Gambar Model Teras Rumah Kayu Jawa Sederhana di Kampung

Model teras rumah kayu Jawa mempunyai desain ikonik. Jika melihat gambar teras rumah kayu sederhana di kampung, serasa suasana menjadi adem dan semakin nyaman, apalagi jika  rumah tersebut berada di tempat dengan suhu rendah seperti di dataran tinggi. Umumnya teras rumah limasan jawa sederhana berbahan kayu asli. Teras rumah kayu tampak depan seperti berada di keraton dan sangat kental dengan teras rumah kampung jawa pedesaan. Anda bisa melihat gambar teras rumah sederhana di kampung untuk membuktikannya.

Model Teras Rumah Kayu Jawa

Baca Juga : Granit Teras Depan Rumah Mewah

Ciri Khas Model Teras Rumah Kayu Jawa Beserta Furnitur yang Digunakan

Ciri Khas Model Teras Rumah Kayu Jawa Beserta Furnitur yang Digunakan

Hunian asri dengan tambahan teras rumah limasan jawa dengan teras rumah kayu tampak depan seperti teras rumah kampung Jawa pedesaan. Gambar teras rumah sederhana di kampung sangat memikat dan membuat suasana hati menjadi adem. Apalagi jika teras rumah kayu sederhana tersebut didukung dengan suasana dan tempat sesuai. Berikut ini berbagai ciri khas dan furnitur yang melengkapinya.

1. Teras Rumah Kayu Tampak Depan Memanjang

Teras Rumah Kayu Tampak Depan Memanjang

Model teras rumah kayu Jawa pertama yaitu teras rumah yang berbentuk memanjang ke samping.  Biasanya teras jenis ini sering juga digunakan untuk ruang tamu. Tamu yang biasa ditempatkan di teras seperti tamu yang hanya sekejap datang bukan untuk berlama-lama

Teras Rumah Kayu Tampak Depan Memanjang

Bisa juga tamu bukan muhrim yang tidak diijinkan masuk rumah. Biasanya diberikan tambahan tanaman seperti pepohonan dan tanaman hias di dalam vas. Guna melengkapi suasana asri, halaman akan dibiarkan rumput Jepang tumbuh.

2. Teras Rumah Limasan Jawa Sederhana

Teras Rumah Limasan Jawa Sederhana

Atap dari teras rumah biasanya berbentuk limasan yang mirip dengan model atap dari  rumah joglo. Meskipun terbuat dari kayu, namun model joglo menambah kesan bangsawan. Seperti yang telah disebutkan dalam sejarah jika rumah joglo merupakan rumah mewah dari kalangan bangsawan. Sampai sekarang teras dengan atap limasan bebas digunakan untuk seluruh kalangan masyarakat. Menambah kesan lebih gagah dan lebih luas di teras.

Teras Rumah Limasan Jawa Sederhana

Artikel Terkait :

3. Teras Rumah Kampung Jawa Pedesaan

Teras Rumah Kampung Jawa Pedesaan

judul gambar

Model  teras rumah kayu Jawa dari rumah pedesaan identik dengan background teras berupa pintu model gebyok. Gebyok merupakan jenis pintu kayu dengan ukuran luas dan berhias ukiran cantik.

Teras Rumah Kampung Jawa Pedesaan

Kayu yang digunakan biasanya terbuat dari jati pilihan agar tahan lama dari cuaca di luar rumah. Teras akan dilengkapi dengan furnitur yang senada dengan pintu dan jendelanya yaitu berupa perabot meja dan kursi yang terbuat dari kayu ukiran cantik. Sudut teras akan diberikan hiasan berupa tanaman hias dalam pot.

Teras Rumah Kampung Jawa Pedesaan

4. Gambar Teras Rumah Kayu Sederhana di Kampung

Gambar Teras Rumah Kayu Sederhana di Kampung

Mulai dari atap, perabotan hingga tiang teras terbuat dari kayu dengan bentuk sederhana. Bahkan keseluruhan bangunan hingga ke dalam juga terbuat dari kayu. Menambah kesan asri dan nyaman di rumah tersebut.

Gambar Teras Rumah Kayu Sederhana di Kampung

Tidak ketinggalan dengan beraga, kandang burung yang bertengger di teras rumah yang juga terbuat dari bahan kayu dengan cat warna warni. Kicauan burung di teras kayu meningkatkan suasana asri di pedesaan. Sudut teras dan depan teras ditumbuhi pohon dan tanaman hias untuk menyegarkan suasana.

Gambar Teras Rumah Kayu Sederhana di Kampung

5. Gambar Teras Rumah Sederhana di Kampung

Gambar Teras Rumah Sederhana di Kampung

Berbeda dengan teras-teras yang telah disebutkan sebelumnya, model teras rumah kayu Jawa ini tidak seluruhnya terbuat dari kayu. Tembok dari latar belakang teras rumah akan dibiarkan terlihat tanpa dilapisi semen. Batu bata tanpa finishing ini sengaja dibiarkan agar terlihat unik. Kemudian untuk tiang dan perabotan teras tetap menggunakan kayu berukir untuk kesan sederhana namun elegan.  Teras ini ini mempunyai atap lebih pendek di ujungnya, sehingga atapnya biasa digunakan untuk menjemur rempah-rempah dan peralatan lainnya. Seperti pemandangan di kampung pada umumnya.

Gambar Teras Rumah Sederhana di Kampung

Ketahui :

Demikian berbagai model teras rumah kayu Jawa yang bisa dijadikan inspirasi saat ingin membuat teras. Model ini bisa digunakan juga untuk teras dari warung kopi maupun tempat wisata di perkotaan untuk menyediakan tempat nostalgia para pengunjung. Anda juga bisa memodifikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman di depan teras agar kesan sejuk semakin terasa.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text