Cara Pasang Genteng Beton Flat Yang Benar Agar Tidak Bocor

Bagaimana cara pasang genteng beton flat? Pemasangan genteng flat dilakukan oleh tukang khusus yang memang bekerja pada jasa pemasangan genteng flat. Tidak semua tukang bangunan bisa memasang genteng flat dengan benar. Makanya, pembelian genteng flat ini bisanya sekalian dengan jasa pemasangannya. Pemasangan nok genteng yang benar diharapkan agar nantinya atap tidak bocor.


cara pasang genteng beton flat

RWHome.web.id Untuk melindungi dari panas maupun hujan, semua bangunan di dunia tentunya mempunyai atap di bagian atasnya. Dalam hal ini, ada berbagai macam material yang biasa digunakan untuk membuat atap. Salah satunya yaitu dengan menggunakan genteng beton flat, yang juga banyak digunakan di Indonesia. Yuk intip bagaimana cara pasang genteng beton flat ini.

Kelebihan Genteng Beton Flat

cara pasang nok genteng beton
Cara pasang nok genteng beton

Sebelum mengulik lebih lanjut cara pemasangan genteng beton, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu beberapa keunggulan dari material satu ini. Karena seiring dengan kemajuan teknologi, proses produksi genteng beton yang mudah dan murah membuatnya semakin digemari oleh masyarakat secara luas.

  1. Memiliki Daya Tahan yang Kuat

Beton merupakan salah satu material bangunan yang terkenal memiliki daya tahan kuat dan paling tinggi bila dibandingkan jenis lain. Usia penggunaan genteng beton bahkan tercatat sangat lama, yaitu bisa mencapai 20 tahun. Selain itu, genteng ini juga mempunyai tingkat efisiensi yang tinggi terhadap lingkungan.

Dimana material beton mampu menahan beban berat, dan sifatnya pun tidak akan mudah retak. Pun ketika terkena api atau mengalami perubahan suhu akibat dari lingkungan sekitar, material beton akan mampu bertahan dengan baik. Inilah mengapa cara pasang genteng beton flat diminati oleh sebagian besar orang.

  1. Tersedia dalam Berbagai Warna

Pemasangan genteng flat menjadi semakin populer karena jenis material ini tersedia dalam berbagai warna. Sehingga dapat meningkatkan nilai estetika tersendiri dari atap rumah. Umumnya, genteng beton tersedia dalam pilihan hitam, cokelat, abu abu tua, biru, sampai hijau. Pilihan warnanya ini bisa anda sesuaikan dengan konsep rumah atau warna fasad bangunan.

Baca Juga: Jarak Reng Baja Ringan Atap Galvalum

judul gambar
  1. Tidak Mudah Berubah Bentuk

cara pasang nok genteng beton

Karena mempunyai daya tahan kuat dan kokoh, genteng dengan material beton tidak mudah berubah bentuk. Karena pada proses produksinya pun, genteng ini juga tidak melewati proses pembakaran. Sehingga saat dilakukan pemasangan, genteng beton relatif sangat mudah dipasang. Pengisian natnya pun lebih rapat dan mampu mengurangi risiko kebocoran.

  1. Harga Genteng Beton

Apabila dibandingkan dengan beton keramik, cara pasang genteng beton flat ternyata jauh lebih mudah. Tidak hanya itu saja, harga genteng dengan material ini nyatanya juga lebih murah, padahal kualitasnya beda beda tipis dengan genteng keramik. Maka dari itu, penggunaan material ini akan memberi anda kualitas terbaik dengan harga lebih murah.

Baca Dulu: Kelebihan Dan Kekurangan Atap Rootop

Cara Pasang Genteng Beton flat

Cara pemasangan genteng flat maupun cara pasang nok genteng beton, perlu dilakukan dengan hati hati dan penuh ketelitian. Berikut beberapa tips yang perlu diterapkan dalam pemasangannya.

  1. Kontrol ulang apakah rangka atap telah dipasang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan atau belum. Misalnya jarak antar rengnya, jarak antar usuk, ukuran kayu untuk kuda kuda, sambungan antar kayu, gording, dan aplikasi obat anti rayap.
  2. Pasang talang dan lisplank-nya terlebih dahulu sebelum genteng dinaikkan.
  3. Apabila menggunakan aluminium foil atau insulasi, maka pasanglah di atas usuk baru kemudian pasang rengnya.
  4. Jangan lupa pasang satu jalur genteng terlebih dahulu dari bawah ke atas. Cara pasang genteng agar tidak bocor harus lurus dan rapi, supaya polanya tidak berbelok belok dan menimbulkan celah.

Pemasangan genteng beton flat akan semakin kuat apabila anda memperhatikan beberapa faktor, di antaranya yaitu menggunakan pelapis atap, pengecekan rutin rangka atap, cek bubungan atap, dan melapisi atap dak beton. Apabila semua hal ini telah dilakukan, maka bukan hal yang tidak mungkin apabila atap beton akan tetap kuat meski sudah puluhan tahun lamanya.

Artikel Terkait:

Pengerjaan atap memang harus melalui pertimbangan dan juga persyaratan yang telah disesuaikan dengan karakteristik bahan atau material genteng. Seperti halnya di sini, yang akan menggunakan genteng beton. Maka karakteristik beton perlu diperhatikan dalam pemasangannya. Dengan demikian, tentu anda akan mendapatkan hasil maksimal nantinya.

judul gambar

Leave a Comment