Gambar Denah Instalasi Listrik Rumah 2 Lantai Sederhana

Instalasi listrik merupakan perlengkapan dengan fungsi menyalurkan listrik dari sumbernya seperti PLN, genset hingga panel surya ke peralatan elektronik apapun. Adapun perlengkapan yang dimaksud berupa panel penghubung bagi, pentanahan, sakelar dan lainnya. Perlunya dibuat denah instalasi listrik rumah dua lantai lengkap dengan gambar instalasi listrik rumah beserta keterangannya. Denah tersebut juga bisa digunakan untuk denah instalasi listrik rumah sederhana.

Denah Instalasi Listrik Rumah 2 Lantai

Baca Juga : Gambar Pondasi Rumah 6×6

Denah Instalasi Listrik Rumah Dua Lantai untuk Desain Rumah Sederhana

Gambar instalasi listrik rumah beserta  keterangannya sangat diperlukan sebelum pemasangan. Bertujuan agar penempatan sakelar dan stop kontak bisa lebih rapi dan efisien. Denah instalasi listrik rumah sederhana harus jelas, mudah dibaca dan mudah dipahami. Gambar yang dibutuhkan berupa gambar situasi serta gambar diagram  garis tunggal.

1. Gambar Instalasi Listrik Rumah Beserta Keterangannya di Gambar Situasi

Gambar Instalasi Listrik Rumah Beserta Keterangannya di Gambar Situasi

Gambar situasi dibutuhkan sebagai informasi untuk mengetahui posisi dari bangunan yang akan dipasang instalasi listrik. Gambar situasi di denah instalasi listrik rumah dua lantai juga memudahkan rencana penghubungan jaringan PLN. Gambar tersebut berisi seluruh peralatan listrik, rencana penyambungan peralatan listrik serta data teknis dari masing-masing peralatan listrik.

Ukuran rumah wajib diketahui untuk memperkirakan panjang kabel yang diperlukan. Kabel ini digunakan pada keseluruhan jalur utama pada instalasi listrik. Selain itu juga melihat ukuran dari suatu ruangan untuk memastikan jumlah kabel yang dibutuhkan. Jumlah lampu yang dibutuhkan beserta pemasangan sakelar.

2. Diagram Garis Tunggal untuk Denah Instalasi Listrik Rumah Sederhana

Diagram Garis Tunggal untuk Denah Instalasi Listrik Rumah Sederhana

Gambar yang dibutuhkan selanjutnya adalah diagram garis tunggal. Diagaram garis tunggal di denah instalasi listrik rumah dua lantai ini juga disebut dengan diagram perencanaan instalasi listrik. Diagram ini sering dipakai di instalasi rumah atau gedung sederhana. Gambar tersebut berisi tentang peralatan yang  diberikan keterangan lengkap mengenai ukuran maupun daya pada setiap komponen, ada juga keterangan beban yang telah terpasang dan juga ukuran dari jenis hantaran yang akan digunakan beserta sistemnya.

judul gambar

Selain itu juga diperlukan untuk mempersiapkan kebutuhan material lainnya yang mendukung. Material tersebutseperti boks MCB (miniature ciscuit breaker), Earth-Leakage circuit breaker (ELCB), tambahan sakelar tunggal, sakelar ganda, stopkontak, lampu, kabel, isolasi hingga pipa PVC. Ada juga peralatan tambahan seperti kotak sambungan dan lainnya. Keseluruhan peralatan tersebut harus dipastikan memenuhi kualitas standar dan juga aman.

Sebaiknya siapkan juga kebutuhan peralatan lainnya dari denah instalasi  listrik rumah dua lantai seperti peralatan untuk  membobol tembok guna pemasangan sakelar. Stop kontak tambahan, pipa dan juga palu. Alat lainnya yang mungkin dibutuhkan seperti tang kombinasi, test pen, tang yang digunakan untuk memotong, dan juga obeng pluas serta obeng minus, peralatan pisau, alat pengukur dan juga pengupas kabel.

Baca Juga :

3. Gambar Detail

Gambar Detail

Sesuai dengan namanya, gambar detail terdiri  dari gambar perkiraan ukuran fisik serta panel. Lengkap dengan tutorial dari pemasangan listrik serta cara pemasangan kabelnya. Adanya tembahan informasi berupa cara kerja dari instalasi kontrolnya.

4. Tabel Rekapitulasi Daya

Tabel Rekapitulasi Daya

Tujuan dari dibentuknya tabel rekapitulasi daya pada denah instalasi listrik rumah dua lantai yaitu untuk mengetahui jenis dan besar dari suatu pengaman yang diperlukan dalam perlengkapan hubungan bagi atau PHB. Selain itu juga dibutuhkan untuk mengetahui pembagian kelompok, jenis, besar daya serta keseluruhan daya dari beban di isntalasi listrik  tersebut.

Ketahui :

Demikian berbagai persiapan yang diperlukan untuk merancang denah instalasi listrik rumah dua lantai. Selain yang sudah disebutkan, masih ada juga diagram pengawatan. Ada juga tabel bahan instalasi, rancangan dari hubungan perlengkapan listrik hingga rancangan tata letak.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text