Cara Menghitung Volume & Kebutuhan Kusen Pintu Aluminium

Kusen biasanya bisa anda temukan pada pintu dan jendela sebagai penghubung antara daun pintu atau jendela dengan dinding rumah. Dalam hal ini, kusen aluminium adalah salah satu bahan yang banyak digunakan oleh masyarakat, menggantikan kusen kayu yang dirasa semakin mahal. Bagaimana cara menghitung kusen aluminium per meternya untuk kebutuhan pintu dan jendela ?

Material Pemasangan Kusen Aluminium

Sebelum melihat contoh cara menghitung volume kusen aluminium secara langsung, perlu diketahui bahwa bahan atau material kusen aluminium sendiri terdiri atas beberapa bahan bangunan. Dimana anda bisa membeli beberapa bahan tersebut secara langsung di toko bangunan terdekat dari rumah.

cara menghitung kusen aluminium

Materialnya sendiri sebenarnya tergantung jenis aluminium serta desain kusen yang ingin anda aplikasikan pada pintu dan jendela di rumah. Misalnya untuk pekerjaan pemasangan kusen aluminium warna 4, maka daftar materialnya adalah aluminium profil warna 4, sealant, dan skrup fixer.

Sebagai catatan, biasanya aluminium warna diganti dengan aluminium natural dalam beberapa kasus. Jadi cara menghitung kebutuhan kusen aluminium bisa anda sesuaikan kembali pada bagian analisa harganya. Sebab harga aluminium warna umumnya sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan aluminium natural.

Baca Dulu: Cara  Menghitung Harga Furniture HPL

Cara Menghitung Volume & Kebutuhan Kusen Pintu Aluminium

1. Contoh Kasus

Agar lebih mudah memahami cara menghitung kusen aluminium, anda bisa langsung melihat contoh kasusnya. Jadi, pak Candra sedang membuat jendela dan pintu untuk sebuah bangunan dengan menggunakan kusen aluminium. Dimana lebar keseluruhannya adalah 301 cm dan tingginya yaitu 260 cm. Di sini, maka pak Candra harus mencari berapa jumlah kusen aluminium yang dibutuhkan.

cara menghitung volume kusen pintu aluminium
Cara menghitung volume kusen pintu aluminium

2. Perhitungan Kusen Aluminium

Cara menghitung volume kusen pintu dan jendela aluminium yaitu kusen aluminium tiang = 2.60 m x 4 batang, sehingga sama dengan 10.4 ml (meter lari). Lalu untuk kusen aluminium ambang = 3.01 m x 2 batang, sehingga sama dengan 6.02 ml. Kusen aluminium ambang = 1.055 m x 2 batang = 2.1 ml dan total volume kusen aluminiumnya adalah 18.52ml.

3. Perhitungan Kaca

Penggunaan kaca bisa anda hitungan dengan menggunakan perkalian antara tinggi dan lebar dari kusen pintu dan jendela. Caranya yaitu volume kaca = 3.01 m x 2.6 m2, sehingga ditemukan hasil 7.083 meter persegi untuk perhitungan total volume kaca yang dibutuhkan dalam hal ini.

judul gambar

Baca: Cara Hitung Kebutuhan Genteng Metal Pasir

Ongkos Pengerjaan Kusen Aluminium

Selain cara menghitung kusen aluminium per meter, ongkos pengerjaan pemasangan kusen aluminium ini juga perlu dicatat dan dimasukkan dalam perhitungan biaya RAB bangunan. Terlebih dalam membuat kusen umumnya tidak hanya satu jenis tukang saja yang bekerja. Ada beberapa tukang seperti pekerja, tukang aluminium, kepala tukang, dan mandor yang terlibat di dalamnya.

Mungkin untuk komponen mandor serta kepala tukang boleh saja dihilangkan apabila pembangunan dilakukan dalam skala kecil. Pada kondisi seperti itu, kepala tukang dan pekerja bahkan bisa langsung digantikan oleh tukang aluminium saja. Namun untuk pembangunan berskala besar, sepertinya semua posisi dibutuhkan tanpa bisa dihilangkan untuk hasil lebih cepat dan optimal.

Ketahui: Jarak Rangka Plafon Kayu

Cara Menghitung Volume Pekerjaan Pemasangan Kusen Aluminium

cara menghitung volume kusen jendela aluminium

Cara menghitung volume kusen pintu aluminium dalam RAB dihitung berdasarkan panjang dari aluminium yang akan dikerjakan. Cara mudahnya yaitu dengan mencari keliling kusen, sehingga diperoleh volume pekerjaan kusen = keliling kusen dan volume pekerjaan kusen = jumlah semua sisi.

Baca Dulu: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Alderon

Untuk rumus mengetahui kebutuhan biaya kusen setelah cara menghitung volume kusen jendela aluminium, cukup dengan menjumlahkan komponen biaya bahan dengan ongkos tukang. Dimana komponen biaya bahan tersebut perlu dikalikan dengan estimasi harga di pasaran. Sementara komponen ongkos tukang akan dikalikan dengan estimasi harga tukang.

Dalam cara menghitung kusen aluminium untuk pembuatan RAB, jangan lupa untuk menyisakan dana kurang lebih 5 persen dari harga perhitungan anda. Tujuannya adalah untuk berjaga jaga apabila standar harga bahan yang digunakan naik. Sehingga anda masih memiliki budget untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu menggelontorkan dana tambahan.

Baca:

Demikian ulasan mengenai cara menghitung kebutuhan dan biaya pemasangan kusen aluminium. Melihat dari caranya, bukan terlihat sedikit rumit apabila anda masih awam dan ingin mencoba melakukan pemasangan seorang diri. Jadi ada baiknya apabila anda langsung menggunakan jasa atau vendor pemasangan kusen aluminium apabila tidak ingin repot.

judul gambar

Leave a Comment