Cara Pemasangan GRC Untuk Lantai 2 & Plafon

Sekilas mengenai cara pemasangan GRC untuk lantai 2 dan pemasangan plafon akan kami jelaskan secara singkat namun padat kepada Anda semua. Sebagai orang awam yang sedang mau membangun rumah, tidak ada salahnya untuk mengetahui pemasangan suatu bahan bangunan.

pemasangan grc untuk lantai 2

Membangun rumah tidak mudah, karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Setiap material penyusun di dalamnya, harus sesuai dengan desain dan memiliki kualitas yang baik. Salah satu bahan yang saat ini banyak digunakan adalah GRC. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu cara pemasangan GRC board untuk dinding, plafon, dan untuk lantai 2 sebagai berikut!

Cara Pemasangan GRC Board Untuk Plafon & Lantai 2

  1. Membersihkan Dinding Dari Kotoran

Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum melakukan pemasangan GRC adalah membersihkan permukaan dinding terlebih dahulu. Jangan sampai material GRC ditempel saat permukaan dinding memiliki banyak debu. Pastikan pula permukaan dinding dalam kondisi yang rata agar lebih mudah saat proses pemasangannya.

  1. Mengukur Ketinggian Dan Lebar Dinding

Pemasangan GRC harus dilakukan sesuai dengan ketinggian dan lebar dinding. Ukuran ini harus presisi agar tidak ada bagian yang bolong atau tidak tertutup dengan baik. Jika ukuran GRC board kurang lebar, anda bisa menyambungnya dengan lembaran yang lain. Oleh karena itu, pengukuran ini penting agar jumlah GRC yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Baca Dulu: Cara Pemasangan GRC Board Untuk Dinding

  1. Memasang Board Dan Memberi Dempul

Langkah ketiga yang perlu anda lakukan adalah memasang GRC di bidang yang diinginkan. Pasang dengan rata agar hasilnya terlihat rapi. Pastikan juga kalau sambungan GRC tidak terlihat. Oleskan pula bahan berupa dempul di tiap sambungan tersebut agar tampilannya lebih rata. Jumlah dempulnya tidak perlu berlebihan, yang penting sambunganya tertutup rapat.

  1. Diplamer Dan Cat

Cara pemasangan GRC board untuk dinding yang selanjutnya adalah mengoles plamir di permukaannya. Namun langkah uni dilakukan jika dempulnya sudah kering. Oleskan plamir ini secara rata dan ratakan dengan scrub. Nantinya plamir ini akan mengeras dan menyatu dengan bahan GRC board. Jika sudah, anda bisa mengecat tembok sesuai dengan keinginan

Pemasangan GRC Plafon

  1. Mengukur Luas Ruangan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan jika hendak memasang GRC plafon adalah mengukur luas bidang yang hendak ditutup. Mulai dari panjang dan lebarnya harus diperhatikan agar tidak keliru. Tujuan dari pengukuran adalah untuk mengetahui jumlah bahan baku atau material yang harus dipersiapkan. Pemasangan GRC tidak akan berjalan dengan baik jika bahannya saja tidak ready.

judul gambar
pemasangan grc plafon
Pemasangan GRC plafon dengan alat bantu
  1. Menyiapkan Material Plafon GRC

Langkah kedua dalam pemasangan GRC plafon adalah mempersiapkan material plafon. Adapun cara perhitungannya adalah dengan membagi perhitungan luas yang sudah dilakukan dengan bilangan 2.88. Hasil pembagian itulah yang merupakan jumlah papan GRC yang perlu anda beli untuk memasang plafon model biasa.

Baca Juga: Model Rumah GRC Ukuran 5×7

Jika anda ingin memasang model plafon yang penuh dengan ornamen, maka jumlah kebutuhannya akan ikut bertambah. Perhitungannya menjadi lebih detail dan lebih baik jika dilakukan oleh ahlinya. Dengan begitu, anda sebagai pemilik rumah tidak perlu lagi pusing memikirkan jumlah board yang harus dibeli.

Lantas bagaimana dengan plafon minimalis? Apakah jumlahnya lebih sedikit? Tentu saja tidak karena anda perlu penambahan 3 lembar dari hasil perhitungan sebelumnya. Menambah board ini penting, karena jumlah papan tidak akan cukup jika hanya menggunakan perhitungan awalnya saja. Info info semacam inilah yang membuat pemasangan GRC plafon perlu perhatian khusus.

  1. Memasang Rangka Plafon

Pemasangan GRC perubahan yang disebut dengan rangka agar bisa terpasang dengan baik. Rangka itu terbuat dari kayu dan wajib ada saat anda hendak memasang plafon. Anda perlu menggunakan alat bantu seperti tangga lipat, stelling, dan sakpoding. Tanpa alat alat tersebut, pekerjaan anda menjadi lebih sulit dan perlu waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Rumah Dari GRC Mewah

  1. Pendempulan Pada Sambungan GRC

Memasang GRC perlu kehati hatian agar sambungan antara bidang satu dengan lainnya tidak terlihat. Langkah penting untuk menutup sambungan tersebut adalah dengan menambahkan dempul. Oleskan secara rata agar hasilnya terlihat bagus. Cara pemasangan GRC ini sifatnya wajib, karena dempul juga berperan sebagai perekat.

  1. Melakukan Proses Finishing

Langkah terakhir dari pemasangan GRC adalah melakukan proses finishing. Anda perlu mengecat permukaan GRC agar terlihat lebih rapi dan sesuai dengan konsep rumah. Lebih disarankan untuk menggunakan warna warna netral agar rumah terlihat lebih nyaman. Namun kembali lagi, sesuaikan cara nya dengan warna tembok yang lain.

Baca Juga: Harga Pasang Plafon GRC Per Meter

Pemasangan GRC Untuk Lantai 2

pemasangan grc untuk lantai 2
Pemasangan GRC untuk lantai 2

Sebenarnya pemasangan GRC untuk lantai 2 tidak ada bedanya dengan pemasangan GRC di lantai satu. Menggunakan bahan GRC dan fiber semen memiliki banyak keunggulan yaitu lebih praktis, konstruksi yang ringan, dan mudah dalam pelaksanaannya. Gunakan struktur baja atau kayu sebagai rangka panel di lantai dua agar kokoh.

Demikianlah sekilas penjelasan terkait dengan pemasangan GRC yang perlu anda ketahui. Info semacam ini perlu ditelisik, terutama oleh anda yang sedang punya proyek untuk membangun rumah. Selain mengikuti cara yang sudah dijelaskan, anda perlu memilih kualitas GRC board yang bagus. Gunakan pula ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan demi mengefisienkan budget.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text