Harga Kubah GRC & Enamel Per Meter 2022

Bagian kubah untuk pembangunan masjid atau mushola umumnya menggunakan berbagai macam bahan bangunan. Namun belakangan, bahan dari GRC banyak menjadi pilihan untuk memberikan kesan yang lebih menyenangkan dan modern. Yuk intip harga kubah GRC per meter, dan kenapa bahan tersebut kini banyak dijadikan pilihan.

Spesifikasi dan Harga Kubah Masjid dengan Bahan GRC

Harga kubah GRC per meter cenderung beragam, namun harganya relatif lebih murah daripada kubah dengan bahan galvalum dan juga enamel. Sebab kubah GRC ini memang jauh lebih tipis dan ringan ketimbang dua bahan tersebut. Tapi seperti yang telah disebutkan, kelebihannya pun sangat banyak sehingga layak untuk dipasang.

harga kubah grc per meter

Untuk harganya sendiri bisa sekitar Rp. 1.000.000 sampai dengan Rp. 1.500.000 per meter. Tapi ada juga yang mematok harga kubah GRC 2022 mulai dari Rp. 850.000. Sehingga harga ini sangat tergantung pada tempat anda memesannya. Dipengaruhi pula dengan negosiasi antara pembeli dan penjual, serta dikondisikan pula antara jarak pembangunan dengan kontraktor kubah masjid.

Harga Kubah GRC dan Enamel Per Meter 2022

Harga kubah GRC per meter 2022 kisaran antara Rp.1.000.000 – Rp.1.500.000. Harga tersebut bisa lebih rendah lagi atau bahkan bisa lebih tinggi lagi.

Untuk kubah mushola GRC (kubah kecil), bisa dibeli dengan harga mulai sekitar Rp.500 ribuan.

Sebagai tambahan informasi, anda juga perlu mengetahui harga kubah masjid dengan bahan lainnya sebagai perbandingan. Misalnya untuk harga kubah enamel diameter 7 m dengan tinggi sekitar 10 m, maka bisa menghabiskan biaya sampai Rp. 219.800.000 bahkan lebih. Karena per meternya, kubah dengan bahan galvalum bisa mencapai Rp. 3 jutaan.

harga kubah grc per meter 2022

Sementara untuk kubah dengan bahan enamel jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan harga kubah galvalum maupun harga kubah GRC per meter. Untuk kualitas terbaik, kubah dengan bahan enamel bisa dibanderol dengan harga Rp. 7 jutaan per meternya. Namun seperti yang telah dijelaskan, harganya bisa berbeda karena berbagai faktor.

Kelebihan Bahan GRS untuk Kubah Masjid

  1. Proses Pemasangan yang Mudah dan Cepat

Salah satu alasan kenapa menara GRC cenderung menjadi pilihan belakangan ini adalah karena proses pemasangannya yang cenderung mudah dan tidak butuh waktu lama. Sebab bahan tersebut mempunyai bobot yang ringan, sehingga sangat mudah ketika dipasang pada rangka atap masjid.

Ditambah dengan sifa fleksibilitasnya yang begitu tinggi, membuat bahan satu ini menjadi lebih mudah untuk dibentuk. Dengan berbagai kemudahan proses pemasangannya tersebut, alhasil mengakibatkan waktu yang dihabiskan pun menjadi terpangkas. Sehingga tidak butuh waktu untuk menyelesaikan pembuatan masjid GRC.

  1. Memiliki Bahan yang Ringan

Harga kubah GRC per meter 2022 yang terbilang masih terjangkau, mungkin karena bahannya yang lebih ringan bila dibandingkan dengan bahan lainnya. Seperti yang telah disebutkan, bahan yang ringan ini membuat pemasangan dan pembuatan kubah menjadi lebih mudah. Selain itu, hal tersebut juga membantu meringankan beban yang ditopang oleh bangunan masjid.

judul gambar
  1. Daya Tahan yang Kuat

Meskipun memiliki bobot yang cenderung ringan, kubah mushola yang mengandalkan bahan dari GRC tetap memiliki daya tahan yang kuat dan tidak kalah bila dibandingkan dengan bahan beton lainnya. Daya tahan yang dimaksud di sini yaitu ketahanannya terhadap panas menyengat matahari serta benda kasar yang mungkin jatuh dari atas.

harga kubah enamel diameter 7 m
Harga kubah enamel diameter 7 m

Selain itu, bahan GRC juga terbukti tahan terhadap berbagai cairan yang dapat menyebabkan karat. Sehingga cocok jika diaplikasikan di Indonesia yang mana curah hujannya termasuk cukup tinggi sepanjang tahun. Bahkan daya tahan terhadap angin dari bahan GRC pun patut untuk diacungi jempol.

Lihat Juga: Rumah Papan Sederhana di Desa

  1. Bentuk yang Lebih Akurat

Dengan harga kubah GRC per meter yang masih cukup terjangkau, anda akan mendapatkan kelebihan terkait dengan bentuknya yang memiliki keakuratan cukup tinggi. Karena bisa dibentuk dengan mudah, tukang bangunan yang kebagian tugas untuk membentuk bahan GRC menjadi kubah pasti bisa menyesuaikannya dengan desain yang diminta.

  1. Proses Perawatan yang Mudah

Alasan lain kenapa bahan GRC begitu digemari adalah karena proses perawatannya yang tergolong tidak sulit dan cukup mudah untuk dilakukan. Mengingat bahwa bahannya relatif awet dengan daya tahan yang apik, tentunya pihak manajemen masjid pun tidak perlu khawatir mengenai biaya perawatan yang besar.

Lihat Dulu: Rumah Minimalis Terbuat Dari GRC

Kekurangan Kubah dari Bahan GRC

Selain membahas mengenai deretan kelebihannya, tentu anda juga perlu mengetahui kekurangan dari kubah dengan bahan GRC ini agar dapat menjadi pertimbangan tersendiri. Karena meskipun punya banyak kelebihan dan pembuatannya pun tidak terlalu menguras kantong, tapi kubah GRC pun memiliki kelemahan bila dibandingkan dengan kubah jenis lain.

Pasalnya kubah GRC ini masih memiliki risiko yang sama seperti kubah beton, yang rentan terhadap retak apabila terjadi gempa bumi. Namun risiko kerusakannya jauh lebih tinggi ketimbang kubah yang menggunakan sistem bangunan baja ringan. Jadi kubah GRC tidak cocok bila digunakan di daerah yang rawan gempa.

Lihat Juga:

Harga harga yang telah disebutkan di atas merupakan perkiraan atau estimasi. Apabila anda ingin harga yang lebih akurat, maka anda bisa langsung melakukan konsultasi dengan pihak jasa kontraktor. Bahkan tidak jarang ada jasa yang membiarkan anda melakukan nego harga, agar dapat harga terbaik untuk membuat kubah masjid dengan bahan GRC.

judul gambar

Leave a Comment