Perbandingan Harga Plafon PVC Dengan Gypsum Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Perbandingan harga plafon PVC dan gypsum menjadi pertanyaan sendiri bagi seseorang yang akan memasang plafon dirumah. Mengingat budget yang mungkin terbatas, perlu adanya pertimbangan yang matang dalam memilih jenis plafon, pakah plafon PVC atau plafon gypsum?

Harga plafon gypsum per meter tentu berbeda dengan harga plafon yang terbuat dari PVC. Plafon PVC terdengar mahal  dibandingkan dengan gypsum karena memiliki tampilan yang mewah serta keawetan yang terjamin. Namun apakah itu memang benar? Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai kedua plafon tersebut.

perbandingan harga plafon pvc dan gypsum

Kelebihan Plafon Gypsum

Jenis plafon gypsum merupakan plafon yang paling banyak digunakan belakangan karena lebih mudah didapatkan di pasaran. Model plafon ini minimalis, serta cocok untuk rumah model minimalis atau modern. Harga plafon gypsum per meter juga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

perbandingan harga plafon pvc dan gypsum
Plafon gypsum

Fungsi lain plafon gypsum adalah mengganti plafon lama yang sudah rusak atau tidak cocok lagi digunakan di rumah tersebut. dibandingkan dengan ukuran plafon jenis panel, plafon ini memiliki ukuran yang lebih kecil, inilah alasan pemasangan kisi kisi plafon gypsum lebih mudah. Jika dibandingkan dengan harga plafon pvc per dus, tentu harga plafon ini lebih terjangkau.

Ada beberapa kelebihan menggunakan plafon gypsum, diantaranya adalah:

  • Langit langit lebih halus

Untuk Anda yang lebih suka kesan minimalis di rumah, menggunakan plafon ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya datar dan halus, sambungan yang ada di langit-langitnya tidak terlihat secara jelas, memberikan kesan yang lebih rapi.

  • Bentuknya beragam

Kelebihan lainnya adalah bentuk dari plafon ini yang beragam, Anda bisa memilih plafon dengan gaya bertingkat. Bisa juga menggunakan gaya plafon kubah, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. Harga plafon pvc elite yang mahal belum tentu memiliki pilihan sebanyak ini.

  • Banyak aksesoris

Berikutnya adalah banyaknya pilihan ksesoris yang bisa Anda gunakan untuk platform ini. Misalnya penggunaan ornament tengah, pemasangan lis dan juga hiasan sudut. Semua aksesoris tersebut bisa Anda beli secara terpisah dari pembelian plafonnya.

  • Perawatan yang Lebih Mudah

Kelebihan dan kekurangan plafon PVC dan gypsum terlihat paling jelas pada perawatannya yang berbeda. Untuk gypsum, perawatannya jauh lebih mudah dan ringkas, serta tidak membutuhkan banyak biaya. Jika ada bagian yang rusak, cukup diperbaiki bagian yang rusak saja.

  • Pemasangan yang lebih cepat

Berikutnya mengenai teknis pemasangan, pemasangan bisa dilakukan dengan baik, rapi dan ringkas, hanya butuh waktu sebentar untuk melakukannya. Ini tentu menjadi kelebihan tersendiri yang dibutuhkan oleh beberapa orang.

Baca Juga :

judul gambar

Kelebihan Menggunakan Plafon PVC

Setelah menjelaskan mengenai plafon gypsum, Anda sebaiknya juga mengetahui perbandingan harga plafon pvc dan gypsum yang lebih fokus pada plafon pvc. Plafon pvc merupakan platform khusus dengan bahan polimer, bahan ini sering digunakan untuk pembuatan pipa.

Plafon PVC
Plafon PVC

Di Indonesia, sudah banyak toko yang menyediakan plafon PVC untuk dipasang di rumah. Harga plafon gypsum per meter tentu berbeda dengan harga plafon PVC, sebab bahan dan keunggulannya juga berbeda. Untuk Anda yang masih ragu menggunakan platform ini, inilah penjelasan yang harus Anda ketahui.

  • Anti bocor

Plafon pvc menggunakan bahan yang sering digunakan untuk membuat pipa air. Karena itulah, bahan anti bocor dan anti air. Dengan spesifikasi tersebut, maka pipa menjadi lebih kuat dan tahan lama, tanpa harus sering sering mengganti.

  • Anti rayap

Menariknya plafon ini juga anti rayap, plafon yang terbuat dari bahn kayu atau gypsum memang rawan terkena jamur atau rayap. Berbeda dengan plafon pvc, karena harga plafon pvc per dus cukup mahal, kualitasnya tentu tidak perlu Anda tanyakan.

  • Bobot yang lebih ringan

Berikutnya mengenai masalah bobot, bobot, plafon pvc ringan dan nyaman untuk digunakan di berbagai model rumah. Apalagi dengan pilihan warnanya, tidak dibutuhkan proses pengecatan berlebih untuk menggunakannya.

  • Desain yang lebih menarik

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan plafon pvc dan gypsum, mengetahui kelebihan plafon pvc menjadi hal yang perlu untuk dilakukan. Desain yang menarik menjadi salah satu keunggulan utama dari plafon pvc ini.

  • Tidak mudah pecah

Tidak hanya menarik secara visual, plafon pvc juga mudah dibersihkan dan tidak mudah pecah. Pembersihan bisa dilakukan dengan sapu atau lap, proses pembersihan ini juga tidak akan merusak bahan dan bentuk dari plafon.

Perbandingan Harga Plafon PVC dan Gypsum

Terkait dengan harga, perbandingan harga plafon PVC dan gypsum memang cenderung berbeda. Harga gypsum cenderung relatif lebih murah daripada plafon PVC. Harga plafon gypsum berkisar di angka 50 ribu sampai 70 ribu rupiah. Berbeda dengan plafon PVC, plafon ini bisa Anda dapatkan per dus dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah sampai hingga diatas 100 ribu rupiah. Disini kualitas berbanding lurus dengan harga.

Baca Dulu :

Dengan penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan plafon pvc dan gypsum diatas, Anda bisa memilih mana jenis plafon yang tepat untuk Anda. Pilih jenis plafon yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text