Cara Pemasangan GRC Board Untuk Dinding Luar + Harga 2022

Nama GRC seharusnya sudah tidak asing bagi anda yang paham soal konstruksi dan material Rumah yang dindingnya dilapisi GRC board akan terlihat seperti terbuat dari beton. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu cara pemasangan GRC board untuk dinding luar, lem GRC ke tembok, harga GRC untuk dinding, dan dinding GRC motif kayu.

cara pemasangan grc board untuk dinding

Cara Pemasangan GRC Board Untuk Dinding Luar

  1. Membersihkan Dinding Yang Hendak Dilapisi GRC Board

Langkah pertama yang wajib anda lakukan jika ingin melapisi tembok luar dengan GRC board adalah memastikan permukaannya bersih. Pastikan tidak ada debu atau partikel kasar yang menempel di sana, karena akan mempengaruhi hasil penempelan GRC. Jika kondisi tersebut terjadi, ditakutkan hasil yang tidak maksimal.

  1. Mengukur Luas GRC Board Dan Pasang

Cara pemasangan GRC board untuk dinding luar yang berikutnya adalah mengukur luasan GRC yang dibutuhkan. Sesuaikan lembarannya dengan tinggi tembok yang akan ditutup. Gunakan paku ukuran sedang untuk menempelkannya. Dalam pemasangan paku, berikan jarak sekitar 5 sampai 7 cm. Langkah ini penting, agar GRC tidak retak.

Saat pemasangan, pasti ada kalanya anda harus menyambung GRC board. Adapun cara menyambungnya adalah dengan memasang setiap lembarannya dengan rapat. Jangan sampai ada ruang karena akan membuat hasilnya tidak rapi. Anda bisa meminta bantuan teman untuk melihat apakah hasilnya sudah rapat atau belum. Intinya, jangan sampai sambungan itu terlihat oleh mata.

  1. Penutupan Dengan Dempul

Langkah ketiga dalam cara pemasangan GRC board untuk dinding luar adalah menutup GRC board dengan dempul. Tiap sambungan perlu diberi dempul agar benar benar rapat. Adapun cara memberi dempul adalah mencampur bahan kronis dan air, kemudian masukkan ke wadah dan gunakan scrub untuk menempelkan adonan pada sambungan GRC.

  1. Membalut Dengan Plamir

Setelah dempul terpasang, selanjutnya tutup GRC tadi dengan plamir. Tentu cara pemasangan GRC board untuk dinding luar ini dilakukan saat lapisan dempul sudah kering. Oleskan secara merata ke seluruh permukaan dinding dan tunggu hingga plamir mengering. Usahakan plamir benar benar rata agar hasilnya rapi.

Lem GRC Ke Tembok

Membuat sambungan GRC tidak terlihat sebenarnya adalah hal yang tidak mudah. Anda perlu memanfaatkan bahan berupa lem GRC ke tembok agar melekat sempurna. Dalam cara pemasangan GRC board untuk dinding, anda butuh lem kayu dan campuran gypsum sebagai perekat. Anda bisa membelinya di toko bangunan, karena bahan tersebut tidak sulit dicari.

judul gambar

cara pemasangan grc board untuk dinding

Campuran tersebut dioleskan di atas permukaan GRC, sehingga kerap sibeut dengan nama plamir. Dengan cara ini, permukaan plafon atau dinding terlihat  lebih rapi dan kuat dibandingkan dengan sebelumnya. GRC board yang dipasang juga tidak mungkin lepas karena daya ikat plamir yang kuat. Sambungannya juga bisa tertutup dengan rapat sehingga tidak terlihat sama sekali.

Harga GRC Untuk Dinding

Setelah tahu cara pemasangan GRC board untuk dinding, anda juga pasti penasaran berapa harga GRC untuk dinding. Setiap toko pasti menjual komponen ini dengan harga yang berbeda beda. Variasi harga juga muncul disebabkan oleh perbedaan kota atau wilayah. Kendati demikian, selisih nya tidak terlalu jauh sehingga informasi disini bisa anda jadikan patokan.

cara pemasangan grc board untuk dinding

Untuk GRC board Aplu 3,5 mm, harganya adalah 43.000. Dengan harga segitu, anda akan mendapat GRC board dengan ukuran 1220×2440 mm. Sedangkan untuk ukuran yang sama namun ketebalan 6 mm, harganya adalah 82.000. Lantas untuk yang ketebalannya 10 mm, anda perlu membayar 155.000. Anda bisa menyesuaikan pilihan tergantung dari kebutuhan.

Dinding GRC Motif Kayu

Cara pemasangan GRC board untuk dinding sedikit berbeda jika anda memilih yang motif kayu. Dinding GRC Motif Kayu harus dipasang dengan berhati hati, dan jangan sampai plamirnya merusak desain. Perhatikan pula motif serat kayu agar bisa nyambung dengan lembaran GRC yang lain. Sangat disayangkan jika motif yang diinginkan malah terlihat berantakan.

Meskipun cara pemasangan GRC board untuk dinding sedikit rumit, namun hasil yang diberikan juga pastinya lebih indah. Dinding akan terlihat lebih hangat dibandingkan dengan GRC polos. Ukuran dari GRC kayu adalah sekitar 300 cm x 20 cm x 8mm. Harga per meternya juga lebih mahal dibandingkan dengan yang polos, yaitu mencapai 95.000 per lembar.

Karena harga yang mahal dan cara pemasangan GRC board untuk dinding yang tidak mudah, anda perlu bantuan tenaga ahli. Sangat disayangkan jika hasil yang diharapkan tidak bisa terwujud. Memang akhirnya anda perlu biaya tambahan, namun hasilnya tidak akan mengecewakan. Prosesnya pun jadi lebih cepat dikerjakan oleh tukang.

Baca Juga:

Itulah sekilas informasi terkait dengan cara pemasangan GRC board untuk dinding yang perlu anda ketahui. Pilihlah GRC yang sesuai dengan kebutuhan karena harganya yang tidak murah. Selain itu, perhatikan pula masalah pemberian plamir dan pastikan hasilnya rapi. Gunakan pula bahan perekat berupa lem kayu dan gypsum yang berkualitas.

judul gambar

Leave a Comment