Cara Pasang Genteng Metal Pasir, Ukuran Jarak Reng Berapa?

RWHome — Bagaimana cara pasang genteng metal pasir? Ukuran jarak reng genteng metal pasir menjadi hal yang harus diperhitungkan pertama kali sebelum memulai pasang genteng. Reng dianggap sebagai fondasi bagi pondasi genteng berikutnya. Jika perhitungan jarak reng nya tidak sesuai, maka dikhawatirkan tidak mampu menjadi kekuatan penopang genteng metal pasir.

Ukuran Jarak Reng Genteng Metal Pasir

Dalam menentukan ukuran jarak reng genteng metal pasir, biasanya para ahli bangunan menetapkan ukurannya yaitu 28 cm, 31 cm, 35 cm, 38 cm, 41 cm, 44 cm, dan lain sebagainya, menyesuaikan dengan beban dari bahan genteng yang akan digunakan. Hal tersebut dilihat dari seberapa tinggi genteng dan juga tingkat kemiringan genteng.

Cara Pasang Genteng Metal Pasir

Cara pasang reng genteng metal pasir sebenarnya tidaklah sulit. Apalagi teknologi yang dimiliki dari kerangka baja ringan membuat segala sesuatunya menjadi mudah. Perlu diperhatikan yaitu mengenai ketinggian dari reng genteng nya sendiri yang biasa standarnya yaitu 30 derajat  atau 33 derajat saja.

cara pasang reng genteng metal pasir
Cara pasang reng genteng metal pasir

Berikut step atau langkah yang perlu diketahui perihal cara pasang reng genteng metal pasir :

Step 1 : Persiapkan alat-alat untuk memasangnya seperti baut, bor, dan juga pemotong rangka. Lalu, tentukan dulu ukuran genteng yang akan dipasang, serta ukur juga berapa beban yang tergantung dari bahan beban tersebut.

Step 2 : Ukurlah terlebih dahulu berapa saja ukuran jarak reng genteng metal pasir yang akan dipasang. Perhatikan juga tingkat kemiringan, luasnya, dan juga jarak antar sisinya.

Step 3 : Buatlah bagan atau gambar kerangka genteng terlebih dahulu. Tentukan juga panjang masing-masing rangka sebelum memulai eksekusi pemasangan.

Step 4 : Setelah membuat gambar kerangkanya, lalu potonglah ukuran rangka tersebut sesuai dengan pola yang sudah dibuat dan juga menyesuaikan dengan kebutuhan dari bangunannya. Perhatikan bahwa setiap yang menopang harus diperhatikan beban topangannya tersebut.

Step 5 : Setelah bagian rangka sudah dipotong sesuai dengan kebutuhan, kemudian untuk cara pasang reng genteng metal pasir yaitu hanya perlu disatukan masing-masing potongan tersebut dengan menggunakan baut. Untuk sambungan potongan yang kecil sebaiknya dipasang di bawah, namun untuk yang rangka panjang sebaiknya di lakukan di atas saat pemasangan.

Step 6 : Susunlah mulai dari susunan terbawah untuk penopangnya, dan dilanjutkan dengan menyusun potongan-potongan rangka yang kemudian disambungkan dengan baut.

Perlu diperhatikan bahwa pemasangan reng genteng harus sama sesuai dengan ukuran jarak reng genteng metal pasir yang telah diukur di awal. Jangan sampai ada yang lebih atau kurang dari angka ukuran jarak reng tersebut.

judul gambar

Baca Dulu: Kelebihan Dan Kekurangan Atap Rootop

 Kekurangan Rangka Genteng Metal Pasir

Untuk memasang genteng metal pasir, maka pondasi yang digunakan adalah pondasi baja ringan. Memang, dari segi cara pasangnya memang mudah, dan juga disebut merupakan kontstruksi yang kokoh meski bersifat ringan.

ukuran jarak reng genteng metal pasir

Namun, dibalik kelebihannya tersebut, ternyata konstruksi rangka baja ringan memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui diantaranya :

  1. Penampakannnya kurang indah dilihat

Sekilas memang terlihat modern bila menggunakan rangka baja ringan dibanding dengan penggunakan rangka kayu sebagai pondasi genteng. Namun, jika sudah disusun dan dilihat, penampakannya justru terlihat kurang rapi dan tidak memenuhi estestika, jadi untuk menutupi kekurangannya tersebut, kerangka ini ada baiknya ditutup, jangan dibiarkan terbuka.

  1. Terlalu ringan, sehingga khawatir kurang kuat menopang terpaan angin

Sifatnya yang mudah dipasang dan ringan justru menimbulkan beberapa kekhawatiran, bahwa untuk kerangkanya tersebut dikhawatirkan dapat terbawa oleh terpaan angin sehingga mudah copot.

  1. Memerlukan keteliatan dan keakurasian yang tinggi

Konstrusi baja ringan yang mudah dipasang, namun sebenarnya butuh ketelitian yang tinggi dan tidak bisa asal pasang atau salah ukur. Salah-salah dalam memasang atau mengaitkan satu sama lainnya, dapat mengakibatkan kondisi yang mudah roboh, dan justru dapat merusak konstruksi bagian yang lain.

Artikel Terkait:

Memanglah membuat rangka untuk genteng tidaklah mudah. Hal ini membutuhkan ketelitian dan juga keakurasian dalam menghitung juga mengukur segala sesuatunya. Dalam hal mengukur pun Jangan sampai tidak mengetahui ukuran jarak reng genteng metal pasir, tujuannya supaya pondasi gentengnya kokoh dan tidak mudah roboh.

judul gambar

Leave a Comment