Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Jatiwangi, Ukuran & Harga

Ada beberapa cara menghitung kebutuhan genteng jatiwangi per meternya. Genteng jatiwangi sendiri merupakan produk material dengan kualitas yang telah teruji oleh zaman. Anda bisa mengetahui cara mudah menghitung kebutuhan genteng jatiwangi dengan mengetahui terlebih dahulu beberapa hal dimana salah satunya adalah ukuran genteng jatiwangi, bahan genteng, serta kualitas dan ketahanannya.

cara menghitung kebutuhan genteng jatiwangi

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Genteng Jatiwangi

Untuk kebutuhan perhitungan genteng jatiwangi, Anda bisa menyesuaikan dengan desain dan bentuk yang paling baru. Setiap bentuk genteng jatiwangi mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda baik dari segi berat, sistem sambungan, sudut kemiringan, isi per meter, hingga cara pemasangannya. Harga genteng jatiwangi disesuaikan dengan spesifikasi tersebut. Berikut cara perhitungannya:

  1. Menghitung panjang serta lebar ukuran pondasi rumah

Misalnya, ukuran panjang rumah adalah 8m dan lebar rumahnya 9m. Sebaiknya Anda memesan genteng jatiwangi dengan melebihkan 1m untuk panjang maupun lebar rumahnya supaya perhitungannya tidak begitu pas dan mencegah kebocoran. Bisa disimpulkan bahwa luasnya adalah 90m2 yang didapatkan dari panjang fix 9m dan lebar fix 10m.

Setelah itu luas tersebut dikalikan dengan jumlah genteng. Biasanya pemesanan jumlah genteng adalah minimal 35 buah sehingga total kebutuhan genteng yakni 90m2 x 35. Hasilnya adalah 3150 genteng. Perhitungan ini juga harus disertakan dengan luas teras misalnya 6 x 5m = 30 m2 x 35 = 1050 buah. Total kebutuhan genteng seluruhnya adalah 4200 buah genteng.

  1. Menghitung luas pada atap

Selain menghitung kebutuhan genteng jatiwangi dari panjang serta lebar ukuran pada pondasi rumah, perhitungan juga bisa dilakukan melalui perhitungan luas pada atap rumah. Misalnya saja, luas atap rumah Anda adalah sebesar 11m x 7 = 77m2. Sementara itu ada dua sisi pada atap rumah sehingga total luas keseluruhan luas pada atap rumah adalah 154m2.

Apabila Anda menggunakan jenis genteng jatiwangi tipe morando glazur model transparan dimana per 1m2 berisikan 25 buah, maka perhitungan kebutuhan keseluruhan genteng adalah dengan cara total genteng setiap 1 m2 x total luas pada atap rumah. Sehingga hasilnya adalah 154m2 x 25 = 3850 buah kebutuhan genteng yang diperlukan.

Baca Juga :

Ukuran Genteng Jatiwangi

Genteng jatiwangi mempunyai beberapa jenis dengan ukuran, bentuk, dan desain yang berbeda-beda satu sama lain. Sesuai namanya, asal daerah hadirnya genteng jatiwangi ini adalah dari Jatiwangi yang ada di kawasan Majalengka. Jenis genteng ini menggunakan bahan dasar dari tanah liat dan sudah teruji kualitas dan ketahanannya di sekian tahun. Berikut beberapa ukuran genteng jatiwangi:

  1. Genteng Gambe

genteng-gambe

judul gambar

Jenis genteng jatiwangi ini mempunyai warna yang natural dimana jarak reng-nya adalah 23cm. Sementara itu volumenya adalah 23pcs per m2.

  1. Wuwung atau Nok

genteng wuwung

Jenis wuwung atau nok ada beberapa jenis yaitu nok bambu tipe glazur berwarna transparant dengan volumenya 7 pcs per 2m, nok bambu tipe glazur berwarna brunei dengan volume 7 pcs per 2 m, dan nok segitiga berwarna natural dengan volume 7pcs per 2m.

Ketahui: Harga Borongan Pasang Genteng Per Meter

  1. Genteng Palentong

genteng palentong

Genteng palentong terdiri dari 2 jenis yakni genteng palentong tipe glazur berwarna brunei dengan jarak reng-nya adalah 23cm dan volumenya adalah 25pcs per m2. Ada juga genteng palentong berwarna natural dengan jarak reng-nya 23cm dan volumenya 25 pcs per m2.

  1. Genteng Morando

genteng morando

Genteng morando mempunyai beberapa jenis yakni geneng morando tipe glazur berwarna transparan dengan jarak reng 26 cm dan volume 18 pcs per m2, genteng morando berwarna natural dengan jarak reng 26 cm dan volume 18pcs per m2, dan genteng morando glazur berwarna brunei dengan jarak reng 26cm dan volume 18pcs per m2.

Baca Juga :

Harga Genteng Jatiwangi

Genteng jatiwangi cukup banyak digunakan dalam kebutuhan rumah. Bahkan, mayoritas masyarakat Jawa Barat menggunakan genteng ini dibandingkan dengan genteng beton. Berikut harga genteng jatiwangi per satuan terbaru:

  1. Wuwung = sekitar Rp 5.000
  2. Genteng plentong = Rp 3.300
  3. Genteng morando = Rp 2.800 – Rp 3.200
  4. Genteng posano = Rp 3.600

Demikian pembahasan seputar cara memasang genteng Jatiwangi, dan informasi ukuran serta harga terbaru genteng Jatiwangi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

judul gambar

Leave a Comment