Cara Menghitung Kebutuhan Atap Alderon Per Lembar Sesuai Ukuran

Desain rumah impian dengan hunian yang nyaman dan menarik, merupakan impian setiap orang yang ingin membuat rumah. Salah satu komponen utama penyusun rumah adalah adanya atap pada rumah. Saat ini, atap jenis alderon menjadi salah satu pilihan teratas untuk menjadikan rumah lebih menarik. Selain itu, atap jenis ini juga dipercaya mempunyai kemampuan menangkal terik panas dan peredam suara yang bagus. Bagi anda yang tertarik utuk menggunakannya, anda harus menghitung kebutuhan atap alderon pada rumah anda.

Macam-macam Ukuran Atap Alderon

cara menghitung kebutuhan atap alderon

Sebelum anda melakukan pembelian yang telah disesuaikan dengan ukuran luas rumah anda. Perlu kiranya anda ketahui terlebih dahulu ukuran satuan dari atap alderon. Adanya beberapa jenis dalam alderon berikut akan kami bahas alderon jenis RS, alderon jenis Twinwall dan jenis lite.

1. Alderon jenis RS

Jenis alderon ini memiliki ketahanan yang cukup bagus. Meskipun begitu, Alderon RS memiliki berat yang cukup ringan dan tidak tembus cahaya. Untuk harganya sendiri, cukup terjangkau dengan kualitas yang cukup baik. Ukurannya cukup bervariasi:

  1. Trimdeck: memiliki tebal; 1,20 – 1,45 mm; lebar 830 mm; tinggi 29 mm; berat 2,1 – 2,6 kg/Lm dan varian panjang 1,8 – 6 m.
  2. Greca: memiliki tebal; 1,20 – 1,45 mm; lebar 760 mm; tinggi 17 mm; berat 2 – 2,4 kg/Lm dan varian panjang 1,8 – 6 m.
  3. Roma: memiliki tebal; 1,20 – 1,45 mm; lebar 860 mm; tinggi 17 mm; berat 2,1 – 2,53 kg/Lm dan varian panjang 1,8 – 6 m.

2. Alderon jenis Twinwall

Twinwall memiliki keunggulan tersendiri dibanding jenis alderon lainnya, yaitu daya tarik pada warnanya yang translucent, tekstur mudah untuk di bentuk, ecofriendly, dan kokoh. Berikut varian alderon twinwall:

  1. Alderon ID 860: tebal 10 mm; lebar 924 mm; tinggi 40 mm; berat 4,6 kg/Lm.
  2. Alderon 830: tebal 10 mm; lebar 885 mm; tinggi 40 mm; berat 4,8 (kg/Lm).

3. Alderon jenis Lite

Produk alderon lite adalah produk yang memiliki keunggulan bentuknya yang mudah untuk diubah dan ramah dikantong konsumen. Hanya ada satu jenis alderon lite dengan spesifikasi produk tebal 6mm; lebar 748 mm; tinggi 45 mm; berat 3,4 kg/Lm

Cara Menghitung Kebutuhan Atap Alderon

cara menghitung kebutuhan atap alderon

Setelah anda menentukan jenis alderon yang akan anda gunakan. Langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan alderon yang anda perlukan. Ada beberapa cara untuk mengetahuinya.

Rumus Menghitung Kebutuhan Alderon

Rumus ini digunakan dengan menggunakan jenis alderon yang akan digunakan. Karena dalam penghitungannya melihat ukuran per lembar dari alderon yang digunakan. Berikut rumus lebih jelasnya:

  • Kebutuhan per lembar: lebar kebutuhan alderon : lebar efektif
  • Kebutuhan total (meter lari): panjang lembaran x jumlah lembaran
  • Total biaya: meter lari x harga/ meter lari

Kalkulator Alderon

judul gambar

Jika anda menginginkan cara tercepat dan termudah, maka dapat anda hitung dengan menggunakan kalkulator. Dalam kalkulator tersebut anda perlu memasukkan data; tipe atap, luas, warna dan luas untuk menghitung kebutuhan alderon.

Kalkulator ini, bisa anda akses secara online dengan menggunakan browser. Ikuti langkah – langkah pada browser tersebut, dan dapatkan hasilnya.

Cara Pemasangan Atap Alderon

Setelah anda menyiapkan semuanya, tahap selanjutnya adalah pemasangan atap alderon. Hal – hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Menyiapkan peralatan seperti; gerindra, bor, meteran, obeng dan peralatan tukang lainnya.
  • Saat pemasangan, perhatikan petunjuk pada atap alderon. Dimana terdapat tulisan ‘This Side Up” pada bagian atasnya.
  • Jangan salah pilih dalam memilih sekrup. Biasanya, untuk pemasangn alderon menggunakan sekrup ‘Weather seal’.
  • Sudut kemiringan, minimum dipasang pada kemiringan 10 derajat. Hal ini, bertujuan agar air dapat mengalir dengan baik saat musim hujan tiba.
  • Jika anda memiliki bentuk atap yang landai, maka gunakan sambungan dengan sisi panjang berjarak 200mm. Namun sebaliknya, jika curam gunakan 150 mm.
  • Kisaran maksimum jarak overhang berkisar 100 mm
  • Sedangkan jarak untuk purlin, maksimum kisaran berjarak 1200 mm.

Contoh atap alderon

Berikut ini adalah beberapa contoh atap alderon.

contoh atap alderon

 

contoh atap alderon

 

ukuran atap alderon per lembar

 

ukuran atap alderon per lembar

Itu tadi penjelasan cara menghitung kebutuhan atap alderon. Jika anda merasa kesulitan dalam menghitung ataupun pemasangan. Segera konsultasikan dengan penjual alderon langsung. Semoga bermanfaat.

judul gambar

Leave a Comment