Jasa Bongkar Pasang Atap Spandek — Harga Upah Tenaga Borongan 2022

Berencana untuk mengganti atap genteng dan seng dengan atap spandek? Jika ya, maka kalian harus menemukan jasa bongkar pasang atap spandek yang tepat. Hal ini dikarenakan pemasangan atap spandek lebih rumit dan butuh keahlian khusus untuk bisa memasangnya.

jasa bongkar pasang atap spandek

Untuk memilih jasa pasang atap spandek yang tepat, kalian harus bisa menentukan mana jasa yang profesional dan mana yang tidak. Hal ini dikarenakan banyak sekali jasa bongkar atap spandek yang kurang berpengalaman sehingga hasilnya sangat mengecewakan.

Baca Dulu :  Jarak Reng Atap Spandek

Tips Memilih Jasa Bongkar Pasang Atap Spandek

Tips Memilh Jasa Bongkar Pasang Atap Spandek

Sebelum kita lanjutkan ke pembahasan utama terkait harga borongan tenaga pasang atap spandek, kali ini kita akan sedikit mengulas tentang tips memilih jasa bongkar pasang atap spandek. Berikut rinciannya:

1. Pastikan Harganya Wajar

Sebelum kalian memutuskan untuk menyewa jasa pasang atap spandek, saya sarankan untuk menghitung harga kasarannya terlebih dahulu. Hitung secara rinci kebutuhan baja ringan yang akan digunakan, kebutuhan atap atap spandek, dan juga kebutuhan material lain yang sekiranya diperlukan.

Dengan begitu, kalian punya gambaran besar tentang seberapa banyak harga yang seharusnya kalian keluarkan sehingga tidak akan tertipu dengan mengikuti begitu saja kemauan dari jasa pemborong.

2. Pilih Jasa Borongan Berpengalaman

Salah satu ciri dari jasa borongan yang profesional atau tidak sangat dipengaruhi dari seberapa jauh pengalaman dari jasa pemborong tersebut.

Jika jasa yang akan kalian gunakan baru berjalan beberapa bulan, maka pikir-pikir dahulu sebelum menyewanya. Karena saat ini banyak yang menyediakan jasa  borongan abal-abal dimana proyek pemasangan atap belum selesai namun orangnya sudah kabur.

3. Minta Rancangan RAB

RAB (Rancangan Anggaran Biaya) pemasangan dan pembongkaran atap spandek wajib kalian minta dari pihak pemborong sebelum proyek berlangsung.

Ini sangat penting, karena kita sebagai konsumen juga harus tahu rincian biaya yang mereka keluarkan. Mulai dari pembelian baja ringan, pemilihan kualitas atap spandek, harga borongan harian, dan beberapa faktor penting lainnya.

Baca Juga : 

Harga Upah Boronan Jasa Bongkar Pasang Atap Spandek

harga borongan tenaga pasang atap spandek

judul gambar

Umumnya, atap spandek hanya digunakan untuk garansi, gazebo, atau tempat lain yang tidak butuh struktur rumit. Jarang sekali atap spandek digunakan untuk  rumah karena lebih berisik saat kena hujan dan daya serap terhadap sinar matahari juga tinggi sehingga membuat ruangan lebih cepat panas.

Walau begitu, atap spandek termasuk salah satu jenis atap yang memiliki daya tahan tinggi karena terbuat dari 55% alluminium dan 43% seng. Dari rasio komposisi tersebut tentunya menghasilkan atap dengan kualitas yang bagus dengan daya tahan yang tinggi.

Nah, tabel di bawah ini merupakan rincian harga borong bongkar pasang atap yang kami rincikan bedasarkan jenis masing-masing spandek:

KategoriHargaKeterangan
Upah bongkar atap spandekRp5.000 / m2Hanya biaya pembongkaran saja
Upah pasang atap spandekRp10.000 / m2Hanya pemasangan, tanpa pembelian material
Biaya borongan atap spandek ukuran 0,30 mmRp100.000 / m2Sudah termasuk pembelian atap spandek
Biaya borongan atap spandek ukuran 0.35 mmRp110.000 / m2Sudah termasuk pembelian atap spandek
Biaya borongan atap spandek ukuran 0.40 mmRp120.000 / m2Sudah termasuk pembelian atap spandek
Biaya borongan pasang rangka  baja ringanRp50.000 / m2Hanya biaya pasang baja ringan, belum termasuk atap

Keterangan:

  • Harga di atas merupakan rincian upah bongkar pasang atap seng spandek secara umum di beberapa kota besar di Indonesia.
  • Upah di atas merupakan jenis upah lepas yang mana sudah termasuk biaya konsumsi, pembelian alat dan bahan, dan biaya lainnya.
  • Pengerjaan antara masing-masing jasa tentu berbeda-beda jangka waktunya sehingga harga akhirnya mungkin berbeda pula.
  • Beberapa pemborong menetapkan harga pasang atap spandek 2022 berdasarkan sistem harian sehingga perhitungannya tidak didasarkan dari biaya per meter, namun dari biaya per harinya.
  • Bagus atau tidaknya hasil pengerjaan didasarkan pada jasa yang kalian pilih dan material yang digunakan oleh pihak pemborong.

Baca Juga :

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kami informasikan kepada kalian terkait harga jasa bongkar pasang atap spandek. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text