Ukuran Jarak Kuda Kuda Baja Ringan Untuk Genteng Beton

Model spesifikasi ukuran baja ringan untuk kuda kuda – Pada suatu konstruksi bangunan yang menggunakan rangka atap baja ringan, kuda kuda merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh luput dari perhitungan. Karena kuat atau tidaknya atap gedung nantinya akan ditentukan dari kuda kudanya ini. Lalu berapa jarak kuda kuda baja ringan untuk genteng beton yang tepat ? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Harga Borongan Pasang Genteng Permeter

Spesifikasi Konstruksi ukuran baja ringan untuk Kuda Kuda

Kuda kuda adalah bagian dari konstruksi atap yang merupakan susunan rangka dengan fungsi mendukung beban, baik beban atap maupun beratnya sendiri, terlebih memakai genteng beton. Konstruksi kuda kuda ini juga sekaligus dapat memberikan bentuk pada model atap baja ringan, sehingga membuatnya menjadi salah satu elemen penting pada konstruksi bangunan.

jarak kuda kuda baja ringan untuk genteng beton

Konstruksi kuda kuda pada dasarnya terdiri atas rangkaian batang yang membentuk segitiga. Rangkaian batang tersebut nantinya dapat mendukung berbagai beban atap dalam satu luasan atap tertentu, dengan beban yang dihitung antara lain berat penutup atap, usuk, reng, dan gording. Dalam hal ini terdapat banyak pilihan jenis kuda kuda, mulai dari bentang kecil sampai bentang besar.

Kuda kuda baja ringan bentang 6 sampai 8 m termasuk bentang kecil, sementara kuda kuda baja ringan bentang 8 m hingga 10 m termasuk menengah, dan 10 m sampai 12 m tergolong bentang besar. Jika lebih 12 m, maka dimasukkan dalam kategori bentang khusus. Tersedia material dengan zincalume, galvanis, dan galvalume yang bisa digunakan.

Ketahui: Harga dan Ukuran Genteng Sokka Kebumen

Jarak Kuda Kuda Berdasarkan Material

Jarak kuda kuda baja ringan untuk genteng beton tergantung material yang digunakan. Ukuran baja ringan untuk kuda kuda ini pun bisa sangat berpengaruh terhadap jarak pemasangannya. Berikut spesifikasi jarak kura kura rangka atap baja ringan.

judul gambar

ukuran baja ringan untuk kuda kuda

  1. Apabila menggunakan baja ringan yang berasal dari merk bluescope atau taso dengan ukuran 0.75 mm, maka jarak kuda kudanya yaitu 80 cm sampai 1.2 m.
  2. Apabila menggunakan baja ringan merk bluescope atau taso yang memiliki ukuran 1.00 mm, maka jarak kuda kudanya yaitu 1 m sampai 1.6 m.
  3. Apabila menggunakan baja ringan merk lain, maka usahakan untuk menggunakan ukuran di bawahnya.

Baca Dulu: Cara Pasang Genteng Beton Flat

Jarak Kuda Kuda Berdasarkan Jenis Atap

Selain berdasarkan material yang digunakan atau dalam hal ini baja ringan, jarak kuda kuda baja ringan untuk genteng beton juga masih ditentukan berdasarkan jenis genteng yang digunakan untuk atapnya. Berikut spesifikasi jarak kuda kuda baja ringan berdasarkan jenis atap yang digunakan.

  1. Jenis atap genteng keramik : kemiringan 30°, jarak reng 265 mm, berat atap 45 kg/m2, berat plafon 7-10 kg/m2, tekanan angin 100 kg/m2, max jarak kuda kuda 1200 mm.
  2. Jenis atap genteng beton : kemiringan 30°, jarak reng 250-340 mm, berat atap 35 kg/m2, berat plafon 7-10 kg/m2, tekanan angin 100 kg/m2, max jarak kuda kuda 1200 mm.
  3. Jenis atap genteng metal : kemiringan 15°-30°, jarak reng 600 mm, berat atap 5 kg/m2, berat plafon 7-10 kg/m2, tekanan angin 100 kg/m2, max jarak kuda kuda 1600-1800 mm.

Bisa dilihat bahwa jarak kuda kuda baja ringan untuk genteng beton maupun jenis lainnya itu berbeda, sehingga pemilihan genteng pada konstruksi atap baja ringan perlu diperhatikan lagi saat menentukan jarak kuda kudanya. Selain itu, hal ini nantinya juga dapat mempengaruhi biaya pasang baja ringan itu sendiri.

Artikel Terkait:

Dilihat dari ulasan di atas, maka tidak bisa dijawab secara langsung berapa jarak yang ideal kuda kuda baja ringan untuk genteng beton. Karena terdapat beberapa faktor yang akan mempengaruhi perhitungan jaraknya, seperti jenis genteng atau atap yang digunakan serta material dari baja ringan itu sendiri yang meliputi ketebalan dan ukurannya.

judul gambar

Leave a Comment