Jarak Pemasangan Reng Baja Ringan Untuk Atap Genteng Metal

Berapa ukuran jarak pemasangan reng baja ringan untuk genteng metal? Berapa pula jarak usuk baja ringan untuk atap genteng? Saat ini kebanyakan perumahan para pemborongnya menggunakan genteng metal. Nah kali iki kami akan mengulas mengenai rangka atap baja ringan yang sudah banyak orang menggunakannya.


RWHome.web.id — Ketika dilakukan pembangunan gedung, penentuan jarak kuda kuda baja ringan perlu diperhatikan dengan baik saat menggarap struktur atap. Pasalnya penentuan jarak tersebut akan mempengaruhi kekokohan atap tersebut. Lantas berapa jarak reng baja ringan atap genteng metal yang tepat ? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

jarak reng baja ringan atap genteng metal

Menentukan Jarak Reng Baja Ringan Atap Genteng Metal

  1. Bobot Atap

Jarak reng baja ringan atap multiroof yang ideal ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu bobot atap itu sendiri. Yang mana bobot tersebut juga akan bergantung pada jenis genteng untuk baja ringan yang dipilih, karena tebal, lebar, dan bobot dari masing masing jenis bisa bervariasi, terutama untuk genteng yang bisa ditopang oleh baja ringan.

Di samping itu, beberapa tukang bangunan biasanya akan mempertimbangkan adanya beban air hujan. Karena di musim penghujan, bobot atap atau bobot genteng ini bisa berubah lantaran ditambah dengan air hujan dan terpaannya. Sehingga hal tersebut perlu diperhitungkan pula untuk mencegah ambruknya bangunan di kemudian hari.

  1. Ketebalan Baja Ringan

Selain bobot atap, jarak reng baja ringan atap genteng metal juga dipengaruhi oleh ketebalan baja ringan itu sendiri. Dimana konstruksi atap menggunakan baja ringan sendiri biasanya mempunyai ukuran ketebalan yaitu antara 0,75 mm hingga 1,00 mm, dengan reng setebal 0,40 mm sampai 0,60 mm.

 jarak reng baja ringan atap multiroof

Jarak pemasangan reng baja ringan untuk genteng metal ditentukan oleh tebal ukuran rengnya sendiri. Semakin tebal ukuran reng yang digunakan, maka jarak kuda kudanya pun biasanya bisa dibuat lebih renggang dari ukuran standar. Sehingga ketebalan rengnya ini tidak boleh dikesampingkan.

  1. Letak Geografis Bangunan

Tekanan angin di daerah tertentu bisa berbeda dengan wilayah lainnya. Dengan kata lain, bobot atau beban yang harus diterima oleh atap baja ringan pun akan semakin meningkat ketika diterpa angin kencang. Oleh sebab itu, letak geografis suatu bangunan juga harus diperhatikan dalam pembangunan gedung.

Sebagai contoh, anda membangun rumah di daerah pegunungan atau pesisir pantai. Maka jarak reng baja ringan atap genteng metal akan dibuat lebih dekat dari standar. Karena kedua daerah ini mempunyai tekanan angin yang lebih besar. Reng yang lebih dekat akan menjaga kondisi atap rumah tetap kokoh dan aman meski angin kuat menerjang.

  1. Luas Bangunan

Faktor selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu luas bangunan. Selain menentukan ukuran genteng metal yang digunakan, luas bangunan juga akan mempengaruhi berapa jarak kuda kuda atap rumah yang hendak dipasang. Tentunya kuda kudanya dipasang sesuai standar, karena nantinya rangka akan menahan beban dari penutup atap, curah hujan, maupun tekanan angin yang kuat.

Baca Dulu: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Alderon

judul gambar

Jarak Reng Baja Ringan Atap Genteng

jarak pemasangan reng baja ringan untuk genteng metal
Jarak pemasangan reng baja ringan untuk genteng metal

Jarak usuk baja ringan atap genteng dipasang antara 40 sampai dengan 50 cm antara satu dengan lainnya, pada arah tegak lurus gording. Dimana usuk akan terhubung dengan gording menggunakan paku. Namun pada kondisi tertentu, usuk ini harus dibor terlebih dahulu sebelum dipaku. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya pecah pada bagian ujung usuk.

Untuk penggunaan genteng metal yang memiliki kemiringan 15 sampai 30 derajat sendiri, jarak reng baja ringan atap genteng metal adalah 600 mm, dengan maksimal kuda kuda antara 1,6 m sampai 1,8 m. Namun jika kemiringannya antara 10 sampai 30 derajat, maka jarak reng bisa mencapai 900 mm.

Artikel Terkait:

Macam Genteng Untuk Baja Ringan

1. Genteng Metal Pasir

Salah satu genteng yang dapat digunakan untuk atap baja ringan adalah genteng metal pasir. Jenis genteng ini berbahan dasar baja galvalum dengan lapisan yang berpasir dan memiliki komponen zinc dan aluminium.

2. Genteng Keramik

Sesuai namanya, genteng ini terbuat dari keramik yang diakhiri dengan proses pewarnaan. kelebihan dari genteng ini selain memiliki banyak varian warna juga lebih tahan lama dengan kualitas yang cukup terjamin.

3. Genteng Beton

Genteng ini merupakan genteng yang cukup berat, karena berbahan dasar beton. Selain itu teksurnya lebih kasar dan mudah ditumbuhi lumut. Namun, genteng ini tidak akan mudah goyah ketika angin menerpa.

4. Genteng Polycarbonate

Genteng jenis ini merupakan genteng yang berbentuk datar dan memiliki banyak warna yang bervariasi.

5. Genteng Tanah Liat

Genteng ini memang masih dibuat secara tradisional, namun genteng ini memiliki banyak kelebihan, yaitu harga yang ramah, kuat, tidak panas, tidak menimbulkan bising dan awet.

6. Atap Asbes

Atap asbes Atap asbes berbentuk lembaran dan bergelombang kecil. Atap asbes terbuat dari semen atau fiber. Atap ini mampu memantulkan sinar matahari. Pemakaian atap asbes banyak dijumpai untuk penutup garasi, carport atau bahkan untuk tempat tinggal.

Ukuran Genteng Baja Ringan

1. Genteng Metal Pasir

 Ukuran genteng metal pasir ini adalah :

  • Ukuran standar : panjang : 77 cm, lebar :80 cm, berat : 2,5 kg, ketebalan :0,2 mm – 0,4 mm.
  • Genteng multiroof 2 x 4 ( 8 daun ). Sudut kemiringan genteng ini 12 derajat-90 derajat, dengan ukuran reng : 30 mm x 40 mm. Untuk ukuran kaso panjang 50 mm, lebar 70 mm, jarak reng 385 mm dan jarak kaso 500 mm.

2. Genteng Keramik

Ukuran genteng keramik  standar dengan panjang 31 cm dan lebar 32 cm dengan berat sekitar 3,5 kg. cocok untuk bangunan dengan kemiringan atap minimal 30 derajat.

3. Genteng Beton

Ukuran genteng beton : p ; 33 cm, l : 42 cm, berat 4,4 kg, beban kuat tekan 150 kgf.

4. Genteng Polycarbonate

Ukuran dari genteng polycarbonate ini  standar yaitu 2,1 m x 11,8 m, dengan ketebalan 4 mm – 10 mm.

5. Genteng Tanah Liat

Untuk ukuran genteng tanah liat yaitu : rata-rata panjang : 33 cm, lebar 23,5 cm dengan berat kurang lebih 2, 1 kg, untuk 1 meter isinya 20 biji.

6. Atap Asbes

Untuk ukuran atap asbes dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Ukuran Genteng Asbes

Baca Juga :

Itulah ketentuan jarak reng baja ringan atap genteng. Perhitungan dan pertimbangan yang tepat sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhannya, bisa membantu memaksimalkan waktu penggunaan dari baja ringan itu sendiri. Dengan begitu, maka atap gedung akan mempunyai kondisi yang kokoh dalam jangka yang panjang.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text