Cara Hitung Kebutuhan Genteng Metal Pasir Menurut Ukuran

Bagaimana cara hitung kebutuhan genteng metal pasir? Berapa harga genteng metal pasir saat ini? Untuk menghitung kebutuhan genteng metal pasir Anda bisa terus menyimak artikel ini sampai selesai ya! Lets cekidot!


cara hitung kebutuhan genteng metal pasir

Membangun rumah tidak hanya melulu soal design, ataupun terkait lokasi saja. Namun dalam pencanangan membangun rumah harus jeli dalam mengukur segala sesuatunya. Perihal keramik, kebutuhan batu bata, dan juga kebutuhan genteng pun harus diperhitungkan.

Genteng pun ada beragam jenisnya, ada yang dari tanah liat, kaca, kayu, metal, dan juga beton. Namun, bahan pembuat genteng yang sering digunakan saat ini adalah dari bahan metal pasir. Penggunaan genteng ini pun harus jeli dan tahu cara hitung kebutuhan genteng metal pasir, agar kalian tidak kelebihan ataupun kekurangan budget saat proses pemasangan genteng.

Harga Genteng Metal Pasir Berdasarkan Ukuran & Merk

Harga serupa dengan kualitas yang ditawarkan, hal ini sepertinya pun berlaku untuk kualitas genteng berbahan metal pasir ini. Tahan terhadap serangan cuaca ekstrim, tidak gampang pecah atau pun retak, bebas jamur, bebas karat, dan juga bebas rayap merupakan banyak kelebihan dari genteng berbahan metal ini.

Lalu, berapa untuk harga genteng metal pasir ini? Tentunya bervariasi, dan kamu hanya perlu menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Namun, tidak perlu khawatir atau pun penasaran, kalian akan mendapatkan gambaran tentang harganya.

cara menghitung kebutuhan genteng metal pasir

Untuk merk Sakura Roof dengan ukuran 77cm x 80cm dengan ketingian gentengnya 0,25mm, ditaruh di kisaran harga mulai Rp 42.000 sampai Rp 60.000.

Inti Roof dengan ukuran genteng yang sama dengan Sakura Roof dibandrol dengan harga Rp 58000 sampai Rp 67000.

Sedangkan untuk genteng metal merk Rainbow yang ukuran standard sama seperti kedua merk sebelumnya dibanderol dengan harga Rp 58.000. Dan yang paling mahal di merk Rainbow sendiri di harga Rp 88.000 dengan ukuran yang lebih besar yaitu 85,5cm x 40cm dengan ketinggian gentengnya 0,35mm.

Range harga genteng metal pasir tertinggi disematkan pada merk Inti Roof dimana pada ukuran standarnya saja harga termurahnya dari Rp 95.000 dan yang termahalnya Rp 112.000. Namun, harga genteng metal pasir dapat berubah sewaktu-waktu, jadi sebaiknya lakukan survey langsung ke toko bahan bangunan terdekat atau toko bangunan langganan Anda.

Baca Dulu: Kelebihan Dan Kekurangan Atap Rootop

Cara Hitung Kebutuhan Genteng Metal Pasir

Dengan harga yang tidak murah, maka kalian harus paham dan mengetahui bagaimana cara hitung kebutuhan genteng metal pasir yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah kalian. Hal utama yang harus kalian tahu terlebih dahulu adalah luas dari bidang tanah rumah kalian, setelah itu kalian harus tahu untuk 1 meter biasanya menggunakan berapa lembar genteng bahan metal.

Mari kita melakukan perhitungan dengan asumsi gambaran luas tanahnya panjang 9 meter dan juga lebarnya 6m, sehingga luas keseluruhannya adalah 9m x 6m = 54m. Dan Anda akan membuat genteng dengan ketinggian miringnya di angkat 33 derajat dengan batas masing-masing sisinya adalah 1m, dimana 1,68 lembar genteng metal pasir untuk menutup luas 1m.

judul gambar

Baca Dulu: Cara Pasang Genteng Beton Flat

Sehingga cara hitung kebutuhan genteng metal pasir untuk gambaran diatas adalah sebagai berikut :

Step 1 : Hitung luas permukaan ditambah dengan batas luar masing-masing sisi genteng, yaitu menjadi 6m + (1m+1m) x 9m + (1m+1m) = 8m x 11m = 88 meter.

Step 2 : Setelah mengetahui luas permukaan seluas 88 meter, maka dibagi dengan derajat ketinggian genteng yang tadi diasumsikan sejumlah 33 derajat. Sehingga hitungannya 88 meter / 33 derajat = 104,9 m.

Step 3 : Setelah itu, kalilah jumlah dari step kedua dengan lembaran genteng per meternya yang tadi diasumkan 1,68 lembar untuk kebutuhan 1m. Sehingga hasilnya 104,9 x 1,68 lembar = 170 lembar, dan untuk cadangan taruhlah 10 lembar, sehingga hasilnya adalah 180 lembar genteng metal pasir yang dibutuhkan.

Step 4 : Untuk menghitung jumlah genteng pada titik tengah permukaan rumah, dengan hitungan dari panjang rumah, sehingga hitungannya 9m + (1m+1m) = 11m / 0,8 cm = 14 buah. Untuk pembaginya menyesuaikan dengan ukuran genteng yang digunakan.

menghitung kebutuhan genteng metal pasir

Baca Juga: Harga Borongan Pasang Genteng Permeter

Rata-rata perumahan saat ini banyak yang memakai genteng metal pasir sebagai atap rumah. Para pemborong sudah memesan genteng metal pasir tersebut lengkap dengan jasa pemasangannya.

Jadi jika Anda berkeinginan untuk menggunakan atap genteng metal pasir maka pembelian genteng pasir ini akan sekaligus dengan jasa pemasangannya. Pada umumnya rangka atap memakai baja ringan. Dan mereka akan siap untuk memasang rangka atap baja ringan sampai pemasangan genteng metal pasir.

Jika Anda sudah bisa menghitung kebutuhan pemasangan genteng metal pasir, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui Cara Pasang Gentang Metal Pasir untuk atap.

Kesimpulan

Para pemborong / jasa pemasangan genteng metal pasir dapat menghitungkan kebutuhan metal pasir untuk atap rumah Anda. Anda tidak perlu pusing-pusing menghitung sendiri. Anda bisa meminta bantuan jasa pemasangan genteng beserta kebutuhan rangka baja ringan.

Biasanya jasa pemasangan genteng pasir dan rangka lengkap menggunakan tarif pemasangan permeter persegi. Jadi Anda perlu mengetahui luas rumah.

Contoh harga pemasangan genteng metal pasir
Contoh harga pemasangan genteng metal pasir

Artikel Terkait:

Jika Anda ingin mengetahui kebutuhan genteng pasir atap rumah Anda, tidaklah sulit untuk menghitung kebutuhan genteng dengan contoh yang sudah kami berikan diatas. Pentingnya Anda tau cara hitung kebutuhan genteng metal pasir, supaya kebutuhannya tidak melampaui kebutuhan. Karena dalam membangun rumah atau renovasi rumah, biaya akan selalu lebih dari perkiraan, jarang sekali kurang dari perkiraan atau anggaran.

judul gambar

Leave a Comment