Cara Memasang Pintu Kamar Mandi Galvalum

Seperti yang kita tahu, pintu kamar mandi tentunya berbeda dengan pintu kamar tidur atau pintu rumah yang umumnya terbuat dari bahan kayu. Bahan utama untuk pintu kamar mandi biasanya ialah plastik yang mana sangat tahan air. Namun, material tersebut kurang awet sehingga saat ini banyak yang beralih ke material galvalum. Lalu, bagaimanakah cara memasang pintu kamar mandi galvalum?

cara memasang pintu kamar mandi galvalum

Pintu kamar mandi galvalum merupakan jenis pintu yang terbuat dari bahan aluminium atau baja ringan berlapis seng dan silikon. Material ini jauh lebih awet daripada material plastik saat digunakan untuk pintu kamar mandi. Hal ini dikarenakan tingkat oksidasinya sangat minim sehingga sulit untuk berkarat maupun pecah.

Baca Dulu : Tinggi Pintu Harmonika

Walau begitu, masih banyak tukang yang belum terbiasa dengan pemasangan pintu jenis ini sehingga terkadang mereka tidak menyanggupinya. Oleh sebab itu, dikesempatan kali ini kami ingin berbagi beberapa tips seputar cara pasang pintu galvalum.

Keunggulan Pintu Kamar Mandi Galvalum

cara pasang pintu kamar mandi

Sebelum kita lanjutkan ke materi utama, mari simak terlebih dahulu keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh pintu kamar mandi galvalum:

a. Material Kuat dan Awet

Material galvalum umumnya digunakan sebagai talang dan lapisan atap rumah karena memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap cuaca ekstrim.

Karena itulah banyak pintu kamar mandi yang saat ini menggunakan material galvalum karena diyakini berkali-kali lipat lebih awet dibanding pintu lainnya.

b. Banyak Variasi Model Pintu

Pintu kamar mandi akan terasa monoton bila desainnya biasa biasa saja bukan? Karena itulah para pembuat pintu berkreasi sebanyak mungkin dalam membuat variasi pintu kamar mandi.

Diantaranya ada model minimalis, klasik, sliding door, hingga desain khas Eropa yang terkenal akan tingkat keeleganannya.

Cara Memasang Pintu Kamar Mandi Galvalum

Cara Memasang Pintu Kamar Mandi Galvalum

judul gambar

Berikut ini beberapa cara memasang pintu kamar mandi galvalum yang dapat kalian terapkan sendiri tanpa perlu bantuan tukang sekalipun:

1. Siapkan Pintu Galvalum yang Akan Dipasang

Pertama, siapkan terlebih dahulu pintu yang ingin kalian pasang. Kalian bisa membelinya dari toko bangunan setempat agar biaya kirimnya tidak terlalu mahal.

Sebelum membeli pintu, pastikan kalian sudah menghitung ukuran dinding dan kusen yang akan dipasang sehingga bisa menyesuaikan dengan ukuran pintu  tersebut.

Baca Juga :

2. Pasang Kusen Pintu Galvalum

Pasang Kusen Pintu Galvalum

Kusen pintu galvalum umumnya terbuat dari rangka aluminium atau baja ringan yang kokoh, keras, dan juga strukturnya kuat.

Silakan pasang terlebih dahulu kusen pintu yang telah kalian beli sepaket dengan pintu. Untuk memasangnya, silakan bor beton dan sisi kusen lalu rekatkan dengan paku fischer dan skrup.

3. Memasang Engsel Pintu

Saat engsel sudah terpasang, kalian tinggal memasangkan pintu ke kusen yang telah tadi kalian pasang. Dengan begitu saat ini pintu sudah berdiri sempurna dan tinggal memasang handle-nya.

Apabila kusen sudah  terpasang sempurna, sekarang saatnya bagi kalian untuk memasang engsel pintu dengan ukuran kurang lebih 20 cm – 25 cm dari ujung atas maupun dari ujung bawah.

4. Pasang Handle Pintu

Pasang Handle Pintu

Terakhir, pasang handle pintu sesuai dengan tipe pintu galvalum yang kalian beli. Beberapa produsen memberikan handle pintu bawaan sepaket dengan pintunya, namun ada juga yang tidak sehingga kalian bisa memilih handle sendiri sesuai keinginan.

Baca Juga :

Jika pintu yang kalian beli belum sepaket dengan handle pintu, saya sarankan untuk memilih handle yang kokoh dan memiliki sistem kunci keamanan yang benar-benar kuat.

Nah itulah beragam cara memasang pintu kamar mandi galvalum yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment