Contoh & Cara Membuat Analisa RAB Atap Baja Ringan Excel

Contoh RAB atap baja ringan excel mungkin sedang Anda cari saat ini. Disini kami berikan cara membuat RAB atap baja ringan secara sederhana karena perhitungannya juga hanya mencari jumlah biaya dari volume yang dibutuhkan dan kebutuhan bahan. Untuk jumlah total dari bahan-bahan yang dibutuhkan, bisa memakai aplikasi Excel.

Untuk harga bahan, seperti baja ringan tentunya eari waktu kewaktu akan selalu berubah. Karenanya, perlu Anda sesuaikan dengan terlebih dahulu mengetahui harga bahan-bahan terbaru.

contoh rab atap baja ringan excel

Perhitungan RAB (Rancangan Anggaran Biaya) atap baja ringan perlu dilakukan dengan teliti agar proyek yang dikerjakan bisa sesuai dengan target dan budget biaya. Dimana baja ringan yang beredar di pasaran lazimnya dijual per batang dengan ukuran 6 meter. Berikut simak contoh RAB atap baja ringan Excel untuk rumah ukuran 8 x 12, dengan overstek atap 1 meter dan kemiringan 35 derajat.

Contoh Cara Membuat RAB Atap Baja Ringan

  1. Mengukur Volume Atap

Pada contoh, diketahui rumah memiliki ukuran 8 x 12 dengan overstek atap sepanjang 1 meter dan kemiringan sekitar 35 derajat. Maka bisa disimpulkan bahwa panjang bangunan = 12 + 1 + 1 = 14 meter, lalu lebar bangunan = 8 + 1 + 1 = 10 meter, dan derajat kemiringan = cos 35 = 0,819.

Untuk mengukur volume atap baja yang nantinya digunakan dalam perhitungan atap baja ringan Excel, menggunakan rumus volume = (panjang bangunan + overstek atap) x (lebar bangunan + overstek atap) / derajat kemiringan. Sehingga pada contoh bisa langsung dimasukkan ke dalam rumus menjadi volume = 14 x 10 / 0,819 = 171 m2.

  1. Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Dalam membuat rangka atap baja ringan, anda membutuhkan kaso dan juga reng yang merupakan komponen paling penting. Maka dari itu, pada contoh RAB atap baja ringan Excel kali ini pun tidak boleh luput dalam menghitung berapa jumlah kaso dan reng yang diperlukan. Karena kuat atau tidaknya atap baja ringan akan sangat dipengaruhi oleh komponen tersebut.

Untuk jumlah kaso atau canal, rumusnya adalah (luas atap miring x 4) / 6. Sehingga pada RAB atap baja ringan Excel ini diperoleh hasil kebutuhan kaso = (171 x 4) / 6 = 114 batang kaso. Sementara jumlah reng diperoleh dengan rumus = (jumlah kaso x 1,2) atau 114 x 1,2 = 137 batang reng. Yang dihitung adalah jumlah kaso lantaran reng nantinya dipasang di atas kaso.

  1. Menghitung Kebutuhan Genteng

Langkah selanjutnya dalam membuat RAB kanopi baja ringan Excel atau atap baja ringan yaitu menghitung kebutuhan genteng. Dimana anda bisa menggunakan genteng biasa, genteng keramik, maupun metal. Karena ukuran genteng dari masing masing jenis bisa berbeda, maka harus mengikuti ukuran jenis genteng yang anda gunakan.

judul gambar

Sebagai contoh digunakan genteng metal, yang mana ukurannya adalah 2 x 4. Adapun cara menghitung kebutuhan genteng adalah (volume atap x 1,62). Di poin pertama sudah diperoleh volume 171 m2, sehingga kebutuhan genteng metal menjadi 171 x 1,62 = 277,02. Jika dibulatkan, contoh RAB atap baja ringan Excel ini membutuhkan genteng sekitar 278 lembar dengan ukuran 2 x 4.

  1. Menghitung Kebutuhan Sekrup

Untuk memasang kaso dan reng maupun genteng metal, diperlukan sekrup. Inilah yang membedakan antara atap baja ringan dan atap kayu. Menghitung kebutuhan sekrup adalah dengan rumus = jumlah genteng x 12 atau dalam hal ini menjadi 278 x 12 = 3.336 buah. Sementara untuk sekrup baja yang digunakan yaitu rumus = luas atap miring x 20 atau 171 x 20 = 3.420 buah sekrup.

  1. Total Biaya Pembuatan Atap Baja Ringan

Cara membuat RAB atap baja ringan tidak akan sulit apabila anda telah mendapat hasil dari perhitungan di atas. Karena cukup menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menghadirkan kebutuhan tersebut. Dimana total biaya yang dikeluarkan sendiri tergantung dari pilihan material yang anda gunakan.

Sebagai contoh RAB atap baja ringan Excel, misalnya diperoleh harga dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Harga kaso baja ringan taso 0,75 mm adalah Rp. 84.000/batang.
  • Harga reng baja ringan taso 0,45 mm adalah Rp. 41.000/batang.
  • Harga genteng metal 2 x 4 x 0,25 mm adalah Rp. 58.000/buah.
  • Harga sekrup baja ringan 10 x 19 adalah Rp. 110/buah
  • Harga sekrup genteng 6 x 1 adalah Rp. 100/buah

Lebih detailnya, lihat analisa baja ringan Excel berikut

contoh rab atap baja ringan excel
Contoh RAB atap baja ringan Excel

Baca Dulu:

Jadi, itulah total biaya pembuatan atap baja ringan untuk rumah dengan luas 8 x 12. Tentunya biaya yang dikeluarkan bisa tidak mutlak sesuai dengan anggaran, apabila anda menggunakan spesifikasi material yang jauh lebih tinggi. Dan contoh perhitungan RAB seperti di atas juga belum termasuk biaya pemasangannya, jika anda menggunakan tenaga profesional.

judul gambar

Leave a Comment