Harga Upah Borongan Bongkar Pasang Atap Seng Gelombang Per Meter

Seng merupakan salah satu jenis atap yang menjadi primadona masyarakat Indonesia. Selain mudah didapatkan di hampir semua toko bangunan, upah pasang atap seng pun bisa dibilang relatif murah jika dibandingkan dengan pemasangan atap tipe lain seperti genteng, asbes, maupun beton.

upah pasang atap seng

Atap seng terdiri atas 2 mineral utama yakni zinc dan aluminium. Karena itu dalam dunia konstruksi atap ini sering disebut seperti seng zincaluminium untuk membedakan dengan tipe seng lain seperti tipe spandek yang bahan dasarnya hampir sama dengan porsi kandungannya yang berbeda.

Baca Juga : Ukuran Genteng Tanah Liat

Keunggulan Atap Seng untuk Rumah dan Bangunan

Keunggulan Atap Seng untuk Rumah dan Bangunan

Atap seng bergelombang merupakan jenis seng yang paling sering kita temui. Walau tidak memiliki daya serap suara sehingga sangat berisi saat hujan, atap seng punya beberapa kelebihan yakni:

a. Bobotnya yang Super Ringan

Atas dasar inilah para tukang lebih memilih memasang atap seng karena  bobotnya yang ringan sehingga pemasangannya yang super mudah.

Dibandingkan dengan atap asbes, genteng, kaca, atau lainnya, atap seng merupakan yang paling mudah dipasang, bahkan bisa dipasang hanya dengan satu orang.

b. Anti Karat

Karakteristik utama dari mineral seng (zinc) ialah tahan terhadap karat akibat cuaca ekstrim hujan dan panas yang berturut-turut.

Selama lapisan zinc ini tidak terkikis, maka seng ini tidak akan pernah berkarat. Karena itulah atap seng mampu bertahan hingga puluhan tahun tanpa perlu diganti.

c. Ramah Lingkungan

Perlu kalian ketahui, bahwa atap seng dibuat dengan peleburan logam yang dilelehkan dengan titik didih yang rendah.

Dengan begitu, proses penguapan mineral berbaya lebih rendah tingkat pencemarannya dan juga menghemat sumber energi.

Baca Juga :

Upah Pasang Atap Seng Gelombang Per Meter

Upah Pasang Atap Seng Gelombang Per Meter

judul gambar

Berikut ini rincian upah bongkar pasang atap seng per meter yang perlu kalian ketahui sebelum memutuskan untuk menyewa jasa pemasangan atap:

KategoriHargaKeterangan
Upah bongkar atap sengRp10.000 / m2Hanya upah kerja untuk pembongkarannya saja
Upah pasang atap sengRp20.000 / m2Hanya upah pemasangan, tanpa pembelian material seng
Upah bongkar talangRp10.000 / mHanya upah kerja untuk pembongkarannya saja
Upah pasang talangRp20.000 / mHanya upah pemasangan, tanpa pembelian seng
Biaya borongan pengecatan water proovingRp45.000 / m2Sudah termasuk pembelian
Upah penggantian atap seng yang rusakRp30.000 / m2Hanya biaya penggantian saja, tanpa pembelian seng

Keterangan:

  • Harga yang kami tampilkan di atas hanyalah harga upah kerja saja, bukan hanya borongan dengan pembelian material. Jadi kalian harus membeli seng sendiri.
  • Untuk harga seng-nya sendiri sangat beragam mulai dari 35 ribu – 120 ribu per lembar ukuran ketebalan 0,20 mm – 0,50 mm dan panjang mulai dari 180 cm hingga 300 cm.
  • Beberapa jenis seng seperti seng warna tentu memiliki harga yang lebih tinggi tergantung dari merk dan ketebalan seng itu sendiri.
  • Biaya upah tersebut sudah mencangkup biaya konsumsi sehingga kalian tidak perlu lagi menyediakan konsumsi bagi para pekerjanya.
  • Jika pihak pemborong sendiri yang menawarkan jenis seng, maka usahakan untuk menyuruhnya agar membeli merk yang berkualitas seperti seng galvalum BJLS Gajah Surya.
  • Untuk biaya pengecetan water prooving di atas sudah termasuk dengan pembelian material. Jika non material, umumnya biayanya hanya berkisar antara Rp10 ribu – Rp20 ribu.

Baca Juga : 

Nah itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan terkait dengan upang pasang atap seng. Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang akan memesan jasa bongkar pasang seng galvalum.

judul gambar

Leave a Comment