Tabel Macam Ukuran Hollow Baja Ringan 4×4 Untuk Plafon & Harganya

Besi Hollow merupakan salah satu jenis material yang digunakan untuk konstruksi bangunan terutama atap plafon. Ukuran hollow baja ringan ada bermacam – macam, mulai dari yang kecil yakni 2×2, 3×3, 4×4, nanti kami sediakan dengan tabel juga. Umumnya, bentuk hollow kotak atau persegi panjang dengan rongga pada bagian tengahnya, sehingga sekilas mirip seperti bentuk pipa.

ukuran hollow baja ringan

Selain ukuran yang bermacam – macam, besi hollow baja ringan juga memiliki banyak jenis dengan harga yang berbeda – beda. Kini besi hollow menjadi salah satu jenis material yang banyak digunakan, selain karena harganya yang relatif terjangkau, juga karena mudah dalam penggunaannya serta memiliki berat yang ringan.

Macam-Macam Ukuran Hollow Baja Ringan Untuk Plafon

Sesuai dengan arti dari namanya “hollow” yang berarti “rongga”, karakteristik besi hollow adalah memiliki rongga pada bagian tengahnya. Namun berbeda dengan pipa yang berongga dan memiliki bentuk penampang lintang lingkaran, besi hollow memiliki bentuk penampang segi empat.

macam macam ukuran hollow baja ringan
Macam macam ukuran hollow baja ringan

Ada beberapa jenis besi yang masuk dalam keluarga besi hollow structural section, yaitu besi dengan penampang lintang berbentuk lingkaran, elips, bujur sangkar, dan persegi panjang. Masing – masing bentuk ini memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda – beda.

Hollow juga memiliki ukuran yang sangat variatif. Sulit untuk memahami atau menghafal berbagai macam ukuran dari besi hollow. Nah, anda bisa melihat ukuran hollow secara detail berdasarkan jenisnya, melalui tabel ukuran hollow baja ringan berikut ini.

1. Tabel Macam Ukuran Besi Hollow Hitam

Karena ukuran besi hollow hitam bervariasi, anda bisa menggunakan patokan ukuran hollow, misalkan yang anda butuhkan ukuran 20 x 15 x 1.5 x 6m maka bisa diartikan, sisi pendek ukuran 20 mm, lebarnya 15 mm, ketebalan 1.5, dan panjang keseluruhannya 6 meter.

Panjang x Lebar (P x L)Tebal (T)Pt (Panjang Total)
15 x 351.0 – 2.26 m
15 x 501.0 – 2.26 m
20 x 201.0 – 2.26 m
20 x 401.0 – 3.26 m
25 x 251.0 – 3.26 m
25 x 501.0 – 3.26 m
30 x 301.0 – 3.26 m
30 x 601.0 – 3.26 m

 

Baca Dulu: Rumus Kuda-Kuda Baja Ringan

Selengkapnya bisa lihat juga tabel berat untuk ukuran masing-masing besi hollow dibawah ini.

tabel ukuran hollow baja ringan

judul gambar

2. Ukuran Baja Ringan Kanal C Per Batang

Sesuai dengan namanya, baja ringan kanal C memiliki bentuk rongga menyerupai bentuk huruf C. Ketebalannya sangat variatif, mulai dari 0,6 mm hingga 1 mm, ukuran lebarnya adalah 75 mm, dan tingginya 7 mm. Tabelnya kurang lebih seperti berikut ini.

Panjang x Lebar (P x L)Tebal (T)Pt (Panjang Total)
75 x 350,60 mm6 m
5 x 350,65 mm6 m
5 x 350,70 mm6m
5 x3 50,65 mm6 m
5 x 351 mm6 m

 

Ketahui: Ukuran Atap Baja Ringan Untuk Atap Asbes

3. Ukuran Hollow Baja Ringan 4×4

Hollow baja ringan dengan ukuran 4 x 4 biasanya digunakan untuk material pelapis agar bagian dinding lebih tebal, serta untuk material plafon. Hollow 4 x 4 memiliki jenis yang bervariasi berdasarkan tingkat ketebalannya.

Pertama, jenis Hollow Galvalume dengan lapisan yang mengkilap, teksturnya licin, dan permukaannya tampak keruh. Kedua, Hollow Plafon atau Gypsum, yang menjadi salah satu jenis terbaik, ukuran hollow baja ringan untuk plafon biasanya 4 x 4 dikombinasikan dengan tipe 2 x 4.

ukuran hollow baja ringan 4x4
Ukuran hollow baja ringan 4×4

Ketiga, hollow galvanis, yang memiliki keunggulan anti karat dan permukaannya tampak mengkilat. Nah untuk harga hollow baja ringan 4×4 per batang ini tergantung dengan ukuran dan tingkat ketebalannya.

Untuk ketebalan 0,80 mm hingga 1,40 mm kisaran harganya 80 ribu rupiah hingga 120 ribu rupiah. Sedangkan untuk ketebalan 1,70 mm hingga 2 mm kisaran 160 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah.

4. Harga Hollow Baja Ringan 3×3

Untuk ukuran hollow 3 x 3 juga bervariasi sesuai dengan ketebalannya. Misalkan saja pada jenis hollow galvanis 3×3 cm dengan tebal 1.1 mm, harga per meternya kisaran 20 ribu rupiah, atau per batangnya kisaran 80 ribu hingga 120 ribu.

Sedangkan untuk ketebalan 0,9 mm harga per meternya kisaran 15 ribu dan untuk per batangnya kisaran 60 ribu hingga 80 ribu. Ukuran 3 x 3 memang termasuk ukuran hollow baja ringan kecil.

Ketahui:

3.     Hollow Baja Ringan 2×2

Untuk ukuran 2 x 2, harganya juga bervariasi sesuai dengan tingkat ketebalannya. Untuk ketebalan 0,7 mm hingga 1 mm, kisaran harganya 50 ribu hingga 70 ribu per batang. Sedangkan untuk ketebalan 1,1 mm hingga 1,3 mm, kisaran 80 ribu hingga 90 ribu per batang.

Hollow ukuran 2 x 2 memang tergolong ukuran yang kecil, salah satu fungsinya adalah untuk rangka plafon. Pada dasarnya yang membedakan antar satu ukuran hollow dengan lainnya adalah ketebalannya, jika ketebalannya tepat maka akan berfungsi dengan baik.

Itulah macam macam ukuran hollow baja ringan yang memiliki harga berbeda – beda sesuai dengan tingkat ketebalannya. Masing – masing ukuran juga memiliki fungsinya masing – masing. Oleh karena itu, ketika akan membeli besi hollow, anda sudah harus memahami kebutuhannya.

Misalkan untuk partisi di dinding dan menahan beban yang berat, maka gunakan hollow dengan ketebalan lebih dari 1 mm, atau sebaliknya jika kegunaannya tidak terlalu berat, anda bisa memilih hollow dengan ukuran yang lebih tipis.

Baca Juga:

Selain Ukuran Hollow Baja Ringan, anda juga harus memperhatikan jenis – jenis hollow, karakteristiknya, kekurangan, kelebihan, dan kisaran harganya. Dengan begitu, anda bisa memilih hollow yang tepat untuk material bahan bangunan anda.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text