Kelebihan & Kekurangan Genteng Metal Pasir Serta Harga Ukuran 80×80

Sebagai salah satu bahan bangunan cukup diminati, tentu saja ada berbagai kelebihan serta kekurangan genteng metal pasir. Bahan ini memang cukup sering digunakan karena selain harganya terjangkau, pemasangannya pun cenderung lebih praktis. Oleh karena itu, pada kali ini akan dibahas lengkap seputar apa saja kelebihannya beserta kelemahan agar bisa menjadi bahan pertimbangan nantinya.

kekurangan genteng metal pasir

Baca Dulu : Ukuran Genteng Kodok 

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal Pasir

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal Pasir

Sebelum masuk ke pembahasan, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu tentang bahan tersebut. Sesuai namanya, genteng metal pasir mempunyai lapisan berpasir pada bagian atasnya. Inilah salah satu yang membedakan dengan atap metal biasa. Bahan pembentuknya adalah zincalume, coraltex, baja galvalume az 100, dan juga zinc phospat. Roaltex inilah membuat bahan tersebut seperti berpasir.

1. Genteng metal yang tidak berisik

Kelebihan yang pertama adalah tidak berisik. Seperti kita ketahui, salah satu permasalahan kerap dirasakan adalah berisiknya atap saat musim hujan. Suara air ketika menghantam bagian atap akan menimbulkan suara bising. Inilah pembeda bahan metal pasir karena mampu meredam suara berisik tersebut. Dengan demikian, penghuni rumah pun akan tetap nyaman meskipun hujan deras melanda.

2. Antikarat

Biasanya atap metal dibuat dari beberapa bahan seperti aluminium dan seng. Pada jenis biasanya, hal tersebut kerap mengalami masalah berupa permukaannya berkarat apabila sudah terlalu lama. Namun, lain cerita pada bahan pasir karena telah dilengkapi lapisan anti karat. Setelah pemberian lapisan tersebut, kemudian atap baru dicat sehingga mampu bertahan dari pengikisan kimia.

3. Tak mudah terbakar

Sebagai tempat utama untuk tinggal dan beristirahat, sangat penting memikirkan keselamatan sampai memperhitungkan hal terburuk yang mungkin akan terjadi. Salah satu contohnya adalah bencana kebakaran. Apabila kejadian tersebut terjadi, bahan ini tidak mudah terbakar sehingga tidak akan menghantarkan api dan meminimalkan kerugian.

Selain tidak mudah terbakar, atap jenis ini juga mempunyai keunggulan dapat meredam sambaran petir. Oleh karena itu, penghuni tidak perlu khawatir ketika sedang hujan lebat disertai petir. Tentu saja hal tersebut harus didukung dengan berbagai upaya seperti tidak menyalakan televisi, handphone, maupun alat komunikasi lainnya.

4. Lebih ramah lingkungan

Di era modern seperti ini memang sedang gencar berbagai produk ramah lingkungan mengingat kondisi lingkungan semakin lama semakin memburuk. Begitu pula pada pemilihan jenis atap. Bahan ini dinilai lebih aman karena dibuat menggunakan material ramah lingkungan. Bahkan, sekarang mungkin jenis asbes sudah mulai ditinggalkan karena dinilai berbahaya bagi kesehatan.

5. Terdapat sistem kunci khusus

Salah satu keunggulan yang mungkin tidak terdapat pada jenis lain adalah perihal pemasangannya. Menggunakan sistem kunci khusus akan membuat genteng tidak mudah terbuka. Dengan demikian, ketika sedang kondisi angin kencang ataupun terinjak, posisi akan tetap terjaga dan tidak bergeser. Keamanan pun menjadi lebih terjamin, terutama ketika harus naik ke atas guna memasang sesuatu.

6. Terdapat banyak pilihan

genteng metal pasir terdapat banyak pilihan

judul gambar

Ketika sudah mantap menentukan pada genteng ini, maka jangan khawatir akan kehabisan pilihan desain. Nyatanya, ada banyak sekali pilihan baik dari segi ketebalan, warna, maupun ukurannya. Silakan sesuaikan hal-hal tersebut dengan kebutuhan atau keinginan. Pilih genteng sesuai warna rumah agar tampak lebih indah ketika dipandang dari kejauhan.

Baca Juga :

Kekurangan Genteng Metal Pasir

Kekurangan Genteng Metal Pasir

1. Warna mudah pudar

Salah satu hal yang cukup disayangkan adalah warnanya cenderung mudah pudar dan terkelupas. Oleh karena itu, ketika melakukan pemasangan memang harus ekstra hati-hati. Namun, semua itu tetap tergantung dari masing-masing merek beserta kualitasnya. Jadi, apabila ingin membelinya, pastikan membeli genteng metal pasir terbaik.

2. Rentan dengan tekanan

Meskipun mempunyai kunci khusus sehingga tidak mudah bergeser, ada juga bahaya genteng metal yang perlu diwaspadai. Hal tersebut adalah rentan terhadap tekanan. Pada umumnya bahan ini hanya mempunyai ketebalan sekitar 0.40 mm saja. Jadi, ketika diinjak terlalu keras, ada kemungkinan terjadi kerusakan dan membahayakan keselamatan.

3. Kurang mampu meredam panas

Walaupun dapat meredam bunyi ketika turun hujan deras, dari pengalaman memakai genteng metal pasir nyatanya bahan ini masih kurang baik ketika meredam panas. Kondisi ini dikarenakan terdapat beberapa kandungan seperti galvalume cukup tinggi. Kemampuan meredam panasnya hanya berkisar 60—70 persen saja. Jadi, ketika cuaca sedang terik, Anda perlu mengantisipasinya, baik menggunakan material tambahan ataupun memasang AC.

Harga Genteng Metal Pasir

harga genteng metal pasir

Untuk harga memang tergantung dari ukuran. Sebagai contoh, harga genteng metal pasir 80×80 adalah di kisaran Rp45.000,00 hingga Rp65.000,00 tergantung mereknya, apakah itu Sakura Roof, Multi Roof, atau Prima Roof.

Selain 80×80, ukuran genteng metal pasir juga beragam. Katakanlah adalah ukuran 77×80, 77×100, ataupun 38×80. Silakan sesuaikan hal tersebut dengan kebutuhan.

Ketahui :

Itulah tadi ulasan mengenai kelebihan beserta kekurangan genteng metal pasir yang perlu diketahui. Jika merasa cocok, silakan gunakan di rumah Anda agar mempunyai hunian jauh lebih nyaman.

judul gambar

Leave a Comment