Berapa Ukuran Atap Genteng Multiroof Pasir Per Lembar? Berikut Harga & Cara Menghitungnya!

RW Home — Jika Anda tidak terbiasa, mungkin agak kesulitan ketika ingin menghitung kebutuhan serta ukuran atap multiroof. Oleh karena itu, agar bisa membantu pada kali ini akan dibahas seputar hal tersebut. Anda dapat menjadikannya sebagai sumber referensi. Selain itu juga akan dibahas terkait berapa saja ukuran yang ada beserta harganya. Silakan simak pembahasan berikut ini.

ukuran atap multiroof

Baca Juga : Kelebihan & Kekurangan Atap Rooftop

Cara Menghitung Atap Multiroof

Di bagian ini akan dijelaskan beberapa step yang perlu dilakukan. Silakan ikuti setiap langkah dengan seksama. Beberapa mungkin membutuhkan perhitungan matematis sehingga jika perlu persiapkan catatan ataupun alat hitung lainnya.

1. Menentukan jenis atap

Cara Menghitung Atap Multiroof

Langkah pertama adalah menentukan jenis atap terlebih dahulu. Sebagai contoh, salah satu yang cukup cocok dengan genteng metal adalah model pelana karena memiliki sistem pemasangan lebih sederhana. Selain itu, pelajari juga mengenai berbagai ukuran atap seng multiroof yang ada. Hal ini bertujuan agar nanti ketika melakukan perhitungan bisa lebih mudah.

Ukuran atap genteng multiroof juga akan turut berpengaruh pada harganya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahuinya terlebih dahulu agar lebih mudah dalam memperkirakan total biaya nantinya. Dengan demikian, tidak akan ada kasus over budget akan Anda alami. Pemasangan atap jenis pelana memang cukup di bagian miring lalu ditambah nok saja.

2. Menghitung luas atap dan bangunan

Setelah menentukan jenis beserta berapa ukuran atap multiroof per lembar, langkah selanjutnya adalah mulai menghitung luas atap dan juga luas bangunan. Hal ini menjadi penting agar pemasangan bisa presisi serta dapat memperkirakan berbagai kebutuhan lainnya seperti reng, jumlah sekrup, atau sebagainya. Sebagai contoh, luas bangunan adalah 6 x 10 meter. Selanjutnya overstek di setiap unit adalah 50 cm dengan sudut 35 derajat.

3. Menyesuaikan dengan ukuran genteng

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat berbagai jenis, merek, serta ukuran atap multiroof pasir. Dari banyaknya pilihan tersebut, maka cukup penting untuk menyesuaikannya dengan ukuran genteng. Biasanya bahan ini dijual per lembar di pasaran meskipun beberapa juga menyediakan sistem paketan.

Baca Dulu : 

4. Menghitung kebutuhan genteng

harga multiroof per lembar

judul gambar

Langkah selanjutnya dan merupakan inti pembahasan adalah proses perhitungan. Pada contoh kali ini adalah memakai tipe classic, luas 77×100 cm, dan 1 meter persegi. Agar lebih jelas, silakan simak pada gambar ilustrasi berikut ini. Dari perhitungan tersebut, didapatkan bahwa kebutuhan genteng adalah 139 lembar.

5. Menghitung kebutuhan nok

Terakhir adalah proses perhitungan kebutuhan nok. Bagian ini memang merupakan hal paling penting sehingga tidak boleh salah dalam menghitungnya. Apabila kebutuhan tidak sesuai, maka akan muncul berbagai masalah. Supaya dapat mengetahui kebutuhannya, pastikan Anda telah mengetahui panjang bagian atap.

Sebagai contoh, untuk panjang 10 meter dibutuhkan nok spesifikasi 100 cm. Artinya dibutuhkan nok sebanyak 10 buah. Cara ini juga dapat diterapkan pada ukuran lainnya.

Tips Menghitung Kebutuhan Ukuran Atap Genteng Metal

Tips Menghitung Kebutuhan Ukuran Atap Genteng Metal

Perlu diketahui bahwa setiap bangunan pasti mempunyai kebutuhan berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perhitungan. Agar lebih mudah dalam melakukannya, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

  • Pastikan model dan jenis atap
  • Hitung luas secara tepat
  • Cek spesifikasi genteng metal sesuai kebutuhan
  • Tentukan sudut kemiringan atap dengan tepat

Harga Multiroof Per Lembar

Harga Multiroof Per Lembar

Jika telah berhasil melakukan perhitungan, maka selanjutnya Anda hanya tinggal perlu membelinya di toko bangunan terdekat. Sebagai informasi, berikut ini akan dijelaskan mengenai berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli multiroof.

Multiroof memang merupakan salah satu merek genteng yang cukup populer dan banyak peminatnya. Beberapa kelebihannya antara lain memiliki banyak varian, ramah lingkungan, dapat didaur ulang, bobotnya ringan, mudah dipasang, antikarat, anti jamur, serta daya tahannya cukup tinggi.

  • Multi roof 2 x 4 ukuran 77 x 80 x 25 adalah Rp62.500,00
  • Multi roof 1 x 4 ukuran 77 x 100 x 35 adalah Rp95.000,00
  • Multi roof 1 x 5 ukuran 77 x 100 x 35 adalah Rp65.000,00
  • Multi roof 2 x 5 ukuran 77 x 100 x 35 adalah Rp125.000,00

Perlu diketahui bahwa harga tersebut mungkin bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, setiap toko bangunan juga bisa terjadi sedikit perbedaan harga.

Ketahui :

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara menghitung kebutuhan ukuran atap multiroof dengan mudah. Jika masih merasa kesulitan, Anda bisa berkonsultasi pada jasa ahli bangunan supaya perhitungannya bisa lebih tepat.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text