Contoh Rumus Membuat Kuda-Kuda Baja Ringan Limasan

Rumus membuat kuda-kuda baja ringan wajib Anda ketahui saat mengerjakan  pekerja proyek pembangunan sebuah bangunan. Ini  merupakan satu komponen penting yang perlu Anda ketahui dalam proses pembuatan atap rumah dengan material baja ringan. Baja ringan sendiri telah populer dan banyak digunakan karena ketahanan korosinya yang baik serta bobot yang ringan.

Rumus Kuda Kuda Baja RinganPenerapan rumus kuda-kuda baja ringan limas, rumus kuda kuda baja ringan limasan, rumus kuda kuda baja ringan trapesium dan rumus kuda kuda baja ringan jurai sangat  berperan dalam tingkat kekokohan atap sehingga tidak mudah roboh.

Mempelajari rumus kuda-kuda baja ringan juga dapat menyelamatkan Anda dari ketidaktepatan dalam mengestimasikan jumlah baja ringan yang dibutuhkan. Cara mengetahui rumus kuda kuda baja ringan juga cukup mudah di mana sudah ada pakem tertentu yang digunakan. Ada juga contoh rumus kuda-kuda baja ringan yang mudah dipelajari.

Contoh Rumus Membuat Kuda-Kuda Baja Ringan Limas

Rumus membuat kuda-kuda baja ringan meliputi tiga hal penting. Ketinggian atap, kemiringan atap, dan overste.Ttiga komponen ini wajib diperhitungkan secara keseluruhan untuk menghitung kuda-kuda rumah. Konsep trigonometri yaitu cosinus dan tangen menjadi landasan dalam mengkalkulasikan ketiga hal tersebut. Berikut uraian penjelasan untuk setiap komponennya, yaitu:

  • Ketinggian atap

Rumus kuda-kuda baja ringan memperhitungkan komponen penting yang pertama yaitu ketinggian. Baja ringan memiliki sudut minimal kemiringan () 30 derajat, dengan  idealnya yaitu 25 hingga 30 derajat yang telah disepakati oleh ahli konstruksi. Untuk material atap seperti genteng beton dan keramik, sudut kemiringannya 30 hingga 35 derajat dan atap seng 15 hingga 25 derajat. Perhitungan ketinggian atap dapat dilakukan dengan rumus sebagai berikut.

  • Kemiringan atap

Rumus kuda-kuda baja ringan yang dikalkulasikan selanjutnya mencakup kemiringan atap. Kemiringan atap dinyatakan dalam panjang dengan satuan meter. Kalkulasi ini akan bermanfaat bagi Anda yang akan mengganti atap dengan jenis lain. Berikut rumusnya.

Baca Juga :

  • Overstek

Rumus kuda-kuda baja ringan juga mencakup overstek. Overstek merupakan bagian dari atap rumah yang menggantung di sisi atap. Struktur ini berperan sebagai pelindung bangunan dari hempasan air hujan yang dapat masuk melalui celah ujung penutup atap. Tinggi overstek bergantung pada kemiringan atau ketinggian atap sedangkan jaraknya sendiri berkisar antara 1 hingga 1,5 meter. Perhitungan panjang overstek miring dapat dilakukan dengan rumus sebagai berikut.

1. Contoh Perhitungan Rumus Membuat Kuda-kuda Baja Ringan

Rumus kuda-kuda baja ringan yang telah Anda pelajari sebelumnya lalu dapat Anda aplikasikan pada contoh perhitungan berikut. Misalkan Anda ingin membuat rumah tipe minimalis dengan panjang dan lebar (ring baloknya) berturut-turut 13 dan 9 meter. Kuda-kuda yang akan Anda gunakan yaitu baja ringan dengan genteng keramik. Overstek yang Anda perkirakan memiliki panjang 80cm.

judul gambar
  • Hitung ketinggian atap

Karena kuda-kuda yang digunakan baja ringan dengan genteng keramik, maka nilai θ yaitu 30 derajat.

Tinggi (height atau h)    =  x lebar bangunan x tan θ

                                       =  x 9m x tan 30

                                       = 2,6m

  • Hitung kemiringan atap

Kemiringan (slope atau s)  =  x lebar bangunan x cos θ

                                                =  x 9m x cos 30

                                                = 3,9m

  • Hitung overstek miring

Overstek miring (Os)   =

                                    = 80cm x cos 30

                                    = 69,3cm = 0,693m

Penjumlahan kemiringan atap (s) dan overstek miring (Os) merupakan kemiringan atap total, karena overstek miring ini merupakan nama lain dari lebihan atap. Sehingga, total kemiringan menjadi 4,593m.

2. Contoh Perhitungan dengan Rumus Kuda-kuda Baja Ringan Limasan

Rumus kuda-kuda baja ringan limasan pada dasarnya mirip dengan perhitungan tipe atap rumah lainnya. Misalkan Anda ingin membuat rumah tipe limasan dengan ukuran 6m x 12m dan sudut kemiringan atap 35 derajat serta overstek 1m.

  • Hitung ketinggian atap

h   =  x lebar bangunan x tan θ

     =  x 6m x tan 35

     = 2,1m

  • Hitung kemiringan atap

s    =  x lebar bangunan x cos θ

      =  x 6m x cos 35

      = 2,46m

  • Hitung overstek miring

Os  =

      = 1m x cos 35

      = 0,819m

Maka, total kemiringannya adalah 3,279m.

Penerapan Rumus Kuda Kuda Baja Ringan

Manfaat Penerapan Rumus Kuda Kuda Baja Ringan

Rumus kuda kuda baja ringan harus dikalkulasi dengan presisi tinggi dan penuh kehati-hatian. Sebab hal ini menyangkut keselamatan dari konstruksi atap rumah Anda. Selain perhitungan sebelum pengerjaan, eksekusi saat pengerjaan juga harus dilakukan dengan penuh ketelitian. Sebagai calon penghuni rumah, setidaknya Anda ikut andil dalam pengecekan kesesuaian antara hasil kalkulasi dengan eksekusinya untuk menghindari ketidaksesuaian dengan ekspektasi.

Baca Juga :

Contoh rumus kuda kuda baja ringan tersebut bisa diaplikasi pada saat ingin memasang bagian kuda-kuda pada sebuah bangunan. Berbagai rumus tersebut sangat penting karena bisa dijadikan untuk penetapan dan ketepatan pemasangan kuda-kuda pada atap sebuah bangunan.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text