Model Lantai Dari Pecahan Keramik & Cara Pasangnya

Sering ditemukan rumah-rumah atau bangunan klasik yang menggunakan model lantai dari pecahan keramik. Penggunaan limbah pecahan keramik rupanya memberikan kesan tersendiri jika digunakan kembali sebagai model lantai. Berikut merupakan beberapa pilihan modelnya.

Model Lantai Dari Pecahan Keramik

Baca Juga : Desain Kamar Mandi Ukuran 1×1

Model Lantai Dari Pecahan Keramik

1. Geometris

Model Lantai dari Pecahan Keramik Geometris

Model lantai dari pecahan keramik yang pertama adalah model geometris. Model yang satu ini sangat elegan dan terdiri dari 2 warna yang soft yaitu warna putih dan abu-abu. Pilihan model geometris ini bisa Anda terapkan di beberapa spot rumah.

2. Herringbone

Model Lantai dari Pecahan Keramik Herringbone

Model selanjutnya adalah herringbone. Ini adalah bentuk tulang ikan yang tersusun rapi. Tampilan lantai dengan model yang menggunakan potongan keramik dengan kombinasi warna kayu ini sangat menarik untuk digunakan di dalam rumah terutama di area depan rumah.

3. Mosaik

Model Lantai dari Pecahan Keramik Mosaik

Limbah keramik rupanya bisa dibuat kerajinan pecahan keramik dan menjadi model lantai rumah yang klasik. Model mosaik termasuk salah satu motif yang cukup diminati oleh sebagian orang karena memberikan pola tertentu yang sesuai dengan keinginan Anda.

4. Minimalis

Model Lantai dari Pecahan Keramik Minimalis

judul gambar

Model minimalis adalah model lantai dari pecahan keramik berikutnya yang juga menarik untuk diterapkan. Penggunaan model minimalis ini memberi kesan unik dan elegan, Anda dapat mengaplikasikannya pada lantai di seluruh ruangan atau hanya pada ruangan tertentu saja.

Baca Juga :

5. Monokrom

Model Lantai dari Pecahan Keramik Monokrom

Ubin lantai monokrom termasuk salah satu model yang juga banyak diterapkan di rumah-rumah modern nan klasik. Kombinasi antara warna netral hitam dan putih sangat cocok diterapkan sebagai interior yang modern dan minimalis.

Cara Pasang Keramik Pecahan

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi model lantai dari pecahan keramik, sebaiknya Anda mengetahui juga bagaimana cara pasang keramik pecahan untuk lantai di rumah Anda. Untuk itu, langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, silakan kumpulkan terlebih dahulu semua sisa keramik yang Anda dapatkan. Anda bisa mendapatkannya dari sisa bangunan penggunaan keramik yang sudah tidak terpakai, atau dari pecahan keramik lantai di ruangan rumah Anda.
  • Setelah itu, silakan pisahkan setiap warnanya agar mudah untuk mencapurkan semua warna yang sama. Nantinya setiap warna yang berbeda akan mempermudah Anda untuk menyusunnya kembali.
  • Berikutnya rendam limbah keramik tersebut supaya ketika sudah dipasang bisa merekat sempurna dengan kuat dan tidak mudah lepas.
  • Buatlah plan pembatas seperti garis pembatas dengan keramik atau dengan menggunakan nat supaya susunan keramik nantinya lebih rapi.
  • Kemudian silakan taburkan semen perekat keramik di lantai yang sudah ditembok rata. Tempelkan potongan keramik satu persatu, usahakan pada batas antar keramik tidak terlalu lebar atau terlalu besar.
  • Jika sudah, susun dengan rapi dan isilah natnya supaya lebih kuat.

Sebenarnya, cara memasang limbah keramik menjadi lantai cukup mudah untuk dilakukan. Anda pun bisa mencobanya sendiri, bahkan jika Anda melakukannya sendiri pun Anda bisa berkreasi sesuai dengan kehendak Anda.

Anda bisa membuat motif-motif sendiri berdasarkan bentuk pecahan keramik dan juga pilihan warnanya. Disini, kreativitas Anda dapat ditingkatkan dengan menciptakan karya limbah keramik yang dibah menjadi model lantai yang klasik dan minimalis.

Ketahui :

Dari uraian di atas, kini Anda sudah mengetahui mengenai model lantai yang terbuat dari pecahan keramik. Apabila Anda menemukan pecahan keramik di suatu bangunan, Anda bisa mengumpulkannya dan mulai membuat model lantai dari pecahan keramik. Pasti hasilnya sangat bagus dan memiliki nilai seni yang lebih tinggi.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text