Ketebalan, Harga & Cara Pasang Atap Acrylic Transparan

Atap akrilik bening menjadi salah satu pilihan atap yang sedang naik daun sekarang. Banyak orang yang menggunakan atap akrilik sebagai bagian desain rumah mereka. Hal ini dikarenakan atap akrilik memiliki desain yang cantik dan memberikan banyak manfaat. Sehingga, ada banyak orang yang memilih menggunakan atap akrilik tersebut.

cara pasang atap acrylicAkan tetapi, sebelum memilih akrilik sebagai atap rumah atau bangunan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah cara pasang atap acrylic. Hal ini dikarenakan pemasangan akrilik tidak bisa dilakukan sembarangan. Selain cara pasang atap transparan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah harga kanopi akrilik permeter. Besarnya harga akrilik akan mempengaruhi biaya yang perlu dikeluarkan. Selain itu, masyarakat juga perlu mempertimbangkan tebal akrilik untuk kanopi untuk menentukan seberapa banyak akrilik yang harus digunakan.

Cara Pasang Atap Atap Acrylic Transparan

Atap akrilik bening yang akan dipasang pada sebuah bangunan maupun rumah tentu perlu menyesuaikan beberapa hal. Sehingga, pemasangan atap akrilik tersebut bisa berjalan dengan benar. Bagi masyarakat yang ingin menggunakan atap akrilik perlu mempertimbangkan beberapa sebagai berikut:

  1. Ukuran atap akrilik yang dibutuhkan

Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran atap akrilik yang dibutuhkan. Hal ini berkaitan dengan luas atap dari rumah masing – masing. Umumnya, atap akrilik digunakan di bagian depan rumah maupun bagian belakang. Sehingga, fungsinya lebih kepada kanopi. Oleh karena itu, pemilik rumah perlu mengukur terlebih dahulu perkiraan luas atap akrilik yang dibutuhkan.

  1. Ketebalan atap akrilik

Tebal akrilik untuk kanopi juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Hal ini berhubungan dengan intensitas cahaya yang masuk serta desain dari atap akrilik tersebut. Selain itu, ketebalan dari atap akrilik juga berpengaruh terhadap keawetan dari atap akrilik tersebut. Umumnya atap akrilik yang digunakan memiliki ketebalan sekitar 5 mm. Berikut ini gambar salah satu contoh dari atap akrilik yang digunakan sebagai kanopi.

  1. Harga kanopi akrilik

Harga kanopi akrilik permeter juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Atap akrilik memang memiliki harga yang mahal dibandingkan atap pada umumnya. Sehingga, harga setiap meternya tentu berpengaruh pada jumlah biaya yang perlu dikeluarkan saat pemasangan atap akrilik.

Umumnya harga per meter dari atap akrilik sekitar 800 ribu hingga 1 juta rupiah. Hal ini tergantung dengan kualitas dan ketebalan dari akrilik tersebut. Oleh karena itu, pemilik rumah yang ingin memasang atap akrilik harus menyiapkan sejumlah dana yang sesuai dengan harga kanopi akrilik.

Ketahui:

  1. Perawatan atap akrilik

Atap akrilik memang membuat desain rumah terlihat lebih cantik. Akan tetapi, atap akrilik membutuhkan perawatan yang sesuai. Hal ini dikarenakan apabila atap akrilik tidak dirawat dan dibersihkan, permukaan atap akrilik tersebut akan menjadi buram. Sehingga, pemilik rumah perlu mengganti atap akrilik tersebut. Oleh karena itu, sebelum memasang atap akrilik, pemilik rumah perlu mempertimbangkan apa saja yang harus dilakukan untuk merawat atap akrilik tersebut serta besarnya biaya yang dibutuhkan untuk perawatan atap akrilik.

judul gambar

Pemasangan Atap Akrilik Bening

cara pasang atap transparan akrilikAtap akrilik bening perlu dipasang dengan hati – hati. Hal ini dilakukan untuk mencegah atap akrilik pecah atau retak. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang atap akrilik.

Bahan dan mesin yang dibutuhkan

Pemasangan atap akrilik tersebut juga membutuhkan beberapa alat tertentu. Alat dan mesin yang dibutuhkan saat memasang atap akrilik adalah bor tembok, rangka besi, kop kaca, sponge karet, mesin gerinda tangan, dynabolt, lem kaca khusus atau lem kaca aibon, kisi – kisi aluminium, silikon non acid, sekrup, dll.

Ketahui:

Sudut kemiringan atap akrilik

cara pasang atap transparanSaat memasang atap akrilik, hal lain yang perlu diperhatikan adalah sudut kemiringan dari atap akrilik. Hal ini berkaitan dengan kinerja dari atap akrilik tersebut saat mengalirkan air hujan. Sudut kemiringan minimal dari atap akrilik adalah sebesar 10°.

Baca Dulu:

Sedangkan sudut kemiringan atap pada umumnya adalah 20°. Jika suatu atap akrilik dipasang dengan sudut kemiringan kurang dari 10°, maka air hujan yang jatuh ke atap tidak akan bisa dialirkan ke bawah. Hal ini akan mempengaruhi kualitas warna dari akrilik. Sehingga, atap akrilik akan cenderung lebih mudah buram.

judul gambar

Leave a Comment