Gambar Rumah Minimalis Terbuat Dari GRC, Kelebihan & Cara Pasang GRC

Rumah minimalis terbuat dari GRC mungkin belum terlalu banyak orang mengaplikasikannya. Padahal model rumah GRC ini sudah banyak muncul diinternet dan banyak pemborong menerapkannnya. Bentuknya seperti rumah minimalis biasa, dan banyak orang tidak tahu jika dinding rumah mereka memakai GRC.

Rumah setengah bata setengah GRC mungkin lebih dikenal karena terlihat lebih murah dan hemat biaya. Dan tidak sedikit jika kita menganggap rumah dinding GRC selain memiliki biaya yang murah juga tidak awet.

rumah minimalis terbuat dari grc

Padahal, GRC untuk dinding luar rumah ini sudah banyak diterapkan. Tidak hanya untuk rumah minimalis saja, namun mulai dari hotel, mall, restoran, masjid sampai apartemen lhoh!

Pasti gak percaya kan?

Okeeh, kalau Anda tidak percaya, simak ulasan mengenai rumah GRC dibawah ini!

Rumah minimalis terbuat dari GRC

Proses pembangunan rumah minimalis era sekarang ini orang banyak mencari solusi atau berinovasi untuk mendapatkan cara membangun rumah lebih murah. Namun bisa menghasilkan bangunan yang rapi, bagus
dan proses pengerjaannya lebih cepat, terkusus rumah minimalis.

Pada umumnya proses finishing rumah, umumnya orang menggunakan plesteran dan Acian untuk finishingnya.

Untuk bangunan-bangunan modern saat ini seperti apartemen, mall, Hotel atau bangunan-bangunan yang bertingkat rata-rata sudah menggunakan pemasangan GRC board, silika board atau kalsiboard.

GRC untuk interior rumah
GRC untuk interior rumah

GRC atau silika atau kalsi board itu merupakan istilah yang paling familiar untuk saat ini.

Jadi untuk arsitek atau pemborong yang membangun bangunan modern saat ini rata-rata mereka tidak
menggunakan aplikasi plester dan acian dari semen.

Mereka mengganti plester dan acian tersebut menggunakan GRC board. Board ini dari silika board, GRC Board atau kalsiboard.

Tujuanya adalah untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal, ekonomis dan cepat. Ini memang menguntungkan bagi si pemborong ya.

grc untuk dinding luar rumah
GRC untuk dinding luar rumah

Orang pada umumnya mengerjakan rumah menggunakan plester acian. Kemudian finishing biasanya dengan acian dicampur dengan semen putih atau diplamir.

Cara tersebut biasanya menghabiskan ongkos yang lebih besar dibandingkan menggunakan papan silika atau GRC Board.

Untuk proses plesteran dan Acian itu biasanya membutuhkan pasir, semen dan ada juga yang menggunakan
gamping mil. Tukang juga yang dibutuhkan lebih dari dua orang untuk mengerjakan plester dan acian.

Waktu yang dibutuhkan juga jauh lebih lama dibandingkan kita menggunakan board GRC atau kalsiboard. Karena biar proses plester itu halus, maka kita harus menyaring pasir, mengaduk pasir, semen, sehingga proses pengerjaannya memang harus tahap demi tahap untuk bisa menghasilkan plester dan Acian yang halus.

Makanya metode tersebut sudah tidak dipakai lagi untuk bangunan-bangunan modern seperti hotel, apartemen, mall atau bangunan bertingkat yang modern.

Para pemborong atau arsitek sudah tidak menggunakan proses plester dan acian. Mereka menggunakan board GRC atau silika board untuk mengganti plasteran acian tersebut dengan tujuan proses pemasangannya lebih cepat.

Kelebihan GRC Board

  1. Aman untuk kesehatan
  2. Tidak mudah terbakar
  3. Harga terjangkau
  4. Pengerjaan cepat
  5. Mudah untuk dipasang
  6. Ringan
  7. Mempunyai nilai estetika
  8. Kuat dan tahan cuaca

Selain pengerjaan nya cepat, pemasangan GRC juga menghemat tenaga. Artinya cukup 2 orang untuk memasang GRC dengan ukuran ruang sedang atau rata-rata.

rumah minimalis terbuat dari grc
Rumah minimalis terbuat dari GRC

Hasil dari board GRC juga halus tanpa diplamir atau diproses acian.

Kelebihan menggunakan GRC lainnya adalah ringan.

Bangunan bertingkat jika menggunakan GRC Board atau menggunakan silica board akan mereduksi beban bangunan sangat banyak karena tidak menggunakan pasir, tidak menggunakan semen atau material lainnya
sehingga beban bangunan akan lebih ringan.

Selain itu, saat ini GRC banyak dipakai untuk mempercantik dinding rumah, interior rumah, pagar sampai tangga. Artinya, GRC juga mendukung nilai estetika atau keindahan sebuah rumah.

Cara pasang GRC board

Bagaimana proses pemasangan GRC Board tersebut di dinding?

Sebenarnya banyak metode yang digunakan untuk bisa digunakan untuk memasang GRC Board di dinding.

Yang pertama jika dinding rumah pasangan bata semua rapi lurus atau rata, untuk pemasangan board GRC bisa
langsung ditempel di tembok dengan cara difisr atau di Paku beton.

Kemudian lakukan finishing dengan di kompon untuk sambungannya. Jika Anda ingin agar sambungannya tidak retak, maka kompon bisa dicampur dengan lem Fox Putih. Ini bisa mengurangi efek keretakan pada sambungan GRC.

Jika pemasangan tidak rata atau dindingnya tidak rata ada beberapa metode juga yang bisa digunakan.

Cara memasang GRC pada dinding tidak rata

Untuk memasang GRC di dinding dengan permukan bata tidak rata bisa menggunakan kepala plesteran.

Biasanya tukang membuat kepala plesteran yaitu digaris pakai benang biar rata. Kalau biasanya baru diratakan dengan plesteran.

judul gambar

Gambar Rumah Minimalis Terbuat Dari GRC

Kalau menggunakan GRC Board cukup menggunakan kepala plesteran saja sekitar 10 cm. Diukur sesuai dengan ketebalan GRC atau kalsi yang digunakan. Lalu ditambah penguat di tengahnya. Untuk tempat menempelnya GRC, jika kepala plesteran sudah kering maka boardnya bisa ditempel menggunakan fisr atau menggunakan paku beton. Dengan cara ini maka GRC akan rata, lurus dan rapi.

Cara lain jika ingin memasang board GRC yaitu menggunakan besi holo atau rangka kayu. Cara ini hampir sama seperti kita menggunakannya untuk rangka plafon.

Rangka Holo atau rangka kayu di pasang di tembok, di paku beton atau di fizr kemudian ditempel GRC Board.

Biaya pemasangan GRC VS plesteran semen

Bagaimana perbandingan biaya untuk hasil plesteran dan hasil GRC board atau klasi?

Secara umum menggunakan GRC itu jauh lebih hemat dibandingkan menggunakan plester dan acian. Ini karena jika kita menggunakan GRC tenaga yang kita pakai cukup dua orang.

Jika luasannya cukup besar bisa dua orang atau lebih karena proses pengerjaannya cukup mudah yaitu tinggal bikin rangkanya lalu langsung pasang ke tembok.

Ukuran GRC board

Ukuran board GRC sama dengan ukuran triplek yaitu 120 x 240. Ada merek-merek lain yang ukurannya lebih lebar seperti 122 atau 242 cm, tergantung merk dan jenis boardnya.

Apakah GRC bisa digunakan untuk dinding luar?

Bisa, karena bahan GRC itu terbuat dari semen, pasir dan serat.

GRC yang di rendam air selama berhari-hari ketika kena matahari atau panas akan mengering seperti semula.

Untuk kualitas bahan tidak berkurang, GRC hanya basah ketika kena air. Saat terkena matahari atau panas dia akan mengering seperti semula. Jadi aman untuk dipakai pada dinding luar.

Cara memasang GRC pada dinding luar

Untuk proses pengaplikasian GRC pada eksterior sama seperti proses pemasangan pada interior.

Rumah GRC 2 lantai

rumah grc 2 lantai
Rumah GRC 2 lantai

Rumah GRC 2 lantai sangat cocok jika menggunakan GRC pada dinding luar untuk memberikan kesan unik dengan ornamen yang menarik.

rumah grc 2 lantai

Gambar rumah GRC sederhana

gambar rumah grc sederhana
Gambar rumah GRC sederhana

gambar rumah grc sederhana

gambar rumah grc sederhana

Gambar rumah GRC sederhana kebanyakan orang tahu. Karena biasnaya menggunakan GRC board tanpa motif. Biaya yang murah dari segi bahan dan pemasangan menjadikan bahan GRC ini dipakai. Namun bahan GRC tersebut tetap kuat dan tahan terhadap cuaca dan air hujan.

Artikel Terkait:

Demikian pembahasan mengenai rumah minimalis terbuat dari GRC. Nah, jadi tahu kan? Tadinya kita cuma tahu jika gambar rumah GRC hanya terlihat sederhana dan di internet cuma itu-itu saja. Padahal ada model rumah GRC yang bagus bagus disertai dengan ornamen unik dan dipakai di hotel, mall dan bangunan mewah lainnya.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text