Berapa Harga Serta Ukuran Lisplang PVC dan GRC?

Lisplang merupakan salah satu material konstruksi, dengan fungsi estetika untuk menghadirkan keindahan dan kerapian bagian atas dari sebuah bangunan. Jenis paling populer saat ini adalah yang berbahan PVC dengan ukuran lisplang PVC bisa dipilih, sesuai dengan kebutuhan.

ukuran lisplang pvc

Sebelum adanya bahan PVC, material ini kebanyakan dibuat dari bahan kayu karena mudah didapat, dibentuk, serta motif alami kayu mampu memberikan pesona tersendiri pada sebuah bangunan.

Berapa Ukuran Lisplang PVC?

ukuran lisplang pvc

Bicara soal ukuran dari Lisplang berbahan PVC, pada umumnya memiliki panjang 4 meter, lebar 20 cm, dan tebal mencapai 0,8 cm. Ini merupakan ideal size paling banyak digunakan, ketahanannya tidak diragukan lagi asalkan dipasang pada area yang tepat.

Untuk harga, versi PVC lebih murah jika dibandingkan dengan harga lisplang GRC 4 meter namun soal kemampuan bisa diadu. Tidak salah, jika semakin banyak kontraktor bangunan yang beralih menggunakan varian lisplang satu ini.

Baca Juga :

Jenis Lisplang yang Populer Selain PVC

Sebelum hadirnya material berbahan PVC ini, ternyata ada beberapa produk dengan bahan baku variatif dan punya karakter berbeda. Apa sajalah jenisnya?

  • Baja
Lispang Baja
Lispang Baja

Disebut juga dengan jenis metal, terbuat dari bahan logam terutama baja, untuk bagian rangka, lalu di bagian luarnya merupakan perpaduan Aluminium Composite Panel ACP), Zincalume, dan Aluminium asli.

Kebanyakan digunakan pada pabrik, gedung bertingkat, gudang, hingga bangunan skala besar lainnya.

  • GRC

ukuran lisplang grcGlass Fiber Reinforced Concrete (GRC), dibuat dari bahan serat berpadu kaca kemudian dikombinasikan bersama beton untuk memaksimalkan kemampuan dan ketahanannya. Pantas saja sering dipakai untuk banyak jenis bangunan, karena tahan api dan kuat pada berbagai iklim ekstrim.

Jika dibandingkan lisplang PVC vs GRC, maka versi GRC memiliki pilihan ukuran lebih variatif. Jadi memungkinkan Anda menggunakan berbagai ukuran sesuai posisi penempatan dan bentuk konstruksi.

judul gambar
  • Beton
lisplang beton
Lisplang beton

Kebanyakan penggunaan beton adalah memang butuh waktu cukup lama, ada beberapa langkah kerja tak boleh dilewatkan. Sebut saja proses bekisting, tulangan dari besi, cor beton, hingga finishing.

Oleh karena itu butuh anggaran ekstra jika mau mengimplementasikan penggunaan varian beton. Jenis ini, cocok dipakai untuk hunian modern maupun minimalis dengan konsep sederhana namun kuat dan tahan lama.

  • Kayu

Bahan ini merupakan perintis lisplang, sejak dulu sampai sekarang tetap banyak yang memilihnya. Tapi, soal daya tahan masih sangat minim kalau dibandingkan dengan jenis lainnya.

Lisplang kayu
Lisplang kayu

Untungnya, mudah sekali untuk dibentuk, dipotong bahkan ada yang bisa dipakai dengan ukuran 30 cm. Dimana ukuran tersebut masuk kategori kecil, sehingga jika Anda pilih lisplang PVC 30 cm atau listplang berbahan lain akan sulit untuk menemukannya.

Keunggulan Bangunan Pakai Lisplang PVC

Keunggulan Lisplang

Buat Anda yang ingin memasang material ini, wajib juga mengetahui apa keunggulan yang dimilikinya sehingga masuk bisa masuk kategori material penting.

  • Tahan Rayap

Berbeda dengan bahan kayu, PVC tidak akan dihinggapi oleh rayap karena serangga tersebut tidak suka bahan dasar pembuatan listplang tersebut.

  • Tahan Api

Disebut tahan api dan dapat meredam api agar tidak menyebar ke area lebih luas, jika terjadi kebakaran skala kecil maupun skala besar. Alhasil, dampak buruk dari kebakaran dapat diminimalisir.

  • Tahan Jamur

Sama halnya dengan rayap, bahan PVC juga tahan terhadap jamur sehingga ketahanannya akan lebih lama. Meskipun dipasang pada kawasan lembab dan kurang mendapatkan cahaya matahari.

  • Ringan

Bobotnya cenderung ringan kalau dibandingkan dengan yang lain, mudah dibawa dan tidak akan makan tempat saat disimpan. Inilah salah satu alasan mengapa pembeli mengabaikan harga dan ukuran lisplang PVC, karena terlanjur kepincut untuk langsung membawa pulang sendiri tanpa bantuan orang lain.

  • Mudah Dipasang

Pemasangannya juga masuk kategori mudah. Tinggal ikuti prosedur pasang yang sudah disediakan oleh produsen, tapi tetap saja sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional.

  • Banyak Motif dan Desain

Bisa dipakai untuk bagian atap hingga pagar, karena tersedia beragam desain dan motif. Bisa disesuaikan dengan lokasi pemasangan yang diinginkan.

  • Tahan Berbagai Cuaca

Awet pada berbagai kondisi cuaca, adalah keunggulan berikutnya. Mau itu cuaca hujan lebat, panas terik sekalipun.

  • Lentur Tapi Kuat

Kelenturan PVC patut di acungi jempol, sehingga saat digunakan bisa sangat fleksibel menyesuaikan area yang akan ditutup.

Baca Juga :

Semoga informasi di atas membantu Anda saat akan menggunakan material lisplang PVC. Memang ukurannya tidak sebanyak ukuran lisplang GRC board, tapi kemampuannya tak usah diragukan lagi.

judul gambar

Leave a Comment