Ukuran Jarak Rangka Hollow Plafon GRC

Untuk membuat bagian atap rumah lebih indah dan tidak panas, kebanyakan rumah saat ini memanfaatkan plafon sebagai langit-langit untuk membatasi atap dan sebuah ruangan. GRC merupakan salah satu jenis plafon, dengan ukuran rangka plafon GRC yang dapat disesuaikan dengan jarak ideal sebuah pembatas atap.

Ukuran rangka plafon GRC

Glass Fiber Reinforced Cement (GRC), merupakan salah satu inovasi baru bahan plafon. Terbuat dari semen dan serat khusus, menjadikannya lebih kuat dan tahan lama. Bisa mudah dibentuk, sehingga pilihan motif dan desain lebih variatif.

Ukuran Jarak Standar Rangka Hollow Untuk Plafon GRC

Kalau menyebutkan ukuran standar, rangka plafon hollow ideal untuk jenis GRC adalah 60 cm x 80 cm. Tapi, tetap tergantung dengan ukuran dari bangunan dan GRC itu sendiri. Beberapa diantaranya, tetap bisa dipilih dan disediakan oleh produsen.

  • 60 cm x 80 cm
  • 60 cm x 60 cm
  • 40 cm x 60 cm
  • 40 cm x 40 cm
  • 30 cm x 40 cm
  • 30 cm x 30 cm

Pemilihan size di atas, ditentukan dengan jenis bahan rangka. Sebagai contoh kalau Anda menggunakan GRC dengan ketebalan maksimal 0,30 mm maka untuk rangkanya lebih baik pilih size 60 cm x 60 cm. Sama halnya jika pakai hollow, kalau ukuran hollow untuk plafon GRC maksimal 35 mm maka tulang plafon dipilih ukuran 60 cm x 80 cm.

Ukuran rangka plafon GRCJadi, pastikan terlebih dahulu kondisi atap dan jarak rangka sebelum menentukan produk tulang plafon yang tepat.

Baca Dulu :

Apa Kelebihan pakai Rangka Plafon GRC

Kelebihan pakai Rangka Plafon GRC

judul gambar

Memilih plafon GRC dengan rangka yang tepat, baik itu terbuat dari kayu, hollow, atau lainnya memiliki keunggulan jika dibandingkan bahan lain. Paling tidak ada enam kelebihan, dapat dimiliki bangunan.

  • Aman

Keamanan ruangan pada bagian penutup atap GRC akan lebih terjaga, terutama aman secara kesehatan. Karena tidak ada kandungan asbes yang ternyata bisa menjadi pemicu kanker paru-paru.

  • Murah

Jika dikalkulasikan dengan efek positif penggunaan, bahan jenis ini termasuk murah bahkan untuk satu lembarnya saja hanya sekitar Rp, 60 ribuan saja dengan ketebalan terbaik 4 mm. Kemudian ketika dipadukan bersama rangka yang tepat terbuat dari bahan kayu atau gypsum, akan semakin memangkas pengeluaran.

  • Aplikasi Mudah

Menggunakan material dengan tipe lembaran, sangat mudah diaplikasikan terutama ketika akan melakukan sambungan. Ada bagian khusus mempermudah penyambungan, tidak perlu banyak material tambahan.

  • Bentuk Variatif

Bahan satu ini jika dipadukan menggunakan rangka yang tepat dan ukuran jarak rangka plafon GRC terbaik, bisa dibentuk sesuai konsep desain ruangan. Mau berbentuk bertingkat, diagonal, dan lainnya.

Warna juga bisa disesuaikan, sehingga tampilan ruangan menjadi lebih sempurna dan menyenangkan untuk ditempati.

Ukuran rangka plafon GRC

  • Cocok Untuk Plafon Lengkung

Mau membangun rumah dengan bagian penutup atap lengkung, seperti lorong pada bangunan khas Eropa? GRC juga cocok dipakai, tinggal memastikan saja jarak atap dengan rangka dan keterpaduan antara tulang tersebut pada bagian pelapis terluarnya.

  • Tahan Terhadap Api dan Air

Jika dibandingkan dengan material pelapis atap lainnya, produk satu ini memiliki ketahanan mumpuni terhadap air. Sehingga sangat cocok digunakan untuk bangunan di kawasan basah atau iklim dengan curah hujan tinggi. Selain itu mampu menahan api agar tidak menjalar ke area lain.

Tidak salah jika semakin banyak yang menggunakan produk ini, untuk konstruksi finishing bagian atap sebuah bangunan.

Baca Juga :

Itulah penjelasan lengkap penambah wawasan Anda, jika ingin menggunakan material ini sebagai bagian dari konstruksi interior bangunan. Apakah Anda juga akan jadi salah satunya?

judul gambar

Leave a Comment