Ukuran Genteng Sokka Kebumen, Mantili, Plentong Beserta Harga

Ukuran genteng pada umumnya memiliki ukuran yang relatif berbeda sesuai dengan pembuat dan jenis gentengnya. Biasanya ukuran genteng tanah liat lebih mudah diukur, sebab dalam pembuatannya menggunakan sistem manual / press. Namun, biasanya genteng diukur berdasarkan permeter. Beberapa jenis genteng yang sering digunakan adalah genteng sokka, genteng mantili, genteng plentong dan genteng standar.

Disini Anda perlu ketahui, walaupun Anda membeli genteng Sokka dalam satu agen penjual genteng, bisa saja ukuran genteng tidak sama / tidak presisi! Loh kok bisa?! Bagaimana solusinya? Simak artikel sampai selesai!


Ukuran genteng Sokka

Dari sekian masyarakat Indonesia lebih suka genteng tanah liat yang akan digunakan sebagai bahan penutup atap. Alasannya adalah yang utama karena ubin ini diperoleh lebih mudah dan harganya adalah yang termurah. Ada banyak jenis genteng tanah liat yang memiliki kualitas bagus di Indonesia.

Jumlah pengrajin genteng tanah liat membuat kita mendapat manfaat dari konsumen. Kamu bebas memilih genteng yang ingin kamu beli karena pilihannya banyak. Tentu saja, di antara banyak produk ubin tanah liat, harus ada yang memiliki kualitas terbaik. Di sinilah keunggulan utama dari genteng sokka. Keuntungan lain adalah bahwa harganya lebih terkontrol karena tidak begitu menguras banyak dari isi dompet.

Sangat berbahaya jika kita berjalan di genteng, dan tiba tiba saja hancur atau patah. Ini lebih baik jika tidak menggunakan bahan bangunan yang murahan. Genteng sokka merupakan salah satu genteng terbaik yang ada di Indonesia.

Lebih baik membeli genteng terbaik dalam sekali pengeluaran saja, ketimbang membeli dan diganti berulang kali, juga perlu diingat bahwa nama Sokka diambil dari nama daerah tersebut. Dan genteng ini hanya di produksi di kota tersebut, tidak di wilayah lain.

Jumlah ubin Sokka per meter dimulai dari 25 biji untuk jenis plentong dan magnet. Ada beberapa jenis genteng Sokka, plentong, kodokan, mantili dan standar. Genteng Sokka Kebumen adalah satu-satunya jenis ubin asli Sokka dari Kebumen. Dan setiap genteng tersebut memiliki ukurannya masing masing.

Baca Dulu: Cara Pasang Genteng Beton Flat

Daftar Ukuran Genteng Sokka dan harganya

ukuran genteng pada umumnya

Setiap jenis genteng sokka memiliki ukuran masing masing dalam penggunaannya sebagai atap rumah. Dan dibawah ini adalah daftar ukuran genteng sokka, silahkan simak dengan baik baik.

  1. Ukuran genteng sokka Kebumen

Volume: 18 B / M2

Harga: Rp 2.700 / pcs

  1. Ukuran genteng mantili

Volume: 25 BH / m2

Harga: RP. 1.700 / pcs

  1. Ukuran genteng plentong

Volume: 25 BH / m2

Harga:  RP. 1.500 / pcs

  1. Ukuran genteng standar

Volume: 18 BH / m2

Harga: RP. 2.700 / pcs

  1. Ukuran genteng kodok

Volume: 25 BH / m2

Harga: RP. 4.800 / pcs

  1. Ukuran genteng glazur

Volume: 25 BH / m2

Harga: RP. 4.800 / pcs

  1. Ukuran genteng kerpus

Volume: 4 BH / m

Harga: RP. 5.950 / pcs

  1. Ukuran genteng papak

Volume: 4 BH / m

Harga: RP. 5.950 / pcs

Baca Juga: Harga Borongan Pasang Genteng Permeter

judul gambar

Keunggulan Dari Genteng  Sokka Kebumen

ukuran genteng tanah liat

Tidak heran jika genteng yang satu ini banyak diburu oleh proyek pembangunan perumahan skala besar. Sebab kualitas gentengnya juga sangatlah bagus. Dan dibawah ini adalah keunggulan dari genteng sokka Kebumen dibandingkan dengan jenis lain.

  • Kapasitas produksi tinggi untuk dapat memiliki permintaan yang cukup dalam jumlah besar.
  • Kualitas yang lebih baik, proses pembuatan sempurna membuat Sokka Kebumen ubin menjadi lebih unggul.
  • Kekuatan genteng berkualitas tinggi karena menggunakan bahan baku yang telah diuji dan tekanan tinggi yang kuat dalam proses pencetakan.
  • Genten cetak dengan kualitas tinggi membuat para ahli berpengalaman di bidangnya.
  • Mampu menjaga keamanan rumah dari segala cuaca, sehingga menjadi nyaman berada didalam rumah.

Perlu diketahui bahwa jenis genteng sokka Kebumen adalah mosaik pertama yang diproduksi menggunakan bantuan alat-alat modern. Alat yang digunakan untuk membuat genteng Kebumen yang diberi nama Sokka menggunakan sistem hidrolik. Tekanan ini diberikan untuk membuat bentuk genteng yang sempurna. Sebagai genteng yang dicetak untuk pertama kalinya menggunakan sistem hidrolik, genteng sokka terkenal dengan nama ubin pers.

Baca Dulu: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Alderon

Catatan:

Dari pengalaman kami membangun rumah, jika Anda membeli genteng dari kota Anda sendiri dimana agen menjual genteng Sokka Kebumen sebaiknya dicek terlebih dahulu. Anda bisa tanya-tanya atau survey genteng di daerah Anda. Karena walaupun mereka mendatangkan langsung genteng dari Kebumen, ada saja kekurangannya. Salah satunya adalah ukuran genteng yang tidak sama atau sedikit tidak presisi. Ukuran yang tidak sama ini jika tukangnya tidak pandai dalam memasang genteng bisa saja terjadi kebocoran atau air tempyas masuk ke dalam atap rumah. Ini kami tahu dari tukangnya sendiri.

Sewaktu kami tanyakan perihal ukuran genteng yang tidak sama tersebut, penjual atau agen menjelaskan bahwa pembuatan yang tidak bersamaan membuat ukuran / dimensi genteng bisa sedikit berbeda.

Misalnya, diwaktu pagi membuat / mencetak genteng kemudian siangnya istirahat. Selanjutnya para pekerja mencetak lagi maka ukuran dimensi genteng yang dibuat pagi dan siang bisa sedikit berbeda.

Oleh karena itu, Anda perlu konsultasi dengan kepala tukang untuk menentukan jarak reng terbaik agar nantinya pemasangan genteng bisa rapat dan tidak terlalu longgar. Dengan begitu maka kebocoran berupa tempyas air hujan bisa dihindari.

Genteng Sokka Kebumen memang kuat. Saat pemasangan, genteng ini bisa diinjak saat sudah terpasang pada atap. Berbeda dengan genteng lokal dari daerah kami dimana tidak boleh diinjak saat sudah terpasang pada atap. Tentu ini mempermudah pekerjaan tukang juga.

harga genteng sokka kebumen per meter
Harga genteng Sokka Kebumen

Harga genteng diatas bisa kami pastikan adalah harga langsung dari agen / pembuat genteng di Kebumen. Karena jika membeli di penjual genteng diluar kota Kebumen harga bisa diatasnya. Untuk contoh ini kami memakai genteng plentong papak dengan harga Rp.1.950 (Tahun 2020). Namun harga ini juga sudah termasuk harga kirim langsung dari Kebumen dan biaya langsir sampai depan rumah.

Untuk harga kemungkinan bisa berubah-ubah.

Artikel Terkait:

Telah banyak yang menggunakan berbagai jenis dan ukuran dari genteng sokka Kebumen sebagai atap bangunan rumah. Seperti pada penjelasan diatas bagaimana kenyamanan dan keamanan yan didapatkan setelah memasang genteng keren satu ini. Walaupun ditempa dengan alat tradisional, tetapi tidak kalah bersaing dengan kualitas genteng lainnya.

judul gambar

Leave a Comment