Rencana Atap Pelana Baja Ringan dan Contohnya

Dalam membangun rumah, Anda biasanya perlu membuat atap yang kokoh dan kuat, sehingga tahan lama dan tidak mudah rusak. Berikut ini adalah rincian rencana atap pelana baja ringan yang bisa Anda gunakan untuk rumah atau bangunan Anda. contoh rencana atap pelana di bawah ini juga bisa digunakan sesuai model bangunan.

rencana atap pelana baja ringanCara Membuat Rencana Atap Baja Ringan

Untuk membuat rencana atap baja ringan, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

  1. Buat denah bangunan yang ingin Anda buat, sesuaikan dengan tema atau desain yang diinginkan.
  2. Setelah pembuatan denah selesai, buatlah garis batas dinding terluar, kemudian tarik ke bagian dalam. Langkah ini memiliki tujuan untuk membuat jarak yang ideal untuk menggambar.
  3. Jika garis offset atau batas terluar ini sudah dibuat, pisahkan bangunan denah utama dengan garis offset tersebut.
  4. Langkah selanjutnya untuk membuat potongan atap pelana baja ringan adalah dengan menyusun atap yang sesuai dengan bentuk rumah. Gambar garis offset yang Anda buat akan menjadi acuan perencanaan atap.
  5. Hubungkan tiap sudut garis offset dengan garis, bentuk atapnya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.
  6. Pertegas bentuk atap dengan garis arsir, kemudian berikan warna yang berbeda.

Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk membuat pelana atap dari baja ringan. Contoh rencana atap pelana yang ada di internet bisa Anda jadikan sebagai acuan.

Baca Dulu :

Model Rencana Atap Pelana Baja Ringan

Setelah mengetahui teknis pembuatannya, Anda juga harus mengetahui model dan jenisnya yang ada. Berikut adalah model rencana atap yang sesuai dengan kebutuhan pengguna atau paling banyak digunakan, diantaranya:

  • Atap datar

Atap Datar

Jenis atap ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan atap yang sederhana. model pembuatannya mirip dengan garis horizontal di dua sisi. Atap rumah yang menggunakan rencana atap pelana baja ringan ini umumnya merupakan rumah sederhana atau minimalis.

  • Atap model pelana

Atap Model Pelana

judul gambar

Berikutnya adalah atap model pelana yang juga umum digunakan di rumah-rumah Indonesia. rencana atap baja ringan ini juga cocok untuk rumah atau bangunan sekolah. Sudut yang digunakan berbentuk seperti trapezium dengan sudut antara 30 sampai 40 derajat.

  • Atap model gergaji

Model Gergaji

Gaya lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat rencana atap yang menarik adalah pemakaian atap model gergaji. Atap ini cocok untuk bangunan dengan skala yang besar, yakni bangunan pabrik atau gedung industri. Potongan atap pelana baja ringan tersebut juga tidak sulit dibuat.

  • Atap limasan

Atap Model Limasan

Model terakhir yang bisa digunakan untuk membuat atap pelana adalah atap model limasan. Model ini akan membuat empat bidang dengan dua bidang segitiga dan dua bidang trapezium. Bentuknya mirip perisai atau limas yang menjadi inspirasi nama atap ini.

Tips Membuat Atap Pelana yang Mudah

Jika Anda sudah menemukan contoh rencana atap pelana yang mudah dan menarik untuk dibuat, ada baiknya Anda segera memasang dan membuatnya. Anda bisa menggunakan tukang untuk membuat proses pemasangan lebih mudah dilakukan.

rencana atap pelana baja ringanSelain itu, tips lain yang bisa Anda gunakan adalah buat rumah dengan bahan baja ringan yang berkualitas, sehingga tidak mudah rusak. Anda bisa mendapatkan model rumah tersebut sesuai dengan budget yang dimiliki.

Baca Juga :

Rincian mengenai rencana atap pelana baja ringan diatas semoga bisa menambah pengetahuan Anda. Jangan ragu menggunakan gaya atap ini untuk membuat rumah kokoh dan kuat.

judul gambar

Leave a Comment