Cara Memasang Kalsiboard Untuk Dinding Kamar Lembab

Kalsiboard merupakan material konstruksi yang sering dimanfaatkan sebagai plafon dan dinding penyekat antara satu kamar dengan kamar lain. Dibandingkan dengan dinding batu bata atau beton, tentu biaya yang dibutuhkan untuk membuat dinding kamar lebih murah. Selain itu, cara memasang kalsiboard untuk dinding kamar pun lebih mudah dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun.

cara memasang kalsiboard untuk dinding kamar

Dinding kamar kalsiboard biasanya dipakai untuk tipe rumah atau kos-kosan yang menyediakan banyak kamar. Walaupun tidak kedap suara, namun dinding kalsiboard banyak dipilih karena harganya yang lebih murah dan pemasangannya pun tidak butuh waktu yang lama.

Keunggulan Kalsiboard sebagai Dinding Kamar

Kalsiboard merupakan material yang terbuat dari pasir silika, semen, dan serat selulola. Campuran material ini memiliki banyak keunggulan, berikut diantaranya:

a. Ketahanan yang Bagus

Karena terbuat dari bahan non organik, maka daya tahan kalsiboard terbilang cukup unggul walaupun tidak bisa dibandingkan dengan tembok batu bata. Ketahanan yang dimaksud ialah tahan terhadap:

  • Jamur
  • Karat
  • Api
  • Rayap
  • Kutu / bug

Baca Dulu : Cara Pemasangan GRC Board Untuk Dinding 

b. Perawatan Lebih Mudah

Kelebihan Kalsiboard

Selain memiliki ketahanan yang bagus, kalsiboard juga memiliki keunggulan dari sisi maintenance atau perawatan dimana ia tidak butuh perlakuan khusus.

Hal ini disebabkan karena bahan kalsiboard bisa dengan mudah menghapus bekas tetesan air, kotoran, dan untuk noda yang membandel seperti noda ballpoint bisa dihilangkan dengan diamplas lalu di cat ulang.

c. Kalsiboard Aman Untuk Kesehatan

Seperti yang kita tahu, material seperti asbes ini dipercaya bisa memincu kanker paru-paru terlebih jika terkena paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari.

Namun hal semacam itu tidak akan terjadi pada kalsiboard karena tidak memiliki getas sehingga tidak akan menimbulkan serbuk-serbuk yang berjatuhan bila terkena panas.

Cara Memasang Kalsiboard Untuk Dinding Kamar

kalsiboard untuk dinding lembab

Berikut ini langkah-langkah memasang kalsiboard untuk dinding kamar menggunakan berbagai macam jenis kalsiboard untuk dinding yang tersedia di pasaran:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Pertama, kalian perlu menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Silahkan untuk membelinya terlebih dahulu di toko bangunan sekitar tempat tinggal kalian. Berikut alat dan bahan yang perlu kalian siapkan:

Alat-Alat untuk Pemasangan Kalsiboard

  • Gergaji kayu
  • Gergaji besi
  • Spidol
  • Alat ukur
  • Palu
  • Pensil
  • Cutter

Bahan-Bahan untuk Pemasangan Kalsiboard

  • Kalsiboard
  • Balok kayu
  • Paku besar
  • Paku kecil

Catatan: Jika kalian akan membuat dinding kalsiboard untuk bagian tembok luar yang menghadap lansung ke lingkungan yang terkena cipratan hujan, maka pilihlah kalsiboard untuk dinding lembab yang memiliki ketebalan lebih baik dan harga yang lebih mahal.

2. Tentukan Lokasi dan Kebutuhan Kalsiboard

tebal kalsiboard untuk dinding

judul gambar

Setelah semuanya siap, langsung saja tentukan lokasi mana saja yang ingin kalian buat dinding. Usahakan untuk merapikan tempat tersebut terlebih dahulu agar bisa dibuat sketsa rancangan untuk pemasangan dinding nantinya.

Untuk rincian lengkapnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tentukan lokasi yang ingin kalian pasang kalsiboard.
  2. Evaluasi setiap zona yang ingin diukur.
  3. Ukur panjang dan lebar lokasi tersebut.
  4. Tentukan kebutuhan rangka kayu berdasarkan ukuran tadi.
  5. Ukur juga kebutuhan kalsiboard yang akan dipasang.
  6. Jika sudah, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Baca Juga :

3. Pemotongan Kalsiboard dan Kayu

kalsiboard untuk dinding luar

Selanjutnya, potong kalsiboard sesuai dengan ukuran yang kalian dapatkan  tadi. Untuk pemotongan ini usahakan hanya untuk bagian salah satu tepi saja, jadi jangan potong kalsiboard agar tidak mempengaruhi estetika kalsiboard itu sendiri.

Potong juga balok-balok kayu yang telah kalian siapkan sesuai dengan panjang dan lebar ruangan yang ingin kalian buat dinding. Agar strukturnya lebih kuat, maka jangan gunakan terlalu banyak potongan pada kayu tersebut

4. Pemasangan Kalsiboard dan Rangka Kayu

jenis kalsiboard untuk dinding

Untuk merangkai semua bahan yang telah kalian siapkan, maka diperlukan pemasangan rangka kayu dan kalsiboard sesuai ukuran yang telah kalian buat. Berikut rinciannya:

a. Pemasangan Rangka Kayu

Untuk membuat rangka kayu, kalian bisa menyatukan balok-balok kayu yang dibuat dengan ukuran tiap jarak 1 meter x 1,5 meter. Semakin lebar jaraknya, maka semakin ringkih struktur dindingnya sehingga kalian perlu membuatnya serapat mungkin jika memang kayu nya tersedia.

b. Pemasangan Kalsiboard

Jika rangka sudah terpasang, selanjutnya tinggal melakukan pemasangan kalsiboard dengan cara menempelkan kalsiboard pada rangka kayu. Untuk menempelkannya, kalian bisa menggunakan paku khusus yang kecil dan daunnya lebar.

Jika diperlukan, kalain juga bisa melakukan pemasangan kalsiboard untuk dinding luar. Jadi kedua sisi dindingnya diberi kalsiboard semua sehingga akan tampak seperti layaknya dinding / tembok beton / batu-bata.

5. Finishing

Finishing kalsiboard

Proses finishing meliputi pengamplasan untuk membuat permukaan kalsiboard lebih halus lalu dilanjutkan dengan pengecetan menggunakan cat tembok.

Baca Juga :

Untuk bagian sekat antara satu kalsiboard dengan kalsiboard lain biasanya terdapat celah yang akan mengganggu penampilan sehingga kalian dapat menembelnya dengan campuran lem kayu dan semen putih.

Nah itulah rincian cara memasang kalsiboard untuk dinding kamar yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text