Ukuran Jarak Rangka Plafon Kayu Atap Kalsiboard (Cara Menghitung & Membuat)

Berapa ukuran jarak rangka plafon kayu untuk atap kalsiboard? Bagaimana cara menghitung dan membuat rangka plafon kayu tersebut? Ukuran jarak rangka kayu ini bisa bermacam – macam. Bisa tergantung dengan ukuran penutup plafonnya. Misal eternit ukuran 100 cm x 100 cm. Bisa berbeda dengan rangka yang akan dipasang kalsirata atau gypsum yang memiliki lembaran dengan ukuran yang lebih panjang dan lebar. Simak ulasan rwhome.web.id berikut ini!


jarak rangka plafon kayu

Sebelumnya kita juga sudah membahas tentang ukuran jarak rangka plafon PVC dan gypsum. Anda bisa membacanya kembali. Bagaimana dengan rangka plafon kayu?

Ukuran jarak rangka plafon kayu

Jarak rangka kayu bila menggunakan plafon eternity adalah 100 cm. Karena disini ukuran panjang dan lebar 1 lembar eternit adalah 100 cm x 100 cm.

cara membuat rangka plafon dari kayu

Untuk jarak rangka kayu plafon GRC atau gypsum board memiliki jarak standar 60 cm. Namun ada pula yang memakai jarak 60 cm x 80 cm. Yang artinya disatu sisi, jarak antar kayu sebesar 60 cm dan sisi lainnya berjarak 80 cm.

Untuk atap kalsiboard atau kalsirata ukuran 120 cm x 240 cm, maka bisa menggunakan jarak rangka kayu 60 cm x 60 cm. Ini sesuai dengan dimensi lebar kalsiboard yang memiliki lebar 120 cm (jarak rangka  kayu 60 cm + 60 cm = 120 cm).

Untuk model plafon gantungan, jarak rangka yang ideal bisa 80 cm, 100 cm atau 120 cm. Agar lebih kuat bisa pakai jarak 80 cm.

Kelebihan rangka plafon kayu

  • Lebih aman saat pemasangan karena ujung kayu tidak tajam
  • Tidak bakal berkarat
  • Bisa betahan sampai 20 tahun apabila memakai kayu kelas 1
  • Perbaikan hanya di sisi yang rusak saja
  • Tidak menghatarkan arus listrik sehingga aman dari kesetrum
  • Tampilan lebih natural

Kekurangan rangka plafon kayu

  • Bisa lapuk karena rayap, terlebih menggunakan kayu berkualitas rendah
  • Bentuk kayu tidak seragam
  • Harga kayu bisa mahal jika menggunakan kelas 1
  • Pemasangan bisa cukup lama
  • Perlu dicat dengan pelapis anti rayap jika ingin awet

Cara membuat rangka plafon dari kayu

ukuran jarak rangka plafon kayu
Ukuran jarak rangka plafon kayu

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kayu kaso dengan ukuran 4/6 serta 5/7
  • Kayu galar dengan ukuran 6/12
  • Petutup plafon atap (bisa gypsum / kalsirata)
  • Paku
  • Waterpass
  • Meteran

Langkah-langkah membuat rangka plafon dari kayu:

1. Melakukan pengukuran, baik ketinggian, sudut elevasi dan ukuran ruang yang mau dibuat rangka plafond, bisa memakai meteran dan waterpass.

2. Pemasangan pertama bisa memasang rangka penggantung plafon. Untuk kayunya menggunakan kayu kaso ukuran 5/7.

3. Tes kekuatan penggantung, ini penting dan waib dilakukan agar nantinya pekerjaan tidak sia-sia.

judul gambar

4. Membuat marking batas atas pada plafon yang akan dibuat.

5. Bisa dilanjutkan dengan memasang rangka plafon.Jika menggunakan gypsum board atau GRC atau kalsiboard bisa memakai ukuran 60 cm untuk jarak standarnya.

6. Sampai disini rangka plafon kayu sudah selesai, bisa Anda lanjut dengan memasang penutup plafon.

Dalam memasang plafon rumah ini, jika Anda tidak memiliki keterampilan, kami sarankan menggunakan jasa pemasangan plafon atau tukang bangunan saja. Karena jika tidak berpengalaman maka malah akan kerja dua kali atau gagal dalam pengerjaannya. Menggunakan tukang jasa bangunan tentunya akan lebih mantap dan tidak kawatir plafon akan rusak atau roboh. Ingat, rumah kan dibuat untuk berteduh dan memberikan rasa nyaman dan aman.

Baca Juga: Contoh Gambar Rangka Plafon Drop Ceiling Beserta Ukuran

Rekomendasi atap plafon dari kami

Mungkin Anda bertanya-tanya, untuk biaya yang terbatas namun menginginkan plafon yang kuat dan terlihat menarik sebaiknya menggunakan plafon apa ya?

Dari pengalaman penulis sendiri, menggunakan rangka kayu dengan atap plafon kalsirata /  kalsiboard sudah sangat baik. Menurut tukang yang sudah berpengalaman, kalsirata terbilang sudah cukup kuat dan lebih tahan terhadap percikan air atau rembesan air.

jarak rangka kayu bila menggunakan plafon eternity adalah

Ini terbukti, saat rumah kami terkena rembesan air berkali-kali dibagian pojok dapur. Bahkan lebih dari 4 kali rembesan air sampai lisnya sendiri retak. Namun untuk plafonnya tetap kuat tidak jebol atau retak.

Lembaran kalsirata / kalsiboard yang berukuran lebih panjang bisa dipasang berdimpitan dengan lembaran lainnya. Selanjutnya dikompon dengan aplus. Maka permukaan atap plafon tersebut akan rata tanpa celah atau batas.

Ketahui:

Anda bisa meminta model plafon trap. Kemudian menggunakan lis sesuai selera. Selanjutnya memilih cat plafon yang sesuai dengan tema ruangan atau bisa serasi dengan cat dinding.

Namun begitu, ada kelemahan dari pemasangan plafon ini. Yakni ada keretakan berupa garis pada sambungan antar plafon tersebut. Hal ini kemungkinan dari sambungan dengan bahan kompon aplus yang kurang tahan panas. Mengingat suhu diatas plafon cukup panas.

cara menghitung rangka plafon kayu

Namun keretakan ini tidak merata di semua bagian. Hanya dibagian tertentu saja dan berupa garis tipis saja. Untuk umur plafon tersebut masih 5 bulan setelah muncul keretakan pada sambungan plafon tersebut. Tapi ini bukan masalah besar dari kami karena keretakan-keretakan tersebut tidak terlalu terlihat dan mencolok. Yap, seperti garis saja. Namun untuk mengatasi itu semua, bisa konsultasi dengan tukang agar garis retakan pada sambungan atap plafon itu tidak muncul.

Baca Juga:

Demikian pembahasan mengenai ukuran jarak rangka plafon kayu serta cara membuat rangka plafon kayu. Dengan penjelasan yang singkat ini semoga bermanfaat bagi Anda semua.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text