Cara Menghitung RAB Instalasi Listrik Per Titik & Harga Borongan

Cara menghitung RAB instalasi listrik sebaiknya perlu anda perhatikan agar tidak bingung dalam menentukan kebutuhan biaya untuk pemasangan listrik di rumah. Apalagi banyak kasus penipuan terkait dengan pemasangan instalasi listrik yang terjadi, meskipun penyedia jasa pemasangan listrik sebenarnya sudah tersedia secara resmi melalui PLN. Maka dari itu, yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

cara menghitung rab instalasi listrik

Cara Menghitung RAB Kebutuhan Instalasi Listrik

  1. Menentukan Ukuran

Untuk menghitung RAB kebutuhan instalasi listrik, maka terlebih dahulu anda perlu mengetahui ukuran rumah serta ruangan yang ada di dalamnya. Sebab ukuran rumah serta ruangan ruangannya ini akan menentukan terkait kebutuhan instalasi listrik di hunian anda. Supaya lebih mudah, anda bisa membuat gambar denah rumah secara sederhana.

  1. Sesuaikan Instalasi Listrik dengan Kebutuhan

Selanjutnya, anda perlu menyesuaikan instalasi listrik dengan kebutuhan. Misalnya berapa jumlah lampu yang dibutuhkan dalam suatu ruangan. Sebab masing masing ruangan sendiri tentunya akan membutuhkan tingkat pencahayaan yang berbeda. Dimana untuk menentukan jumlah lampu pada suatu ruangan sendiri sebenarnya sangat sederhana.

Anda bisa menggunakan rumus 5 watt / m2 luas ruangan. Sebagai contoh ruangan kamar tidur anda mempunyai luas sebesar 9m2 atau berukuran 3m x 3m. Itu berarti lampu yang dibutuhkan untuk satu kamar tidur yaitu 9 x 5 = 45 watt. Dalam hal ini, anda bisa memasang 2 buah lampu 20 watt atau 1 buah lampu 40 watt.

Selain lampu, kebutuhan mengenai fitting lampu, saklar, dan stop kontak juga tidak boleh dilewatkan dalam cara menghitung RAB instalasi listrik. Namun apabila anda memasang jenis lampu TL, maka fitting atau gantungan lampu ini tidak diperlukan. Sementara saklar dan stop kontak bisa disesuaikan dengan jumlah lampu yang akan digunakan.

Baca Juga: Cara Menghitung Borongan Konstruksi Baja

  1. Menghitung Kebutuhan Bahan

Apabila ukuran sudah diperoleh, anda bisa mulai menghitung kebutuhan bahan. Sebagai contoh instalasi lampu dibutuhkan 5 titik, yang mana per titiknya memiliki harga Rp. 331.800 maka total biaya instalasi lampu yaitu Rp. 1.659.000. Kemudian untuk stop kontak membutuhkan 3 titik seharga Rp. 202.000 per titiknya, sehingga total menjadi Rp. 608.000.

Untuk spesifikasi materialnya, misalnya anda bisa menggunakan kabel supreme 3×2.5 NYM, saklar stop kontak panasonic, lampu downlight philips, conduit clipsal, T doos clipsal, dan isolasi 3m. Anda bisa menggambarkan diagram instalasi listrik secara sederhana untuk memudahkan. Sehingga cara menghitung per titik instalasi listrik mendapatkan harga wajar yang tidak asal nembak harga saja.

Ketahui: Jarak Rangka Plafon Kayu

judul gambar

Harga Borongan Instalasi Listrik Per Titik

Disini, admin mau berbagi karena pernah melakukan pemasangan instalasi listrik untuk rumah baru kami. Harga borongan instalasi listrik baru 900 VA tersebut adalah:

  • 12 titik lampu
  • 8 titik Stop kontak
  • Meteran Listrik Pulsa tanpa Box

Biaya Rp.2.000.000 – Rp.2.500.000.

Ini yang pernah Admin RWHome bayar kepada jasa pemasang listrik. Kebetulan bapak pemasang instalasi listrik ini adalah tetangga desa dulu. dan sudah langganan sejak memasang rumah ortu dulu, sekitar tahun 1987.

Baca Dulu: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Alderon

Biaya Pasang Baru PLN

Jika anda berencana untuk memasang listrik rumahan PLN, cara menghitung RAB instalasi listrik tidak boleh melewatkan biaya pasang baru PLN. Dimana saat ini biaya instalasi listrik terbanyak adalah mengerucut pada kapasitas 900 VA dan 1.300 VA. Dengan produk layanan meliputi sistem prabayar dan pascabayar. Adapun biaya pasang baru PLN terbaru untuk sistem prabayar yaitu sebagai berikut.

  1. Biaya pasang baru untuk daya 450 VA : Rp. 230.000.
  2. Biaya pasang baru untuk daya 900 VA : Rp. 863.000.
  3. Biaya pasang baru untuk daya 1.300 VA : Rp. 1.238.000.
  4. Biaya pasang baru untuk daya 2.200 VA : Rp. 2.082.000.
  5. Biaya pasang baru untuk daya 3.500 VA : Rp. 3.411.500.

Sementara untuk biaya pasang baru listrik PLN untuk sistem pascabayar adalah sebagai berikut.

  1. Pasang baru daya 450 VA : Rp. 242.900.
  2. Pasang baru daya 900 VA : Rp. 1.390.900.
  3. Pasang baru daya 2.200 VA : Rp. 2.372.200.
  4. Pasang baru daya 3.500 VA : Rp. 3.941.000.

Baca Juga: Jarak Reng Baja Ringan Atap Galvalum

Catatan yang Harus Diperhatikan pada Instalasi Listrik

Selain harga borongan instalasi listrik per titik, terdapat beberapa catatan yang perlu anda perhatikan dalam cara menghitung RAB instalasi listrik ini. Yang mana jumlah titik pada instalasi listrik tersebut berarti jumlah lampu dan stop kontak yang akan dipasang pada suatu instalasi.

Sebagai contoh untuk instalasi listrik rumah yang akan dipasang adalah 9 buah lampu dan 5 stop kontak, maka itu berarti totalnya yaitu 14 titik. Jadi sekarang anda bisa menghitung secara mandiri apa saja yang dibutuhkan. Kemudian jangan lupa lengkapi instalasi listrik di rumah dengan anti kontak ELCB atau pengaman kebocoran listrik.

Baca Juga:

Pekerjaan instalasi listrik ini tentunya tidak bisa dilakukan seorang diri, karena harus ditangani oleh teknisi ahli dan kompeten supaya aman. Tapi anda perlu setidaknya menghitung RAB instalasi listrik secara mandiri, agar tidak ada pengeluaran dadakan di tengah tengah pemasangan.

judul gambar

Leave a Comment