Cara Menghitung Kebutuhan Volume & Ukuran Rangka Plafon Hollow

Hollow sangat penting digunakan ketika akan memasang plafon pada atap rumah. Biasanya terbuat dari besi dengan ukuran tertentu. Sebelum memilih produk material tersebut, sangat penting untuk tahu bagaimana cara menghitung rangka plafon hollow yang tepat. Supaya jarak antar rangka sesuai dan semakin memperkuat plafon nantinya.

Cara menghitung rangka plafon hollow

Satu hal perlu diingat bahwa tidak semua ukuran hollow bisa dipakai untuk semua jenis rangka plafon. Oleh karena itu, penting untuk tahu ukuran-ukuran ideal sesuai. Berikut ini penjelasannya.

Baca Dulu: Model Plafon Kayu Ruang Tamu

Ukuran Rangka Hollow yang Sering Digunakan

Apapun bahan untuk penutup atap yang dipakai, tetap saja akan membutuhkan rangka hollow sebagai penyangga utama. Beberapa ukurannya, paling sering digunakan baik untuk plafon PVC, gypsum, maupun GRC.

Secara umum, untuk ukurannya panjang dan lebarnya ada dua yaitu 2×4 meter dan 4×4 meter. Sedangkan untuk ketebalan dari besi yang digunakan, ada variasi lebih lengkap yaitu mulai dari 0,30 mm sampai 0,45 mm ke atas.

Baca Dulu: Harga Hollow Baja Ringan Untuk Plafon

Cara Menghitung Rangka Plafon Besi Hollow

Sedangkan untuk menghitung rangkanya, ada beberapa pilihan. Supaya jarak antar rangka benar-benar tepat dan kekuatannya menopang penutup atap menjadi lebih maksimal. Filosofi standartnya adalah semakin kuat sebuah rangka ketika ketebalan besi semakin tinggi.

Untuk menghitung rangka, perlu dipastikan jarak antar rangka terlebih dahulu, setelah itu baru bisa ditentukan mana ukuran hollow yang tepat. Sebab, jarak akan semakin luas kalau pakai ketebalan besi maksimal.

Baca Juga : Perbandingan Harga Plafon PVC dan Gypsum 

  • 0,25 mm – 0,30 mm

Ukuran ini cocok dipakai ketika akan membuat rangka dengan jarak 60 cm x 60 cm. Dimana range tersebut akan mampu menjadi penopang terbaik bahan plafon, kemudian ketika dikaitkan dengan sekrup juga akan lebih terkunci. Alhasil ketahanan plafon bisa lebih lama dan pastinya awet selama bagian atap utama tidak bocor.

  • 0,30 mm – 0,35 mm

Beda lagi dengan size maksimal 0,35 mm, dimana akan lebih pas kalau dipakai pada jarak rangka dengan ukuran 60 cm x 80 cm. Hasilnya akan lebih kokoh dan biasanya dipakai untuk bagian dari atap bangunan bertingkat dengan beban cukup berat.

  • 0,40 mm

Untuk ketebalan 0,40 mm akan sangat ideal dipakai ketika membuat rangka berjarak 60 cm x 120 cm. Cara menghitung kebutuhan rangka plafon hollow juga akan sangat berhubungan dengan penyangga yang ada.

Dimana nantinya, penyangga utama di setiap sudut bangunan akan menjadi lebih kuat menopang bagian plafon, karena sebaran berat di bagian penutup atap terbagi dengan baik dan tepat. Semakin banyak penyangga akan membuat bangunan kokoh dan plafon tahan lama.

judul gambar

Baca Juga: Harga Borongan Pasang Plafon Triplek

Apa Keuntungan Pakai Hollow Untuk Rangka Pada Plafon Hunian?

Ukuran rangka plafon hollow
Ukuran rangka plafon hollow

Kalau dulu, kayu dijadikan bagian dari rangka karena merupakan material yang sangat mudah ditemukan dan dibentuk. Tapi, sejak hadirnya besi dengan sebutan holo ini menjadi alternatif lebih baik dengan berbagai keunggulannya seperti:

  • Lebih Mudah Dipasang

Menerapkan cara menghitung volume rangka plafon hollow tepat, akan mempermudah pemasangan dari bahan ini. Hanya butuh proses pengaitan di setiap rangka dengan bahan sekrup khusus. Sehingga tidak perlu menyewa teknisi khusus, selama Anda paham bagaimana cara pasangnya.

Ketahui: Cara Menghitung Volume Rangka Plafon Kayu

  • Kualitas Bisa Diuji

Dibuat dari bahan besi yang sengaja diolah dan dibentuk menjadi holo terbaik, ditimbang dan dipotong dengan ukuran tepat. Pengujian juga sudah dilakukan oleh pihak produsen, sebelum barang dijual di pasaran.

Oleh karena itu untuk rangka biasa atau butuh desain cross rangka hollow, holo tetap mumpuni menjadi bagian dari rangka plafon.

  • Awet dan Tahan Lama

Ketahanan dari produk ini juga bisa diuji, terbuat dari besi yang tidak disukai rayap sehingga bertahan menutupi plafon untuk jangka waktu lama. Kalau memilih kualitas paling bagus, besi tersebut juga akan anti karat dan memiliki kekuatan super yang dapat dimanfaatkan baik berbagai bahan plafon.

  • Harga Cukup Terjangkau

Soal harga juga masuk kategori cukup terjangkau, bisa dibeli sesuai kebutuhan bahkan dipotong langsung oleh penyedia produk agar memudahkan saat pemasangan. Jika dikaji secara finansial, akan lebih murah ketimbang pakai bahan lain.

  • Bisa Dipakai Untuk Berbagai Jenis Plafon

Mau bahan kayu, PVC, gypsum, GRC, dan lainnya dapat memanfaatkan holo sebagai bagian dari rangka.

Baca Dulu:

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang mau membuat plafon indah di berbagai ruangan hunian. Ukur dengan tepat dan pilih sesuai penggunaan bahan utama plafon agar hasilnya lebih memuaskan.

judul gambar

Leave a Comment