Cara Menghitung Harga Borongan Konstruksi Baja Per M2

Cara menghitung borongan konstruksi baja pastinya sudah dikuasai oleh mereka yang berkecimpung didunia properti. Mengetahui bagaimana menghitung harga borongan kontruksi baja per m2 pastinya menjadi santapan sehari-hari. Harga konstruksi baja per m2 pun selalu mengalami pergerakan dinamis.


cara menghitung borongan konstruksi baja

Topik seputar langkah tepat menghitung borongan konstruksi baja sangat penting, terutama bagi anda yang punya rencana untuk membangun rumah. Namun sayangnya, informasi semacam itu tidak terlalu mudah untuk ditemukan. Menjawab kebutuhan tersebut, yuk simak cara menghitung borongan konstruksi baja dan harga konstruksinya bersama sama.

Cara Menghitung Borongan Konstruksi Baja Per M2

  1. Borongan Upah Pekerja Konstruksi WF

Jika dilihat dari karakter bahannya, bangunan yang terbuat dari material terbagi menjadi 3 bagian. Salah satu diantara mereka adalah borongan upah pekerja konstruksi WF. Komponen penyusun biaya tersebut terdiri dari 3 unsur yaitu biaya pabrikasi, biaya cat dasar, dan biaya erection. Komponen hitungnya dalam kg, jika dikonversi adalah ke satuan luas adalah Rp 450.000/m2.

Komponen biaya pabrikasi pekerja adalah Rp 1.250/hari, tukang baja Rp 600/hari, kepala tukang Rp 175/hari, kawat las Rp 500/kg, solar Rp 125/liter, oksigen atau LPG Rp 575/Ls, alat kerja fabrikasi Rp 161,25, dan overhead Rp 101,59. Sehingga jika di total, biayanya adalah Rp 3.487,84/kg. Anda bisa mengkonversikannya ke meter sesuai dengan berat tersebut.

Sedangkan untuk biaya cat dasar, rinciannya terdiri dari upah pekerja, tukang cat, kepala tukang, dan kuas. Adapun biayanya secara berurutan adalah Rp.375, Rp.300, Rp.125, dan Rp.37,50. Jika di total, maka hasilnya adalah Rp 887,50/kg. Lantas untuk biaya erection adalah Rp 1.1260,78/kg. Apabila dijumlahkan, maka besarnya nominal yang harus ditanggung adalah Rp 5.536,11/kg.

Ketahui: Jarak Rangka Plafon Kayu

  1. Borongan Upah Kuda Kuda Cremona

Cara menghitung borongan konstruksi baja dengan sistem upah kuda kuda cremona memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih besar, dibandingkan dengan baja WF ataupun H-beam. Hal tersebut terjadi karena kuda kuda cremona memiliki banyak sambungan baut. Artinya, pak tukang harus membuat lubang baut di setiap rangka baja dan membutuhkan lebih banyak waktu.

singkatnya, biaya borongan upah kuda kuda cremona jauh lebih mahal dibandingkan dengan WF. Namun komponen dalam cara menghitung harga borongan konstruksi baja masih sama dengan WF. Hanya saja anda bisa menaikkan komponen biaya alat kerja fabrikasi dan erection. Besarnya tergantung dari kesepakatan anda dan pekerja saat perundingan awal sebelum proyek berjalan.

  1. Borongan Upah Pekerja Rangka Pipa

Cara menghitung borongan konstruksi baja dengan rangka pipa adalah yang paling mahal, karena pilihan sambungannya hanya bisa dilakukan dengan pengelasan. Belum lagi anda perlu mesin rol pipa untuk konstruksi yang melengkung. Harga Borongan Konstruksi Baja Per M2 sama sama harus dihitung dari satuan Kg, hanya saja naikkan biaya sama seperti kuda kuda cremona.

judul gambar

Baca Dulu: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Alderon

Harga Konstruksi Baja Per M2 2021 – 2022

Cara menghitung borongan konstruksi baja yang sudah dijelaskan tadi, selalu sama setiap tahunnya, termasuk di 2021. Namun untuk info lebih dalam seputar harga konstruksi baja per M2 2021, jauh lebih baik jika anda bertanya langsung pada penyedia jasa. Mereka bisa memberikan perhitungan yang mendetail dan tepat.

Baca: Cara Hitung Kebutuhan Genteng Metal Pasir

Intinya semakin luas baja yang dibangun, maka biayanya akan semakin besar. Alasannya karena biaya per Kg nya ikut terpengaruh. Jumlah pekerja juga harus dipertimbangkan, karena semakin banyak orang maka budget nya akan semakin tinggi. Komponen pendukung semacam itu wajib diperhatikan, agar dana yang disiapkan benar benar matang.

Cara menghitung borongan konstruksi baja bukan hal yang sepele. Kesalahan perhitungan di awal bisa menyebabkan pembangunan menjadi bermasalah. Takutnya budget yang dimiliki tidak cukup dan tidak mengcover semuanya. Apabila tidak ditangani, besar kemungkinan jika pembangunan bisa terbengkalai atau tidak dilanjutkan kembali.

Baca Juga: Jarak Reng Baja Ringan Atap Galvalum

Harga Konstruksi Baja Rumah 2 Lantai

Cara menghitung borongan konstruksi baja juga tidak bisa disepelekan, terutama bagi anda yang berencana membangun rumah dua lantai. Harga konstruksi baja rumah 2 lantai tentu akan berbeda dengan biaya pembangunan rumah satu lantai. Kendati demikian, komponenny masih sama dengan harga tonase pekerjaan WF diatas 100 kg.

  1. Ongkos tenaga kerja per Kg nya Rp 8.000
  2. Ongkos tenaga kerja alat per Kg Rp 10.000
  3. Ongkos tenaga dengan alat dan bahan per Kg Rp 30.000
  4. Ongkos bahan pasang seng atap per meter Rp 110.000

Namun jika anda menggunakan jasa pasang konstruksi rangka baja sendiri atau yang tanpa pondasi, maka budget nya perlu ditambah. Biaya dengan sistem tersebut adalah sekitar 450.000/m2. Biaya tepatnya tergantung dari spesifikasi yang digunakan, yaitu WF atau H-beam. Tidak dapat dipungkiri jika cara menghitung borongan konstruksi baja dipengaruhi oleh bahan.

Baca Juga:

Demikianlah sekilas penjelasan terkait dengan cara menghitung upah konstruksi baja yang perlu dikulik lebih dalam. Memang sulit untuk memahami masalah perhitungan ini, jika anda cukup awam dengan dunia bangunan. Daripada keliru, tidak ada salahnya untuk minta bantuan penyedia jasa konstruksi. Dengan begitu, kesalahan yang muncul bisa diminimalisir.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text