memakai wiremesh untuk membantu menopang sekaligus memperkuat lapisan tersebut.

judul gambar

Artikel Lainnya :

Tabel Berat Wermesh

Ada banyak referensi di internet terkait tabel berat wermesh. Anda bisa melihat salah satunya dibawah ini:

tabel berat wiremesh
Tabel berat wiremesh

 

Jenis-Jenis Wiremesh

Setelah Anda mengetahui berat wiremesh M8 per m2 seperti penjelasan di awal, maka juga harus memahami jenis-jenisnya. Hal itu akan memudahkan dalam proses pemilihan bahan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

  • Wiremesh Lembaran

Wiremesh Lembaran

Sesuai dengan namanya, wiremesh jenis ini dijual per lembar. Ukuran standarnya adalah 210 cm x 540 cm. Walaupun demikian, beberapa produsen menyediakan wiremesh custom sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggannya.

  • Wiremesh Gulungan

Wiremesh Gulungan

Jenis kedua adalah wiremesh gulungan yang dijual dalam bentuk gulungan. Pada umumnya jenis ini diperuntukkan untuk kebutuhan skala kecil hingga menengah. Wiremesh gulungan lebih mudah saat pengiriman dan distribusi.

  • Wiremesh Galvanis

 

Wiremesh Galvanis

Jenis terakhir adalah wiremesh galvanis atau biasa dikenal dengan kawat loket. Wiremesh ini lebih banyak digunakan untuk kebutuhan sekat dan pagar karena materialnya yang lebih ringan dan fleksibel. Walaupun demikian, daya topang wiremesh galvanis pun tidak perlu diragukan.

Ketahui :

Informasi di atas merupakan salah satu referensi yang bisa Anda jadikan alternatif rujukan terkait wiremesh. Apabila masih memiliki pertanyaan mengenai berapa harga wiremesh M8 per m2 ataupun hal lainnya, maka bisa melakukan pencarian informasi lebih lanjut.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text