Gambar Denah Pondasi Rumah Ukuran 6×12 3 Kamar

Merencanakan pembangunan rumah memang sangat penting sehingga mungkin dibutuhkan beberapa contoh denah pondasi rumah ukuran 6×12 3 kamar. Ukuran tersebut menjadi pilihan banyak orang karena berbagai alasan seperti ideal bagi keluarga muda, terdapat cukup ruang guna berbagai aktivitas, dan sebagainya. Jika Anda sedang mencari referensi denah tersebut, silakan simak pembahasan berikut ini.

Denah pondasi rumah ukuran 6x12 3 kamar

Baca Dulu : Denah Rumah Type 45 Beserta Tampak dan Potongan

Contoh Denah Pondasi Rumah Ukuran 6×12 3 Kamar

1. Dua lantai 3 kamar

Dua lantai 3 kamar

Berikut adalah gambar pondasi rumah minimalis 3 kamar menggunakan 2 lantai. Seperti kita ketahui, saat ini harga tanah semakin mahal dan juga lahan semakin sempit. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut adalah membuat bangunan 2 lantai. Dengan luas lahan sama, Anda bisa mendapatkan ruang lebih besar sehingga tidak perlu khawatir.

Mengenai tata letak bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, letakkan satu ruang tidur di lantai bawah dan dua ruang tidur di lantai atas. Ruangan di bawah ditujukan apabila ada tamu sedang menginap sehingga tidak akan terlalu mengganggu ruang tidur keluarga. Ide pokok dari denah ini adalah menempatkan seluruh kebutuhan bersantai di lantai atas.

2. Dua lantai 2 kamar

Dua lantai 2 kamar

Untuk keluarga muda mungkin menggunakan dua ruang tidur sudah cukup. Oleh karena itu, denah pondasi rumah ukuran 6×12 2 kamar ini bisa diterapkan. Secara prinsip, tipe ini hampir mirip dengan poin sebelumnya. Hanya saja, sesuai namanya, ruang tidur hanya terdapat dua buah. Bagi tempat tidur ini ke dua lantai agar mendapatkan kesan lebih lapang.

Sebagai saran, gunakan bagian depan sebagai garasi mobil atau sepeda motor. Kemudian, jika bisa hadapkan dengan dapur. Selanjutnya, terapkan sekat supaya bisa membatasi antara dapur dan ruang makan. Jika ingin mendapatkan kesan lebih luas, jangan berikan sekat pada ruang tamu. Di bagian tengah, gunakan sebagai ruang keluarga.

Ketahui :

judul gambar

3. Tata ruang sederhana

Tata ruang sederhana

Denah Pondasi ukuran 6 x 12

Beberapa orang merasa kurang nyaman apabila penataan ruangan terlalu rumit. Jika Anda termasuk di dalamnya, cobalah menerapkan denah pondasi rumah ukuran 6×12 tanpa garasi berikut. Pondasi berikut ini juga cukup cocok bagi keluarga muda, terutama ketika belum memiliki kendaraan roda empat. Apabila ingin menyimpan sepeda motor bisa dimasukkan ke ruangan lain.

Penataannya juga cukup sederhana. Di bagian depan terdapat halaman guna menyambut apabila terdapat tamu ataupun bersantai-santai di pagi hari. Kemudian, masuk ke bagian dalam langsung disambut ruang keluarga, kamar tidur utama, serta ruang makan. Satu lagi kamar tidur sedang beserta kamar mandi di bagian agak belakang. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat halaman belakang sebagai tempat santai.

4. Pondasi terlihat luas

Pondasi terlihat luas

Jika diperhatikan, sebenarnya ukuran 6×12 memang termasuk cukup luas mengingat masih banyak tipe dengan ukuran lebih kecil seperti 4×6, 6×8, 8×10, atau sebagainya. Namun, ada sedikit tips yang dapat diterapkan agar rumah tampak lebih luas lagi. Hal ini bertujuan agar seluruh aktivitas di dalam rumah bisa dilakukan secara nyaman tanpa merasa pengap.

Penataannya cukup mudah. Di sini efisiensi benar-benar diperhatikan. Sebagai contoh, bagian dapur bisa disatukan dengan kamar mandi sehingga akan memberikan tempat ruangan lain lebih luas. Kemudian, ruang tamu beserta ruangan keluarga juga bisa disatukan ataupun diberi sekat. Jika memiliki sisa ruang masih banyak, Anda dapat menambahkan kebun mini atau halaman belakang.

Artikel Terkait :

Jadi, dari contoh denah pondasi rumah ukuran 6×12 3 kamar di atas, mana yang paling menarik perhatian Anda? Satu hal perlu diingat adalah bahwa kebutuhan setiap orang berbeda.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text