Cara Pasang Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Miring Satu Sisi

Model atap baja ringan miring dengan rangka miring satu sisi merupakan model konstruksi atap yang sedang trend saat ini. Karena itu, banyak konstruksi atap bangunan tipe modern yang beralih dari tipe atap datar ke tipe atap miring. Nah, cara pasang baja ringan atap miring pun jauh lebih simpel karena tidak terlalu membutuhkan banyak sambungan antar batangan baja ringan.

Cara Pasang baja ringan atap miring

Walaupun lebih simpel, namun pemasangan baja ringan tetap harus dilakukan sesuai perhitungan yang kompleks agar hasilnya kokoh dan aman. Jika kalian belum pernah memasangnya, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya atau bisa juga dengan menyimak informasi yang kami ulas di bawah ini.

Baca Juga : Jasa Bongkar Pasang Atap Spandek

Tips Pasang Rangka Atap Baja Ringan Atap Miring Satu Sisi

Tips Memasang Baja Ringan Atap Miring

Ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan saat akan merangkai atap baja ringan, berikut diantaranya:

a. Perhatikan Jenis Baja Ringan yang Digunakan

Baja ringan sendiri merupakan bahan pengganti kayu dan bambu dalam pembuatan rangka atap. Berdasarkan jenis bahan pelapisnya, baja ringan dibagi menjadi dua yakni:

  • Baja ringan galvanis: jenis baja ringan yang telah diproses dengan galvanisasi (pelapisan galvanis) yang terdiri atas 98% zinc (seng) dan 2% aluminium. Jenis baja ini sangat tahan terhadap karat dan korosi akibat semen, namun tidak tahan air garam.
  • Baja ringan zincalume: jenis baja ringan yang dilapisi dengan bahan utama aluminium sebanyak 55% dan zinc sebanyak 43,5% dan sisanya silicon sebesar 1,5%. Bahan ini biasa digunakan dalam pembuatan seng spandek dengan karakteristik tahan air garam namun tidak tahan korosi semen.

Baca Juga :

b. Pahami Profil  Baja Ringan

Dalam dunia konstruksi, setiap material tertentu punya profil yang berbeda-beda, termasuk baja ringan yang memiliki cukup banyak profil sesuai dengan fungsi, ketebalan, daya tarik, dan kekuatannya.

judul gambar

Namun, yang paling banyak dipakai untuk bangunan rumah lantai satu atau dua ialah profil C dan UK dengan ketebalan bahan antara 0.50 hingga 1 mm. Sedangkan untuk reng (tumpuan seng / genteng), biasanya menggunakan profil A dengan ketebalan sekitar 0,45 – 0,55 mm.

Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring

Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring

Untuk memasang rangka atap baja ringan model miring, maka kalian harus memahami langkah-langkah perakitan konstruksi atap miring satu sisi seperti yang kami ulas dalam langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa permukaan atas ring balok yang akan dipakai sudah dalam kondisi yang rata.
  2. Selanjutnya, pastikan juga bahwa antara posisi kuda-kuda baja ringan L (kiri) dan R (kanan) dalam kondisi yang tepat dan tidak terbalik satu sama lain.
  3. Perhatikan jarak lebar antara sambungan batangan baja ringan dan baut paling tepi ialah minimal 2 kali lipat dari diamater baut. Untuk hasil terbaik, gunakan minimal 3 kali ke atas sesuai standar konstruksi.
  4. Untuk menancapkan baut, gunakan alat bor penancap dengan kecepatan maksimal 250 rpm dengan posisi tegak lurus sesuai derajat kemiringan atap itu sendiri. Alat harus segera dihentikan apabila baut sudah tertancap kencang.
  5. Jangan lupa pasang balok nok dan pasang brcing yang berfungsi sebagai penguat agar atap tetap kokoh walaupun tertimpa angin sekalipun. Pemasangan bracing dilakukan di bawah reng dan di atas top chord.
  6. Untuk pemasangan reng (roof battens), silakan sesuaikan jarak masing-masing reng-nya dengan jenis penutup atap yang digunakan. Misalnya jika menggunakan genteng maka harus dibuat lebih rapat tidak seperti saat menggunakan seng.
  7. Terakhir, pemasangan outrigger yang berfungsi sebagai gording tambahan apabila kuda-kuda akhir yang menumpu ringbalk sudah terpasang sempurna.

Baca Juga :

Nah itu dia berbagai macam cara pasang baja ringan atap miring yang perlu kalian ketahui. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

judul gambar

Leave a Comment