Cara Memasang Konstruksi Rangka Atap Besi CNP

Konstruksi atap besi cnp menjadi hal yang umum digunakan dalam dunia konstruksi bangunan. Tidak heran, penentuan ukuran besi cnp harus tepat untuk memudahkan pemasangan. Anda yang ingin menggunakan besi ini untuk konstruksi bangunan Anda, berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan dan bagaimana cara terbaik memasangnya.

konstruksi atap besi cnp

Model dan Ukuran Besi CNP

Besi cnp juga sering disebut sebagai besi kanal c, ia merupakan besi yang dibuat dari hasil pembentukan material baja atau galvalum. Prosesnya menggunakan teknologi yang canggih, sehingga memudahkan proses pembuatannya menjadi lebih ringkas dibandingkan dengan kanal besi yang lain. Ukuran besi cnp juga berbeda-beda, tergantung dengan jenis dan modelnya.

Teknis pembuatan besi ini ada 3 macam, yakni:

  • Proses pemotongan besi ataupun pelat besi.
  • Proses penekukan, sehingga besi kanal memiliki bentuk sesuai dengan ukuran.
  • Proses finishing, merupakan proses pendinginan.

Setelah proses tersebut selesai, maka besi cnp menjadi besi yang siap digunakan untuk konstruksi. Cara pemasangan gording cnp juga tidak terlalu sulit, jika tidak bisa memasangnya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa tukang sekalian.

Besi ini memiliki beberapa ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, diantaranya yang paling sering ditemukan adalah:

  • Besi kanal c dengan ukuran 60 mm.
  • Besi kanal c dengan ukuran 75 mm.
  • Besi kanal dengan yang memiliki ukuran 100 dan 120 mm.
  • Ukuran yang lebih besar dari besi kanal c adalah 150 dan 200 mm.

Kelebihan Besi CNP

Besi CNP memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis besi yang lain, diantaranya adalah:

  • Lebih kuat dan kokoh

Besi ini memang terkenal dengan kekuatan yang dimiliki, sebab baja atau besi memang cenderung memiliki kekuatan yang baik. Apalagi saat ini beberapa besi kanal c sudah menggunakan campuran bahan lain, misalnya karbon dan nikel.

Cara menghitung derajat konstruksi baja juga bisa disesuaikan dengan jenis campuran bahan yang dimiliki oleh besi ini. Bahan yang lain yang juga ditambahkan di besi ini adalah aluminium dan kromium. Bahan ini cocok untuk berbagai jenis kebutuhan bangunan.

  • Pemasangan yang lebih mudah

Berikutnya adalah pemasangan yang lebih mudah dibandingkan bahan yang lain. penampang besi kanal c memiliki bentuk yang presisi, membuatnya lebih pas dipasang di berbagai jenis bangunan. Dengan rangka atap besi kanal c tersebut, pemasangan konstruksi bisa dilakukan lebih cepat.

judul gambar

Pemasangan besi ini bisa dilakukan secara mandiri jika Anda tahu caranya. Sedangkan pengguna yang tidak bisa memasangnya sendiri bisa dengan mudah menggunakan jasa pemasang besi kanal c tersebut.

  • Tahan karat

Besi ini memiliki kemampuan tahan karat karena kualitasnya yang baik merupakan hal yang penting bagi besi dari kemampuannya menahan karat agar perawatannya lebih mudah dilakukan. Konstruksi atap besi cnp tidak perlu Anda khawatirkan, selain tahan karat, bahan ini juga anti rayap.

Untuk memilih besi yang sesuai dengan kebutuhan, pastikan Anda mengetahui bahan yang digunakan untuk membuat besi tersebut. Anda bisa bertanya pada penjual atau mereka yang lebih berpengalaman untuk memberikan nasehat pada Anda terkait dengan ukuran besi cnp atau jenis-jenisnya.

Baca Juga : Upah Pasang Nok Genteng 

Tips dan Cara Memasang Besi CNP

Ketika Anda hendak memasang besi cnp, sebaiknya ketahui tips dan panduannya berikut ini. Panduan tersebut akan membantu Anda mendapatkan pola yang menarik dan desain yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Perhatikan pola

Cara pemasangan gording cnp atau besi kanal c adalah memperhatikan pola dan desain yang dimiliki. Pastikan rangka yang Anda gunakan memang sudah sesuai dengan kebutuhan dan pola desain yang sudah dibuat.

Anda tidak bisa mencetak ulang desain tersebut ataupun membuatnya sesuai dengan keinginan tanpa proses penyesuaian. Cek ulang model pola dan desain yang dimiliki untuk memudahkan proses pemasangan nantinya.

  • Gunakan dynalbot

Tips lain yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghitung derajat konstruksi baja dan pemasangannya adalah pemakaian dynalbot. Alat ini merupakan sekrup khusus yang membuat pemasangan besi ataupun rangka besi menjadi lebih praktis. Usahakan menggunakan dynalbot ukuran besar untuk memudahkan.

Gunakan lebih dari satu dynalbot jika rangka besi yang akan Anda gunakan besar dan panjang. Teknis pemasangan dynalbot bisa Anda cari di plaftrom berbagi video atau bisa juga dengan meminta bantuan teman yang sudah berpengalaman.

  • Pasang dalam keadaan bersih

Rangka atap besi kanal c sebaiknya dipasang dalam keadaan bersih untuk memudahkan proses pemasangan. Rangka atap dan besi yang bersih akan membuat tampilan lebih menarik, perawatan ke depannya juga lebih mudah dibandingkan rangka besi yang tidak dibersihkan dulu.

Baca Juga :

Demikianlah penjelasan mengenai konstruksi atap besi cnp padan konstruksi bangunan atau rumah. Anda bisa menggunakan saran saran diatas untuk memudahkan proses kerja pemasangan besi ke depannya, semoga informasi tersebut menambah pengetahuan Anda.

judul gambar

Leave a Comment