Cara Pasang Nok Genteng Metal Pasir Pada Rangka Kayu

Apakah Anda sedang mencari cara pasang nok genteng metal? Jika iya, maka artikel ini adalah jawaban tepat dan bisa menjadi panduan untuk melakukannya. Seperti kita ketahui, memasang nok memang membutuhkan ilmu serta teknik khusus. Oleh karena itu, pada kali ini akan dibahas lengkap mulai dari cara memasang genteng metal, nok, serta bagian tutupnya agar lebih lengkap.

cara pasang nok genteng metal

Baca Dulu : Cara Hitung Kebutuhan Genteng Metal Pasir 

Cara Pasang Genteng Metal pada Rangka Kayu

Cara Pasang Genteng Metal pada Rangka Kayu

Sebelum membahas cara pemasangannya, perlu diketahui bahwa secara umum terdapat dua jenis rangka, yakni rangka kayu dan baja ringan. Tentu saja setiap jenis mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, di sini hanya akan dijelaskan mengenai penggunaan rangka kayu saja. Apabila ingin mengetahui jenis baja ringan, Anda dapat mencari di berbagai sumber lainnya.

Lalu, kenapa harus menggunakan rangka kayu? Ada beberapa kelebihan yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan. Apa saja itu? Silakan simak pembahasan berikut ini.

1. Bahan fleksibel

Material ini memang memiliki karakter cukup fleksibel, yakni dapat memuai, menyusut, maupun melengkung. Kelebihan ini mampu membuatnya cukup kuat serta kuat dalam menahan arah beban tegak lurus dari arah seratnya. Jadi, jika Anda menginginkan struktur lebih kokoh, maka material ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

2. Pemasangan rangka mudah

Karena lebih dulu digunakan sebelum baja ringan, masyarakat sudah lebih mudah memahami dalam pemasangan material ini. Selain itu, lebih banyak orang memahami pemasangan rangka kayu dibandingkan baja ringan. Bahkan, tidak diperlukan keterampilan khusus saat memasangnya sehingga akan lebih mudah mencari orang guna membantu proses tersebut.

3. Harga relatif murah

harga genteng metal pasir relatif murah

judul gambar

Karena terbuat dari bahan alam yang mudah ditemukan, harga material ini menjadi cukup terjangkau. Apabila Anda ingin menghemat budget, silakan gunakan ini. Tak hanya harga unit saja, biasanya biaya jasa pemasangan juga relatif lebih murah.

Itulah tadi beberapa kelebihan dari rangka kayu. Namun, di sisi lain tentu saja ada pula kekurangannya yang juga perlu dijadikan bahan pertimbangan. Pertama, material ini sangat mudah terserang hama. Hama paling sering menjadi penyebab kerusakan adalah rayap. Oleh sebab itu, diperlukan perawatan cukup intense ketika memilih menggunakannya.

Kedua, bahan ini juga mudah lapuk. Apalagi jika terkena air hujan terus menerus. Selain lapuk, tak jarang permukaannya menjadi cepat berjamur. Biasanya karena masalah ini usianya tidak terlalu panjang karena apabila sudah lapuk maka mau tidak mau harus diganti dengan yang baru.

Baca Dulu :

Selanjutnya adalah bobotnya cenderung lebih berat. Walaupun karakter ini mampu membantu dalam menyangga atap lebih kokoh, namun di sisi lain hal tersebut juga akan membebani bangunan. Jadi, silakan pertimbangkan hal-hal tersebut. Setelah itu, Anda bisa menyimak langkah-langkah pemasangan berikut ini.

  • Tentukan ketinggian reng
  • Tentukan ukuran reng
  • Pasang genteng metal dari kiri atas
  • Pasang sekrup genteng menggunakan bor
  • Pastikan lembaran atap dalam posisi sempurna
  • Usahakan sekrup dipasang secara lurus
  • Pasang bagian lain
  • Pasang bagian nok
  • Pasang tutup nok genteng metal

Cara Pasang Nok Genteng Metal Pasir

Cara Pasang Nok Genteng Metal Pasir

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan saat memasang nok agar lurus dan tidak miring.

1. Potong genteng metal

Sebelum nok dipasang, pastikan atap di bagian bubungan dan jurai telah dipotong dan dirapikan. Tujuannya agar tidak terjadi kebocoran.

2. Pasang rangka

Rangka bisa berupa kayu ataupun baja ringan. Tujuannya adalah agar pemasangan menjadi lebih lurus.

3. Pasang sekrup

Supaya terpasang kuat, pasang sekrup di bagian tepi bawah nok. Tidak perlu ditambah silicone sealant pada nok karena atap terbuat dari bahan metal.

4. Pasang bubungan

Terakhir adalah memasang bubungan. Pasang bagian tersebut langsung di atas permukaan atap. Lalu, skrup mengenai atap serta reng. Pada proses ini dibutuhkan silicon sealant agar mencegah kebocoran.

Ketahui :

Itulah tadi langkah-langkah bagaimana cara pasang nok genteng metal secara mudah dan praktis. Apabila dirasa masih kesulitan, Anda bisa menggunakan jasa pemasangan supaya hasilnya jauh lebih maksimal meskipun dibutuhkan biaya tambahan. Anda tidak mau hunian kesayangan menjadi tidak nyaman hanya karena kesalahan pemasangan atap bukan?

judul gambar

Leave a Comment