Biaya Bangun Dapur dan Kamar Mandi Sederhana WC Jongkok

Membangun atau melakukan renovasi kamar mandi ternyata butuh budget untuk pembelian berbagai perabotan. Meski begitu, biaya bangun dapur dan kamar mandi ternyata bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.  Untuk biaya membuat dapur dan kamar mandi sederhana tidak membutuhkan dana ratusan juta.

biaya bangun dapur dan kamar mandi

Kamar mandi dan dapur yang terlihat menarik tentu akan membuat penghuni rumah betah. Anda juga tidak malu apabila ada teman atau anggota keluarga lain menginap di rumah. Berikut ini adalah rincian biaya membuat dapur dan kamar mandi sederhana yang bisa Anda jadikan sebagai panduan.

Estimasi Biaya Bangun Dapur dan Kamar Mandi

  1. Biaya Tukang

Apabila Anda tidak bisa membangun sendiri kamar mandi atau dapur di rumah, Anda tentu butuh jasa tukang. Jasa tukang memiliki harga yang variatif, namun biasanya tidak mahal dan bisa disesuaikan dengan lamanya mereka bekerja pada Anda.

Minimalnya untuk biaya membuat kamar mandi wc jongkok butuh satu minggu. Misalkan per hari tukang dibayar 100 ribu rupiah, maka dua tukang dalam waktu dua minggu sekiat 1,4 juta rupiah. Harga ini tetap bisa di-negokan jika Anda ingin mendapatkan harga yang lebih murah.

Artikel Terkait : Desain Kamar Mandi Ukuran 1×1

  1. Keramik

Keramik akan membuat lantai kamar mandi lebih bersih dan terlihat elegan. Biaya bangun dapur dan kamar mandi tidak besar jika ingin menggunakan keramik, namun ini juga disesuaikan dengan jenis keramik yang digunakan. Umumnya keramik per dus tidak lebih dari 100 ribu rupiah.

Harga tersebut merupakan harga yang paling murah, tentu ada keramik dengan harga yang lebih tinggi. Memilih keramik juga harus disesuaikan dengan ukuran luas ruangan dan ukuran keramik itu sendiri.

judul gambar

Misalnya untuk kamar mandi dan dapur dengan luas kurang dari 10 meter, Anda butuh sekitar 8-10 dus keramik ukuran 25 cm x 40 cm. Maka total budget yang Anda keluarkan untuk biaya membuat dapur dan kamar mandi sederhana sekitar 800 ribu sampai 1 juta rupiah.

Baca Juga: Harga Partisi GRC Rangka Baca Ringan

  1. Keramik untuk Lantai

Penggunaan keramik di kamar mandi ada dua bagian, pertama adalah keramik untuk dinding, kedua adalah keramik untuk lantai. Biaya membuat kamar mandi wc jongkok, misalnya, keramik yang dibutuhkan biasanya tidak lebih dari 5 dus.

Jika harga satu dus keramik masih diratakan menjadi 100 ribu, maka Anda butuh 500 ribu untuk satu ruang kamar mandi. Jika ditambah dengan lantai yang ada di dapur, maka Anda butuh sekitar 1-1,2 juta rupiah, tergantung luas ruangan yang dimiliki.

  1. Peralatan Kamar Mandi dan Dapur

Berikutnya adalah biaya bangun dapur dan kamar mandi untuk bagian peralatan kamar mandi. Peralatan tersebut diantaranya:

  • Wastafel

Harga wastafel cukup bervariasi, Anda bisa memasangnya atau tidak sesuai dengan kebutuhan. Jika memang ingin memasang, siapkan budget antara 1-1,5 juta rupiah untuk pemasangan wastafel.

  • Gantungan Handuk

Gantungan handuk bisa Anda pasang di bagian dapur atau kamar mandi. Anda bisa membeli secara daring untuk menekan biaya membuat dapur dan kamar mandi sederhana.

Baca Juga :

  • Wc Jongkok

Anda bisa menggunakan WC jongkok atau duduk sebagai pelengkap peralatan kamar mandi dan dapur. Terkait dengan harganya bisa Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Itulah rincian mengenai estimasi biaya bangun dapur dan kamar mandi yang bisa Anda manfaatkan. Semoga informasi tersebut dapat memudahkan Anda untuk membangun bagian dapur dan kamar mandi di rumah.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text