Cara Membuat Rak Bumbu Dapur Sendiri Dari Kardus & Barang Bekas

Keberadaan rak di dapur menjadi hal yang penting untuk menyimpan berbagai perlengkapan memasak. Namun ada kalanya, desain rak di toko terlihat tidak spesial dan kurang cocok dengan keinginan pribadi. Tahukah anda jika rak bisa dibuat sendiri? Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu ide membuat rak dapur sendiri dengan konsep sederhana dan cantik di RWHome!

Cara Membuat Rak Bumbu Dapur Dari Barang Bekas

Cara membuat membuat rak dapur sendiri dari barang bekas bisa menjadi alternatif bagi anda yang sulit menemukan model rak yang sesuai di toko furniture. Apalagi harga yang ditawarkan juga umumnya lebih mahal dibandingkan dengan membuat sendiri. Tidak ada salahnya jika anda memakai barang bekas yang ada di rumah, misalnya kardus dan triplek.

membuat rak dapur sendiri

Cara membuat rak bumbu dapur dari barang bekas dimulai dari menyiapkan alat bahan, melakukan pengukuran dan memilih konsep, membuat pola, menggabungkan pola, dan menghias. Rasanya tahapan tersebut sifatnya pasti dan selalu dilakukan saat pembuatan sebuah furniture. Sangat menyenangkan jika anda membuat rak dibantu dengan anggota keluarga yang lain.

Baca: Biaya Membuat Dapur Ukuran 3×3

Cara Membuat Rak Bumbu Dapur Dari Kardus

  1. Menyiapkan Alat Dan Bahan

Tahapan pertama dalam cara membuat membuat rak dapur sendiri dari barang bekas adalah menyiapkan alat dan bahan. Namun tentu saja, anda harus memilih terlebih dahulu bahan utama yang hendak dijadikan rak. Sejauh ini, kardus bekas menjadi bahan yang paling sering dipilih. Bahan tersebut mudah untuk dibentuk dan mudah untuk ditemukan.

cara membuat rak bumbu dapur dari kardus

Jika hendak memakai kardus bekas, adapun beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan adalah kardus, lem, gunting, meteran, penggaris, dan pensil. Fungsi dari lem adalah untuk merekatkan pola kardus. Fungsi dari meteran dan penggaris adalah untuk membantu proses pengukuran. Sedangkan fungsi dari pensil adalah untuk membuat tanda ataupun menggambar pola.

  1. Memperkirakan Ukuran Rak Yang Hendak Dibuat

Cara membuat rak bumbu dapur dari kardus yang kedua adalah memperkirakan ukuran rak yang hendak dibuat. Lihatlah ruang yang ada di dapur dan pastikan bahwa ruang tersebut cukup jika diletakkan rak mini. Hindari membuat rak yang terlalu besar padahal dapur tidak terlalu luas. hal itu malah akan membuat dapur terlihat sempit dan tidak nyaman.

Baca Juga: Biaya Membuat Meja Dapur Cor

  1. Membuat Pola Sesuai Dengan Yang Telah Ditentukan

Ada banyak ide yang bisa anda gunakan saat hendak membuat rak dapur sendiri. Anda bisa membuat rak tiga susun maupun dua susun tergantung kebutuhan. Perhitungkan pula ukuran setiap komitmen agar bisa menampung barang yang hendak diletakkan dengan mudah. misalnya botol bumbu di rumah tingginya 7 cm, maka usahakan tiap ruang di rak punya tinggi minimal 7cm.

  1. Menyambungkan Setiap Pola

cara membuat rak bumbu dapur dari kardus

judul gambar

Cara membuat membuat rak dapur sendiri dari barang bekas yang keempat adalah dengan menyambung setiap pola yang telah dibuat. Saat melakukan pengukuran, anda bisa menggambar pola sesuai dengan yang diinginkan. Baru kemudian gunting setia pola dan rekatkan dengan lem. Gunakan lem yang daya rekatnya tinggi agar rak lebih kokoh.

Lihat: Desain Dapur Catering Rumahan

  1. Menghias Rak

Cara membuat membuat rak dapur sendiri dari barang bekas sebenarnya sudah selesai sampai pada tahap keempat. Namun tidak lengkap rasanya jika anda tidak menghias rak tersebut agar lebih cantik. Ornamen penghias ini sangat beragam, namun yang paling sering digunakan adalah kertas kado. Pilih motif yang netral dan sesuai dengan konsep dapur agar terlihat menyatu.

Model Rak Dapur Sederhana

model rak dapur sederhana
Model rak dapur sederhana

Model rak dapur sederhana sangat beragam sehingga anda bisa berkaca dari kebutuhan. Beberapa ide rak sederhana yang banyak diminati adalah model balok dan kubus karena polanya paling mudah dibuat. Namun anda juga bisa memilih model seperempat lingkaran. Model tersebut cocok jika rak akan diletakkan di bagian sudut dapur.

Lihat Juga: Desain Kamar Tidur Dari Triplek

Model Rak Dapur Dari Kayu

model rak dapur dari kayu

Cara membuat membuat rak dapur sendiri dari barang bekas adalah informasi yang paling banyak dicari. Namun pilihan dari barang bekas juga beragam, dan anda boleh saja memakai kayu. Namun usahakan kayu tersebut dalam kondisi yang baik dan sudah di pernis. Dengan begitu, rak yang telah dibuat tidak mudah rusak. apalagi dapur biasanya lembab dan banyak air.

model rak dapur dari kayu
Model rak dapur dari kayu

Model rak dapur dari kayu sangat beragam, anda bisa memilih yang bentuknya kubus, balok, maupun seperempat lingkaran. Namun perlu anda ingat pula, bahwa membuat rak dapur sendiri dengan bahan kayu lebih sulit dibandingkan dengan kardus. Gunakan alat seperti gergaji agar pekerjaan bisa lebih cepat selesai. Referensi model rak nya bisa anda lihat di internet.

Itulah sekilas penjelasan tentang pembuatan rak dapur sederhana dari bahan berupa barang bekas dan kayu. Anda bebas memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan. Meskipun membutuhkan waktu, namun alternatif ini bisa membantu anda menghemat kantong. Selain itu, modelnya bisa benar benar sesuai dengan keinginan anda.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text